5 Fakta Tentang Alumni, Alumnus Wajib Tahu!

Konten [Tampil]

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, alumni adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Sedangkan alumnus adalah orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi.

Fakta tentang alumni


Setelah mengetahui makna kedua kata tersebut, kita bisa menemukan letak perbedaannya. Alumni adalah bentuk jamak dari alumnus yang menunjukkan banyak orang, sedangkan alumnus adalah bentuk tunggal yang menunjukkan satu orang saja. Dengan kata lain, alumni adalah para alumnus atau kumpulan alumnus.

Meski mereka telah selesai menyelesaikan seluruh tahapan pembelajaran di mana mereka belajar, bukan berarti seluruh kewajiban yang melekat pada diri alumni semuanya lepas. Ada kewajiban atau peran yang sampai kapanpun tetap melekat pada diri seorang alumnus, artinya di manapun mereka berada, tetap tugas, fungsi dan kewajiban alumni harus tetap dijalankan.

Berikut 5 fakta tentang alumni yang harus diketahui oleh para alumnus

Hanya Selesai Belajar

Para alumnus sebenarnya hanya selesai dalam proses belajarnya saja, tetapi sejatinya kewajiban dalam memajukan atau mengembangkan lembaga tempat asal mereka belajar tetap harus dilakukan.

Tetap Menjaga Nama Baik Sekolah

Kewajiban menjaga nama baik sekolah, bukan hanya pada saat berstatus pelajar saja, tetapi kewajiban itu tetap harus dijalankan meski sudah beralih status menjadi alumnus, dan itu tanpa terkecuali di manapun dan pada waktu kapanpun.

Aset Berharga

Tak bisa dipungkiri alumni merupakan aset besar dan berharga bagi almamaternya. Disadari atau tidak para alumnus menjadi salah satu elemen penting dalam pengembangan sekolah. Bagaimana tidak, dengan banyaknya alumnus terutama yang militan, sedikit banyak akan meningkatkan ketertarikan para calon siswa untuk bersekolah di almamaternya.

Jangan Putus Silaturahmi

Setiap alumnus harus memiliki rasa emosional yang tinggi dan sense of belonging terhadap almamaternya. Jangan pernah sekali-kali memutuskan silaturahmi dengan almamaternya, hanya karena sudah berubah status. Silaturahmi harus terus dilanjutkan, misalnya hanya sekedar datang ke sekolah dan berbagi cerita dengan para guru. Para alumnus jangan punya pikiran malu karena belum bekerja.

Bentuk Ikatan Alumni

Agar silaturahmi terus terjaga di antara para alumnus, salah satunya dengan melaksanakan temu alumni atau reuni secara berkala. Dan supaya silaturahminya bukan hanya terjadi pada saat reuni saja, maka komunikasinya harus terus berjalan secara rutin dengan membentuk ikatan alumni. Kemudian alumni tadi, aktifitasnya bukan hanya dilakukan secara ofline, namun juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu komunikasi lewat online. Misalnya ada whatsapp grup, atau media sejenis lainnya.

Demikian 5 fakta menarik tentang alumni. Jika tugas, peran dan kewajiban para alumnus benar-benar dilaksanakan, serta sinergitas antara sekolah dan alumni berjalan dengan baik, maka perkembangan sekolah pun dengan sendirinya akan berkembang secara


https://kantorbahasababel.kemdikbud.go.id/info/info-bahasa/pemakaian-kata-alumnus-dan-alumni/#:~:text=Menurut%20Kamus%20Besar%20Bahasa%20Indonesia,suatu%20sekolah%20atau%20perguruan%20tinggi'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar