Mau Sarapan Pagi ? Datang Aja Ke Jajanan Subuh

Konten [Tampil]

Bismillahirrahmanirrahim


Pernahkah anda jalan-jalan pagi di Kota Sukabumi, kemudian kesulitan mencari tempat untuk sarapan pagi ? sekarang tidak perlu khawatir dan repot-repot mencari, karena di tengah-tengah Kota Sukabumi ternyata ada tempat sarapan pagi, yang menyediakan banyak sekali jenis jajanan hasil dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Sukabumi dan sekitarnya. Nama tempatnya adalah JAJANAN SUBUH SELAMAT SUKABUMI.

Gerai jajanan yang dibuka sejak September 2020 ini, sengaja dibuat untuk menampung hasil para pelaku usaha UMKM, yang sedang terpuruk gara-gara menghadapi situasi covid-19. Apalagi sekarang berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga hasil usaha para pelaku UMKM dari hari ke hari terus merosot dan kekurangan pendapatan.

Setelah satu bulan lebih, akhirnya saya bersama isteri kembali memburu kuliner yang ada di Jajanan Subuh. Selain karena ada niat ingin sarapan di sana, juga ada tugas dari Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 di bawah bimbingan Mbak Marita Ningtyas, yang kebetulan saya mengambil tema tentang mengulas tempat jajanan. Ibaratnya sambil berenang minum air.

Mau tahu lokasinya di mana ? Jajanan apa saja yang digelar di sana ? Harganya seperti apa ? atau anda sebagai pelaku usaha ingin tahu caranya bagaimana menitipkan hasil usahanya di sana ? Yuk sama-sama simak ulasannya berikut ini :

Baca Juga : Mau Makan Sambil Menikmati Ikan di Kolam ? Yuk Makan di Kampoeng Ikan Sukabumi

1. Lokasi

Lokasi dari Jajanan Subuh ini berada tepat di halaman depan Toko Selamat Kota Sukabumi, yakni di Jl.R.E. Martadinata, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Tempatnya sangat mudah dicari karena berada di pusat Kota Sukabumi. Untuk menuju lokasi, pemburu kuliner bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, tidak usah khawatir, karena banyak angkutan umum yang melewati ke lokasi tersebut.



2. Jenis-jenis Jajanannya

Di Gerai Jajanan Subuh ini banyak sekali jenis makanan yang dijajakan. Bahkan menurut penanggung jawab dari gerai ini, hampir 50 jenis makanan yang dijual di tempat ini, mulai dari makanan yang bercita rasa asin, manis, hingga gurih.

Jenis Jajanan ada di sana, bagi yang mencari buat sarapan pagi, pengunjung bisa memilih seperti nasi uduk, nasi kuning, nasi lemak, nasi jinggo, nasi kucing, gudeg, atau mie goreng. Atau hanya sekedar menikmati kue-kue basah, di sana ada roti, risol, lemper, bugis, cilok dan masih banyak yang lainnya.

Dari sekian banyak jajanan yang ada di Gerai Jajanan Subuh, makanan favorit saya adalah nasi jinggo dan nasi lemak, karena dalam satu bungkus isinya sangat komplit.


3. Harga

Kalau ada yang bertanya gimana harganya ? Harganya kalau menurut saya sangat-sangat terjangkau, mulai dari harga Rp. 2.500 per biji sampai Rp 15.000. Masalah rasanya gimana ? Saya jamin tidak akan menyesal dan berani diadu.

Untuk nasi misalnya harganya tidak sampai pada angka 15.000, tapi isinya cukup mengenyangkan, dan tentu saja rasanya enak. Istilahnya meskipun murah tapi tidak murahan, meskipun harganya receh tapi rasanya wah.

4. Waktu Buka

Karena nama tempatnya Jajanan Subuh, gerai ini sudah dibuka mulai jam setengah enam pagi. Jadi yang punya hobi lari pagi atau bersepeda pagi, bisa tuh untuk mengisi perut laparnya dengan berkunjung ke gerai Jajanan Subuh di Toserba Selamat Kota Sukabumi.

tampak depan Gerai Jajanan Subuh
Mulai Buka Pukul 05.30

5. Suasana Tempat dan Layanan

Meskipun tempatnya tidak terlalu besar, tapi jenis jajanannya banyak. Dan bagi pengunjung yang ingin sarapan pagi di tempat, pengelola menyediakan beberapa meja dan kursi yang bisa digunakan.

Suasana perkotaan bisa kita nikmati sambil sarapan pagi, ditambah udara yang masih segar dan sejuk. Belum lagi ada layanan gratis air teh hangat dengan menggunakan cangkir-cangkir antik yang turut menambah kenyamanan pengunjung. Bahkan dihari-hari tertentu suka ada makanan - makanan tradisional yang diberikan secara Cuma – Cuma, misalnya singkong rebus, jagung rebus atau pisang kukus.

6. Layanan Delivery Order

Ingin mencoba jajanan yang ada di Jajanan Subuh tapi anda mager di rumah karena malas untuk keluar dan datang langsung, tenang saja, karena pengelola menyediakan layanan delivery order yang bisa anda manfaatkan lewat media whatsapp (WA). Bagi anda yang mau mencoba fasilitas delivery order via whatsapp di Jajanan Subuh ini, silahkan bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Kirim pesan teks ke nomor WA Jajanan Subuh
  • Pilih menu pesananmu (sebelumnya harus lihat dulu katalog menu)
  • Pesanan pembeli akan disiapkan
  • Lakukan pembayaran melalui transfer
  • Pesanan dikirimkan ke tempat tujuan

Gambar Milik Jajanan Subuh

7. Produk UMKM

Yang menarik dari Jajanan Subuh ini adalah semua jajanan yang dijual merupakan produksi dari para pelaku yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Sukabumi. Pembeli tidak usah takut dengan kualitas, kehigienisan, dan kehalalan dari jajanan di Jajanan Subuh ini, karena semua panganan yang dijual semuanya sudah lolos dari uji kelayakan yang dilakukan pengelola.

Bagi saya pribadi hal ini sangat menarik, karena di tengah-tengah pandemic covid-19 ini banyak pelaku usaha, terutama pelaku usaha kecil yang gulung tikar karena situasi pandemic yang mengharuskan adanya pembatasan sosial di masyarakat. Jadi dengan adanya penerimaan hasil usaha (jajanan) oleh pihak pengelola, sedikit banyaknya telah membantu ekonomi para pelaku UMKM.


8. Saran

Tempatnya bisa dibilang bersih, jajanan yang disediakan cukup komplit, dan layanan saat transaksi sangat cepat, Mungkin sarannya adalah tempatnya sebaiknya diperluas, apalagi saat pandemic yang mengharuskan jaga jarak antara satu dan yang lainnya. Selain tempatnya yang mesti diperluas, kursi-meja tempat makannya pun harus diperbanyak, apalagi saat akhir pekan pengunjung cukup banyak.

Awas jangan anggap remeh dengan sarapan pagi. Sarapan pagi harus menjadi menu wajib, terutama bagi mereka yang gampang sakit. Makanya jangan susah-susah nyari tempat untuk sarapan pagi, silahkan bisa berkunjung ke Jajanan Subuh Toserba Selamat Kota Sukabumi. Mengajak keluarga untuk bersarapan pagi-pagi di Jajanan Subuh akan jauh lebih seru. Jika penasaran, saya sarankan anda untuk segera berkunjung dan mencoba semua jajanan yang ada di sana. Atau mau lihat-lihat dulu di media sosial, silahkan bisa mengunjungi facebook dan IG-nya

Alhamdulillah

3 komentar:

  1. Setuju lho pak, jangan remehkan sarapan pagi. Katanya kalau kita sering skip sarapan pagi bisa berefek sama kemampuan otak juga. Betul ga pak Guru?

    BalasHapus
  2. Waaaahhh.. Jauhnya sukabumi...
    Kulinernya menggoda 😍

    BalasHapus
  3. Jajanan subuh, contoh UMKM naik kelas ya Pak. Udah berbasis teknologi juga ya. Keren, kapana-kapan mau dong diajak ke sana

    BalasHapus