Objek kajian sosiologi adalah masyarakat dilihat dari hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat. Kedua objek tersebut saling berkaitan dan memberikan pengaruh secara timbal balik. Kedua objek kajian ilmu sosiologi dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Masyarakat

Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup bersama dalam waktu cukup lama, mendiami wilayah tertentu dan melakukan aktifitas dalam kelompok tersebut. Manusia yang hidup dalam masyarakat menyadari keberadaan dirinya sebagai satu kesatuan. Sosiologi mempelajari kehidupan masyarakat yang di dalamnya terdapat pola pola hubungan antarmanusia, baik secara individu maupun kelompok. Dalam pola hubungan masyarakat tercipta interaksi sosial, struktur sosial, lembaga sosial, nilai dan norma sosial serta kelompok sosial.

Baca Juga : 

2. Gejala Sosial yang Timbul dari Hubungan Sosial Masyarakat

Gejala sosial merupakan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Gejala terjadi sebagai akibat pola hubungan sosial antarindividu, antara individu dengan kelompok atau antar kelompok dalam masyarakat. Gejala sosial dapat bersifat positif ataupun negatif. Secara umum bentuk gejala sosial dalam masyarakat meliputi gejala yang berkaitan dengan perubahan sosial, penyimpangan sosial, mobilitas sosial dan pengendalian sosial.