Tahfidz Camp : Ilmunya Dapet, Serunya Juga Dapet

Konten [Tampil]


Tahfidz Camp adalah kegiatan tahunan yang diselenggrakan oleh ekstrakurikuler Lentera Qurani Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum Kadudampit, di mana kegiatan ini sebagai agenda rutin dari ekstrakurikuler Lentera Qurani.

Tahfidz Camp ini sengaja diagendakan untuk menghilangkan rasa bosan dari para anggota Lentera Qurani, dengan tujuan agar mereka bisa terus mencintai Quran dengan jalan menghafal Quran, dengan harapan rasa bosan itu menjadi hilang dan kembali fresh. Sehingga semangat untuk terus menghafalnya tetap terjaga.

Tahun ini Tahfid Camp sudah memasuki tahun kedua. Kegiatan Tahfidz Camp yang pertama diselenggarakan di dalam lingkungan sekolah, tapi untuk Tahfidz Camp ke-2 ini dilaksanakan di outdoors. Dan tempat yang djadikan untuk kegiatan tahun ini adalah tempat Wisata Situgunung Kadudampit Kab. Sukabumi


Lalu seperti apa sih suasana kegiatan tahfidz camp itu ? Dan keseruan seperti apa saja yang dirasakan para peserta tahfidz camp itu ? Berikut ulasan selengkapnya dari penyelenggaraan Tahfidz Camp Lentera Qurani MA Raudlotul Ulum yang kedua.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Tahfidz Camp II

Pelaksanaan Tahfidz Camp II diselenggarakan selama 2 (dua) hari, dari tanggal 24-25 September 2021. Berbeda dengan Tahfidz Camp Pertama, Tahfidz Camp yang kedua ini mengambil lokasi di luar sekolah dan memilih outdoor dengan seluruh peserta dan panitia tidur di dalam tenda. Pokoknya seru banget.

Setelah beberapa kali survey ke beberapa lokasi, akhirnya dipilihlah tempat yang bertemakan alam, dan pilihannya jatuh kepada tempat wisata Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. Selain lokasinya tidak jauh dari sekolah, tempat ini dianggap lebih aman dan fasilitas penunjang seperti lapangan yang luas, air dan kamar mandi juga tersedia.

Acara Tahfidz Camp II

Acara Tahfidz Camp II ini, rundown acaranya tidak jauh berbeda dengan Tahfidz Camp pertama. Ada 5 (lima) materi yang disuguhkan untuk para peserta. Dimulai dengan materi seputar ilmu Al-Quran, lalu materi kedua tentang Ilmu Tajwid, kemudian materi ketiga tentang Tehnik Menghafal Menggunakan Master (Menghafal Semudah Tersenyum), sementara saya diberikan kesempatan untuk memberikan materi keempat tentang Solusi Al-Quran dan Sosiologi dalam Mengatasi Masalah Remaja. Acara kemudian ditutup dengan penyampaian motivasi dan inspirasi dari Ustad Rizky Ramdhani, pendiri Rumah Quran.

Kenapa Memilih Situ Gunung Kadudampit

Selain tempatnya luas, udaranya sejuk, fasilitasnya cukup memadai, jaraknya yang dekat, ternyata ada alasan yang sangat unik yaitu tidak adanya sinyal handphone.

Meskipun pembina Lentera Qurani, Ust. Iyus Rusmawan, tidak menyampaikan alasannya kenapa memilih tempat yang sulit sinyal, namun dari ucapan Ust. Rizki, bahwa untuk acara-acara yang sifatnya religius alangkah baiknya pilihlah tempat yang sulit dapat sinyal.

Ternyata tepat sekali, selama kegiatan berlangsung, semua peserta fokus kepada setiap kegiatan yang dilaksanakan, tidak terganggu dengan penggunaan hp. 


Mengingat Kebesaran Allah

Selain dapat kegembiraan dan ketenangan karena bisa ngecamp di alam terbuka, semua peserta juga bisa mendapatkan jalan untuk mengingat keberadaan Allah melalui ciptaannya. Bagaimana tidak, selama ngecamp kita diperlihatkan dengan ciptaan-ciptaan Allah yang sangat indah, ada gunung, ada danau, ada pohon-pohon tinggi dan besar, ditambah suara burung, serta banyaknya lutung-lutung yang bergelantungan. Tidakkah cukup untuk mengingat kebesaran Allah ?

Hiking

Agar acara ini lebih memberikan tantangan kepada peserta Tahfidz Camp, panitia memasukan kegiatan hiking ke dalam rundown acara. Acara hiking sendiri memanfaatkan luasnya hutan Situ Gunung.

Ada 4 (empat) checkpoint atau pos selama pelaksanaan hiking tersebut. Setiap peserta harus bisa melewati tantangan yang ada disetiap pos, agar bisa mendapatkan PIN kelulusan. Jika tidak bisa melewatinya, maka dapat dipastikan peserta tidak akan mendapatkan PIN sebagai syarat peserta dinyatakan lulus mengikuti Tahfidz Camp.

Tantangan yang paling seru ada di pos keempat, di pos ini semua peserta digojlog mentalnya dengan cara melewati rintangan agar berani melewati danau dengan berjalan.

Perjalanan Hijrah Ust. Rizky Ramdhani Al-Fath

Acara yang mengambil tema “Al-Quran Solusi dalam Menyelamatkan Generasi” ini ditutup dengan penyampaian cerita inspirasi dari seorang Ust. Rizky Ramdhani, seorang yang kenyang dengan kehidupan maksiat, dengan niat dan keyakinan yang kuat akhirnya beliau melakukan hijrah dengan mempelajari Quran secara kaffah. 


Kisahnya begitu haru dan terasa banget ke dalam hati. Saya saja sempat meneteskan air mata, begitupun para peserta. Beliau mengatakan kalau kita sudah punya niat dan keyakinan yang kuat serta istiqomah dalam hijrah dan Cinta Quran, apapun kesulitan kita akan dipermudah oleh Allah SWT, dan akan selalu diberi jalan keluar dari sudut-sudut yang tidak disangka-sangka

" Kalau kita sudah punya niat dan keyakinan yang kuat serta istiqomah dalam hijrah dan Cinta Quran, apapun kesulitan kita akan dipermudah oleh Allah SWT, dan akan selalu diberi jalan keluar dari sudut-sudut yang tidak disangka-sangka" ....Ust. Rizky

Ilmunya Dapet, Serunya Juga Dapet

Acara ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk mempelajari al-Quran dengan cara yang mudah. Ilmunya dapet, begitu juga dengan keseruannya pun bisa didapatkan. Tahfidz Camp bisa  mengenalkan al-quran dengan cara yang berbeda, dan mudah diterima oleh generasi sekarang ini.

Itulah cerita kami di Tahfidz Camp II, semoga bisa kembali berjumpa di Tahfidz Camp III di tahun berikutnya. 

Cintailah Al-Quran dengan selalu ada di dalam hati kita. Bacalah, artikan, tafsirkan dan lalu amalkan, barulah kita disebut sebagai generasi qurani.


16 komentar:

  1. Menghadapi perkembangan situasi, pola pendidikan juga harus menyesuaikan. Anak-anak makin kritis, rongrongan informasi dan perubahan budaya juga menjadi tekanan tersendiri. Para pendidik harus mampu ikut berkembang dan membimbing para murid untuk tetap kembali pada 'pakem' ... adab.

    Cara outdoor seperti ini, membuat anak-anak menjadi lebih fresh dalam menerima ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bun,, anak anak skrg tantangannya lebih banyak

      Hapus
  2. Asiknya Pak, bisa camp di alam bebas. Pastinya dengan camp seperti ini akan menjadikan adik-adik semakin mudah memghafalkan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah salah satu tujuannya, menghafal di alam sperti ini lebih mengena

      Hapus
  3. Pak Hamdan, kalau acara tahfidz camp ini khusus berarti ya? Menarik sekali materinya masya Allah.. Aku jadi pengen, belum tahu ya di Batam, sekolah yang bisa bikin kayak gini dimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sekolah kami ini yang kedua,, kata pembina kami acara tahfidz camp merupakan bagian dari program tahfidz

      Hapus
  4. Wah, jadi kangen buat ngecamp lagi nih.. Terakhir camping cuma di depan rumah bareng sama keluarga besar.. Seru juga sih bisa sekalian kumpul-kumpul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sekali kali di alam mbak,, di sukabumi bamyak tempat camping bahkan sudah disediain semuanya, kita tinggal menikmati saja,,

      Hapus
  5. Seruu banget ya pak..tahfidz camp nya sekalian tadabbur alam langsung..masya Allah
    Duh mupeng main ke alam...ak. piknik.hehe

    BalasHapus
  6. masya allah judulnya aja udah nyes, eh membaca ulasanya makin nyes.

    itu emang sengaja dipilioh alam karena suasana buat hafalannya mendukung y pak. aku jadi teringat salahs atu pondok di malang yang letaknya tuh dipucuk deh rupanya memang mereka memilih tempat yangjauh dari kebisingan dan enak buat mengafal.

    tapi appaun suasnanya mengjafal alquran itu emang kembali ke niat bener banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus di tempat yang hening, bahkan kalau bisa tempatnya yang agak privat

      Hapus
  7. Uwaaaah, tahfidz camp, Pak? Asyik banget inii acaranya. Bagiku belajar tajwid dan tahsin bacaan ini yang masih susah Pak. Keren banget tuh anak udah tahfidz yah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain anak baca, menghafal,, juga bisa langsung liat ciptaanya

      Hapus
  8. Seger banget suasananya. Pasti ilmunya gampang masuk nih belajar menyatu sama alam. Belum lagi melihat kebesaran Allah langsung pas hiking camping ini :') jadi pingin camp, terakhir camp jaman SMP kayaknya hahaha hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hafalanya dapet, seruunya juga dapet, :3

      Hapus