Lahirnya sosiologi tidak bisa dilepaskan dari peristiwa revolusi Industri dan Revolusi Perancis.Dua peristiwa tersebut melahirkan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat Perancis. Oleh karena itu, August Comte mencoba menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat Perancis pada waktu itu. 

Kesenjangan merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada saat itu. Menurutnya kesenjangan yang terjadi di masyarakat bersifat sementara. Dalam perjalanannya, masyarakat tersebut akan mencapai tahap masyarakat yang tertib dan modern. Oleh karena itu, sosiologi dinilai sebagai sudut pandang yang mampu memberikan sumbangan besar bagi tercapainya ketertiban dan kemajuan masyarakat.

Selain Comte, Herbert Spencer juga mengembangkan gagasannya mengenai sistem interaksi sosial di Inggris. Sama seperti Comte, Spencer juga memandang bahwa sistem interaksi sosial berkembang menuju ke suatu keadaan yang maju dan tertib. Hal ini dimungkinkan karena dalam masyarakat tercipta pola pembagian kerja yang teratur. Berbagai pekerjaan di masyarakat ditangani oleh para ahli dalam bidangnya. Hal ini dapat menciptakan hubungan yang kompak di antara masyarakat.

Salah satu pengikut Comte juga memiliki peran besar terhadap perkembangan sosiologi, yaitu Emile Durkheim (1858-1917). Durkheim dinilai berhasil mendudukan sosiologi setara dengan sudut pandang ilmiah. Menurut Durkheim, permasalahan yang terjadi pada masyarakat Perancis dan Eropa Barat hanya bersifat sementara. Keadaan tersebut dianggap sebagai perubahan masyarakat sederhana ke masyarakat maju.

Selain tokoh tadi, ada dua tokoh lagi yang dianggap sebagai pemikir klasik dalam sosiologi, yaitu Karl Marx (1818-1883) dan Max Weber (1864-1920). Weber melihat perkembangan masyarakat ditandai oleh pemikiran yang rasional. Pada masyarakat yang semakin modern, maka pekerjaan diatur dengan baik. Setiap orang hanya mengurusi hal hal yang berada di bawah wewenangnya. Sedangkan Karl Marx memperhatikan pada kehidupan ekonomi masyarakat.


Lihat Juga :

Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan