Sejak awal membuat blog sampai sekarang, jujur tidak pernah terpikir kalau bagian-bagian yang ada di dalam blog itu memiliki nilai, peran dan manfaat yang penting. Misalnya bagian utama dalam blog, seperti Judul, tagline, logo, Niche, kategori, label dan lain sebaginya itu ternyata memiliki daya tarik tersendiri buat pembaca bahkan menjadi ruh dan branding untuk keberlangsungan dan eksistensi blog itu sendiri.

Baru sadar setelah mengikuti Blogspedia Coaching #2, yang dibimbing oleh Suhunya blogger @Marita Ningtyas. Di sana langsung terucap kalimat ,,, "Oh, ternyata ...", bagian-bagian yang sering saya lihat di blog itu—yang sebagian istilahnya baru tahu artinya setelah ikut pelatihan ini—memiliki peran penting. Artinya jika ingin blog kita memiliki daya tarik yang kuat, maka bagian-bagian yang ada di dalam blog itu  harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Sehingga blog yang kita bangun dan kita kelola itu akan menjadi blog impian yang jadi kenyataan.

Tahun 2011 saya membuat blog di platform blogspot. Saat itu, blog yang saya buat dikasih judul “Ruang Interaksi Kang Hamdan”, dengan tagline “Mari Saling Berbagi”. Nama judul itu saya angkat karena mungkin latar belakang pendidikan saya yaitu Sosiologi. Namun, blog itu jarang sekali diisi dengan tulisan, karena mungkin niatnya hanya coba-coba. Saat itu tidak pernah berpikir untuk focus mengelola blog, apalagi sampai memikirkan niche, jenis template, tagline dan lain sebagainya. Pokoknya yang ada dalam pikiran, sekarang saya sudah punya blog.

Alhamdulilah di akhir tahun 2020, saya membeli domain sendiri, dengan nama “sahabatsosiologi”, dan tidak lagi menggunakan nama blogspot.com. Seperti blogger lainnya, saya pun memiliki impian terhadap blog saya ke depan, kalau meminjam istilah Mbak @Marita Ningtyas adalah sebuah blog yang memiliki ruh dan branding.

JUDUL SAHABAT SOSIOLOGI

Blog yang sekarang saya kelola bernama “Sahabat Sosiologi”. Judul blognya sama dengan domain yang saya pakai. Ada beberapa alasan kenapa memakai judul ini, pertama, mungkin lagi-lagi latar belakang pendidikan saya yaitu lulusan sosiologi. “Entah apa yang merasukiku” …. (kayak lagu … he he), bahkan di awal pembuatan blogpun saya menyelipkan judul yang berbau sosiologi. Dan alasan kedua kenapa saya memakai judul ini adalah karena niche blog saya nantinya akan dititikberatkan pada materi-materi sosiologi. Meskipun akan ada nantinya kategori-kategori lain selain materi sosiologi.

TAGLINE

Tagline yang ditempelkan untuk memperkuat judul blog saya sehingga menambah ruh blog saya  ke depan  adalah “Ingin Lebih Dekat dan Bermanfaat”. Filosofis dari kalimat ini adalah saya sebagai blogger ingin mendekatkan dengan pembaca terutama lebih mendekatkan materi materi sosiologi—sebagai tujuan awal—kepada para pengampu mata pelajaran sosiologi dan siswa agar lebih mudah mencari referensi. Namun, filosofis ini kami perluas dikarenakan isi dalam blog ini tidak lagi hanya membahas seputar sosiologi saja tetapi menampilkan tulisan-tulisan lain yang tidak lagi berhubungan langsung dengan sosiologi. Sementara makna Filosopis Bermanfaat adalah saya berharap apa yang saya tulis, sedikit banyaknya bisa bermanfaat bagi pembaca. Impian ke depannya semoga blog yang saya kelola bisa menjadi referensi bagi para pembaca.

GADO-GADO NICHE

Pertama yang ada dalam fikiran adalah saya akan focus pada satu pembahasan alias specific niche. Saya hanya akan menulis materi-materi sosiologi baik kelas 10, 11 maupun kelas 12 tingkat SMA/MA, ditambah artikel-artikel yang berhubungan dengan sosiologi saja. Tapi cita-cita dan tujuan itu berubah ditengah jalan. Perubahan niche ini dikarenakan saya tidak ingin terkunci pada satu tema tulisan saja, sementara banyak hal yang ingin saya tulis di blog saya ke depannya. Akhirnya specific niche saya ubah dengan gado-gado niche alias Niche Campuran. Untuk memilah tulisan dan memudahkan saya dalam menulis, maka saya membuat menu-menu dan beberapa kategori atau label. Saat ini menu-menu yang ada di blog saya adalah Materiku sebagai niche utama, yang didalamnya memuat materi sosiologi kelas 10, 11, dan 12, Artikelku dan Ceritaku sebagai  tambahan, kategori atau label ini kami buat jikalau saya ingin menulis selain materi sosiologi. Dan sepertinya niche campuran ini untuk sementara akan saya pertahankan.

TEMPLATE IMPIAN, DESAIN DAN WARNANYA

Saat ini saya masih menggunakan template-template bawaan atau template gratis yang banyak kita temukan di situs-situs yang menyediakan tamplate. Kita hanya mengcopi-paste html nya melalui menu edit html. Tapi saya memiliki impian yaitu bisa membuat template hasil karya saya sendiri, dengan ide desain dari pribadi dan tentunya dengan warna kesukaanku yaitu warna biru. Mudah-mudahan impian itu bisa terwujud.

Jujur saya tidak bisa mengatakan apakah template yang saya terapkan di blog saya saat ini sudah menggambarkan  atau sudah sesuai dengan judul blognya. Saya masih belum menemukan template yang sudah”klik” dengan hati saya. Saya masih gonta-ganti template sampai sekarang. 



LOGO DAN HEADER

Untuk lebih memikat pembaca saat mampir di blog saya, maka saya memasukan logo favicon sebagai identitas blog yang saya kelola. Karena Judulnya diawali dengan huruf “S” maka saya membuat logo blog untuk favicon dengan bentuk segi empat yang didalamnya terdapat huruf “S”.

Melalui bantuan situs canva, saya telah membuat header beserta logo di dalamnya, namun belum diterapkan karena masih belum faham berapa ukuran yang pas dengan blog yang saya kelola. 


Memiliki blog yang ideal, yang di dalamnya benar-benar terpancar ruh blognya dan memiliki nilai branding, tentu menjadi impian setiap blogger. Mudah-mudahan semangat untuk terus menulis akan selalu dijaga, sembari dibarengi pelatihan oleh para master blogger, sehingga impian untuk memiliki blog tempat tongkrongan para pembaca akan terwujud.