Manfaatkan Sehatmu Sebelum Sakitmu : Lakukan 6 Upaya Berikut !

Konten [Tampil]

Manfaatkan Sehatmu Sebelum Sakitmu

Apakah selamanya kita akan sehat terus ? Lalu bagaimana rasanya jika sakit menghampiri kita ? Pasti sedih dong kalau tubuh kita diuji Allah SWT untuk merasakan sakit. Yang biasanya kita melakukan segala sesuatunya dengan sendiri, eh tiba-tiba harus dibantu orang terdekat karena tubuh kita tidak kuat untuk melakukannya sendiri. Ada yang sabar menjalaninya, tapi ada juga yang kurang sabar, bahkan aral menerima cobaan sakit yang dideritanya. Bahkan tidak sedikit kita mendapatkan berita di social media, ada orang yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri hanya karena tidak kuat menahan sakit yang berkepanjangan. Naudzubillah tsumma naudzubillah

Coba acungkan tangannya, siapakah diantara kalian yang ingin sakit ? Pasti semuanya ingin sehat kan ? Ketika kita sehat, makan nikmat, tidur nyenyak, dan badan nyaman digerakan. Coba kalian rasakan kalau sedang sakit, seenak apapun makanannya tetap saja pahit, tidur di kasur seempuk apapun yang ada pasti gelisah, dan badanpun dapat dipastikan kurang nyaman untuk digerakkan. Maka tak salah ada kata-kata yang sering diucapkan banyak orang, Sehat itu Mahal. Saking mahalnya, kata sehat selalu diucapkan orang dalam setiap doanya. 

Doa agar selalu sehat

Dalam literature Islam ada sebuah hadis Nabi Muhammad SAW, yang bisa dijadikan sebagai pijakan, bahwa lakukanlah sesuatu yang baik dan bermanfaat selagi kita sehat, jangan menunggu datangnya sakit.

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: (1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,(2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, (3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, (4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,(5) Hidupmu sebelum datang matimu.”

Apakah Kita Sudah atau Sedang Sehat ?

Sekarang ini kita sedang sehat atau sakit ? Silahkan baca pengertian sehat yang saya kutip dari laman https://fpscs.uii.ac.id/, disana disebutkan bahwa sehat menurut WHO adalah adalah suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. Sedangkan menurut Ilmu Psikologi, manusia sehat adalah yang mampu mengalahkan kecemasan dan kebutuhan neurotiknya (Horney).

Baca Juga : 6 Hari Berjuang Melawan Covid-19

Manfaatkan Sehatmu Sebelum Sakit

Belajar dari pengalaman diri sendiri, jujurly bahwa sakit itu tidak enak. Apalagi saat sekarang yang masih rame dengan pandemi covid-19 (corona), sehat adalah keadaan yang diinginkan oleh setiap orang. Saya pribadi terkadang suka lupa akan mahalnya sebuah kata sehat dan baru tersadar ketika rasa sakit menghampiri diri saya. Di saat itulah saya menangis, dan bersujud memohon kepada Allah SWT agar segera disembuhkan, sekaligus berjanji tidak akan melakukan hal-hal yang menyebabkan saya sakit.

Sakit itu manusiawi, hanya Firaun mungkin dalam sejarahnya yang tidak pernah merasakan rasa sakit. Sakit itu bisa jadi ujian, cobaan, teguran atau juga bentuk kasih sayang Allah SWT kepada hambanya. Kata kuncinya dari semua itu adalah manfaatkan waktu ketika sehat dengan sebaik-baiknya, jangan menunggu datangnya sakit.

Bagi saya ada beberapa upaya yang bisa lakukan untuk memanfaatkan ketika kita sedang sehat sebelum datangnya sakit. Berikut 6 (enam) upaya yang harus dimanfaatkan ketika sedang sehat. 

6 Upaya Memanfaatkan Sehat

1. Selalu Bersyukur Kepada Allah SWT

Sebagai seorang muslim, selain nikmat iman dan Islam, ada satu lagi nikmat yang Allah SWT berikan kepada hambanya yang juga sangat diharapkan adalah nikmat sehat. Maka dari itu kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT, minimal selalu ucapkan kalimat hamdalah (Alhamdulillah). Bayangkan dan rasakan, berapa kali kita berkedip, berapa banyak kita bernapas, melihat dan mendengar dengan gratis, dan masih banyak nikmat sehat badan yang Allah SWT berikan kepada kita. Sudah seimbangkah rasa syukur kita dengan nikmat sehat yang Allah SWT berikan ? Jangan ketika sedang sakit baru ingat Allah.

2. Selalu Berbuat Baik dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Ketika sehat cobalah untuk selalu berbuat baik kepada orang, bisa dengan cara memberi sesuatu yang dibutuhkan orang, bersedekah, membantu dengan tenaga, atau mendoakan orang lain.

Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, dan manusia mati meninggalkan nama baik. Filosofis itulah yang selalu saya pegang, berbuat baik tidak akan pernah rugi, tidak dibalas sekarang oleh Allah SWT percayalah di akhirat nanti semua perbuatan baik kita, sekecil apapun itu, akan menjadi amal buat kita. Makanya perbanyak amal baik ketika sedang sehat, karena kalau sudah sakit belum tentu bisa.

3. Pola Makan Yang Baik

Tentang makan, Islam sudah memberikan rambu yakni makan dan minumlah yang halal dan baik. Halal jenis dan cara mendapatkanya, serta baik untuk kesehatan. Mana makanan dan minuman yang boleh dimakan dan diminum mana yang tidak boleh.

Selaras dengan literature Islam, dunia kesehatan pun menganjurkan agar kita selalu makan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Tetapi kita sering lupa, makan dan minum secara berlebihan dan tanpa mengindahkan kesehatan, akhirnya malah sakit. Yoo manfaatkan ketika kita sehat, makan dan minumlah yang betul-betul sehat dan butuhkan tubuh kita.

4. Selalu Berfikir Positif

Selain fisik yang harus diisi dengan makanan dan minuman yang sehat, psikis alias pikiranpun mesti diisi dengan sesuatu yang sehat pula. Artinya selalu berpikir positif, saya pernah dengar (tapi lupa kapan), kalau kita punya pikiran yang kotor, negative atau jahat, jangan harap punya fisik yang sehat. Berpikirlah positif agar kita tetap sehat, bukan hanya sehat fisik tetapi psikis juga sehat.

5. Tetap Ikhtiar Untuk Selalu Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan itu suatu kewajiban. Bagaimana bisa beribadah dengan nyaman kalau tubuh kita sedang sakit. Bagaimana bisa beraktifitas kalau tubuh kita diserang penyakit. Maka ketika sehat coba tetap berikhtiar untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Ada banyak usaha dan upaya yang bisa dilakukan agar kita tetap sehat. Kalau saya sendiri misalnya sering melakukan olahraga secara rutin, dengan porsi yang sesuai dengan ketahanan tubuh saya. Atau karena kita masih pandemic maka salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan adalah segera melakukan vaksin covid-19.

6. Selalu Berdoa

Upaya terakhir yang harus dilakukan untuk memanfaatkan keadaan sehat adalah selalu berdoa kepada Allah SWT dalam setiap waktu. Meminta agar selalu diberikan kesehatan dan kalau pun sakit segera diberi kesembuhan.

Itulah 6 (enam) upaya yang bisa dimanfaatkan ketika kita sedang sehat. Mudah-mudahan kita semua senantiasa selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT, kalaupun harus mendapatkan ujian sakit, semoga sakitnya kita menjadi kifarat untuk dosa-dosa yang kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar