Kampung Cakrawala : Tempat Rekreasi Bernuansa Alam

Konten [Tampil]

Kampung Cakrawala Sukabumi


Satu lagi nih tempat rekreasi yang ada di Sukabumi yang memberikan nuansa alam, namanya Kampung Cakrawala. Tempat wisata yang nyaris berada di belakang tempat wisata Selabintana ini, berlokasi di Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Kampung Cakrawala ini memiliki tagline Lembur Paniisan Tukangeun Selabintana, artinya kampung yang tenang yang berada di belakang Selabintana. Pokoknya cocok banget bagi yang ingin menenangkan pikiran dan jiwa dari hiruk pikuk suasana kota dan refresh dari sibuknya pekerjaan.

Di tahun 2021 saya sudah dua kali menikmati keindahan alam Kampung Cakrawala. Menurut saya ada beberapa alasan kenapa Kampung Cakrawala ini bisa menjadi alternative destinasi dalam mengisi liburan kalian.

Lokasi

Sesuai taglinenya “Tukangeun Selabintana, Kampung Cakrawala ini berada di belakang tempat wisata yang lebih dulu menjadi destinasi wisata favorit, yaitu Selabintana. Tempatnya masih berada satu kawasan dengan Selabintana, yakni di bawah Kawasan Taman Nasional Kaki Gunung Gede. Untuk pengelolaannya sendiri menurut penjaganya masih satu majemen dengan wisata Selabintana.

Untuk menuju lokasi wisata, pengunjung tidak perlu khawatir, karena ada angkutan umum yang bisa menuju lokasi, meski tidak langsung sampai ke tempat tujuan. Kampung Cakrawala hanya berjarak sekitar 4-5 kilo meter dari pusat Kota Sukabumi. Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat, bisa langsung ke tempat lokasi tanpa jalan kaki. Hanya saja bagi yang mau membawa kendaraan roda empat, diharapkan kendaraannya yang memiliki roda agak tinggi.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang bisa kita manfaatkan diantaranya lapangan berumput yang luas, yang nyaman, aman terutama bagi anak-anak. Ada juga danau kecil dengan rakit bambunya, yang benar-benar menyuguhkan suasana kesejukan. Bagi pengunjung yang membawa bekal makanan, silahkan bisa menggelar makanan di atas tikar atau bisa juga makan di gazebo-gazebo atau saung-saung yang ada di lapangan. Fasilitas lainnya ada kamar mandi dan WC yang bersih, mushola dan tentunya ada sungai dengan aliran airnya yang tidak begitu deras dan sangat aman bagi pengunjung yang ingin sekedar mandi atau basah-basahan. Ditambah ada ayunan yang dipasang dibatang pohon.

Kampung Cakrawala Sukabumi


Camping Area

Di Kampung Cakrawala ini, pengelola juga menyediakan tempat kemah atau camping area. Tempatnya sangat aman, karena pengelola memberikan jaminan keamanan selama perkemahan berlangsung serta pengelola memberikan fasilitas listrik.

Baca Juga : 5 Fakta Wisata Situ Gunung Sukabumi : Dari Keindahan Alam Hingga Cerita Mistis

Udara Sejuk dan Dikelilingi Pohon Tinggi

Karena berada di kawasan pegunungan, sudah pasti udara di Kampung Cakrawala ini masih sangat sejuk. Selain udaranya masih sangat sejuk, keindahan Kampung Cakrawala ini semakin asri dengan pohon-pohon tinggi yang mengeliingi kawasan wisata ini.

Instagramable

Kurang seru kalau berlibur tidak berfoto ria. Nah di Kampung Cakrawala ini juga banyak spot-spot foto yang pastinya instagramble. Misalnya tempat duduk dari kayu batangan, batu batu besar di sungai, ada jembatan dari potongan kayu, dan tidak ketinggalan berfoto di atas rakit.

Kampung Cakrawala Sukabumi


Harga Tiket

Hanya dengan tiket Rp. 10.000,- , kalian sudah bisa menikmati fasilitas yang berada di Kampung Cakrawala. Menurut saya harga tiket segitu tidak terlalu mahal dan terjangkau buat seluruh lapisan masyarakat. Bahkan bagi anak-anak sekolah ada potongan harga tiket masuk.

Cocok untuk Semua Kalangan

Tempat wisata Kampung Cakrawala ini cocok dikunjungi untuk semua kalangan. Baik bagi keluarga, anak muda, sampai sangat pas buat anak-anak.

Nah, barangkali itu catatan dari saya tentang keindahan dan keasrian dari tempat wisata Kampung Cakrawala yang ada di Sukabumi. Saya berani merekomendasikan tempat ini karena tempatnya begitu memberikan ketenangan . Hanya saja yang perlu diperhatikan terutama bagi yang membawa kendaraan langsung ke tempat, agar lebih berhati-hati. Oleh karena itu, saya menyarankan agar pengelola lebih memperhatikan akses jalannya agar jauh lebih baik. Satu lagi, bagi pengunjung agar bersabar dalam hal handphone karena tempatnya ada di bawah, jadi sinyal agak sulit didapatkan.

Ayo coba datang ke Kampung Cakrawala !!!!

Baca Juga : Hutan Damar : Dari Tempat Wisata Hingga Pusat Konservasi Elang Jawa


1 komentar: