Hari Amal Bakti Kemenag Ke-76 : Serunya Family Gathering dan Jalan Santai

Konten [Tampil]

Hari Amal Bakti Ke-76 Kemenag


Tanggal 3 Januari diperingati sebagai Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama, dan tahun 2022 ini Hari Amal Bakti (HAB) sudah memasuki hari ulang tahunnya yang ke-76. Itu artinya Kementerian Agama lahir pada tanggal 3 Januari 1946, kurang lebih dibetuk 4 (empat) bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Dan biasanya disetiap Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag, seluruh Kementerian Agama, mulai dari pusat hingga daerah mesti melaksanakan upacara sebagai bentuk penghormatan.

Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 ini, Kementerian Agama mengambil tema Transformasi Layanan Umat. Dalam sambutannya pada upacara di Kementerian Agama Pusat, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak jajarannya untuk terus melakukan perbaikan dan membenahi kualitas layanan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Hari Amal Bakti Ke-76 Kemenag


Di Kabupaten Sukabumi sendiri, setiap Hari Amal Bakti (HAB) selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif. Tahun ini Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi mengadakan berbagai event atau kegiatan olahraga, ada lomba catur, tenis meja dan sepak bola.

Baca Juga : Kampung Cakrawala : Tempat Rekreasi Bernuansa Alam

Bahkan di puncak kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi yang ke-76, ditutup dengan kegiatan Family Gathering dan Jalan Santai bersama seluruh unsur yang ada di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi.

Hari Amal Bakti Ke-76 Kemenag


Serunya Family Gathering dan Jalan Santai

Tanggal 15 Januari 2022 ditetapkan sebagai puncak kegiatan pada Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Dimana puncak kegiatannya diisi dengan kegiatan Family Gathering dan Jalan Santai, yang diikuti oleh seluruh unsur yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, ada dari karyawan kemenag, kelompok pengawas, guru madrasah, guru PAI, guru RA, pondok pesantren, guru diniyah, para penyuluh, KUA, hingga kelompok bimbingan haji dan umrah, semuanya tumpah ruah dengan mengenakan kaos berwarna hitam bertuliskan HAB ke-76.

Untuk jalan santai, seluruh peserta harus melewati jalan sepanjang 4 kilo meter, yang terbagi ke dalam 9 pos. Serunya kegiatan jalan santai ini, karena kita diajak melewati dan menyusuri hamparan kebun teh yang ada di kawasan tempat wisata Selabintana Sukabumi. Rasa capek jadi hilang dengan sendirinya, selain kita becanda ria dengan para peserta di sepanjang jalan yang kita lewati, kita juga disuguhi pemandangan indah dengan udara khas pegunungan yakni udara yang segar.

Hari Amal Bakti Ke-76 Kemenag


Acara kemudian ditutup dengan pengundian kupon bagi para peserta jalan santai. Berbagai hadian telah disiapkan oleh panitia, mulai dari hadiah yang biasa hingga 2 (dua) buah sepeda motor. Sayangnya saya bersama temen satu sekolah, masih kurang beruntung.

Bukan Family Gathering Biasa

Menurut saya ini bukan family gathering biasa. Kenapa demikian ? karena seluruh unsur Kementerian Agama dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi semuanya turut serta memeriahkan puncak acara Hari Amal Bakti ini. Luar biasa kan ?

Mungkin hadiah yang diperebutkan oleh peserta jalan santai hanya sebagai bonus saja. Lebih dari itu, dengan family gathering ini kita bisa bersilaturahmi dengan temen-temen dari luar kecamatan. Saya sendiri karena wasilahnya kegiatan family gathering ini bisa berjumpa sahabat lama yang sudah lama tidak ketemu.

Hari Amal Bakti Ke-76 Kemenag


Bisa botram bersama, ketawa bareng, becanda bareng, di mana semuanya itu bisa melupakan segala aktifitas yang biasa dilakukan dan bisa merefresh otak dan pikiran kita, sehingga kondisi kita kembali fit serta siap kembali beraktifitas. 

Selamat Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Yang Ke-76, semoga Transformasi Layanan Umat yang dijadikan tema tahun ini bisa terwujud.

1 komentar:

  1. Sayang sekali tidak bisa ikut jalan santai Hab Kemenag tahun ini, hanya bisa membaca keseruannya saja

    BalasHapus