Model-model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Konten [Tampil]

Agar tujuan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) benar-benar bisa terwujud dengan baik, maka salah satu elemen penting yang tidak bisa dikesampingkan pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah penerapan model pembelajaran yang cocok diterapkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Model pembelajaran pada Kurikulum Merdeka


Model pembelajaran sendiri merupakan kerangka konseptual atau bingkai yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.

4 Model Pembelajaran yang Cocok pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

1. Problem-Based Learning (PBL)

PBL adalah model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-langkah PBL adalah mengidentifikasi masalah, menyusun rancangan penyelesaian masalah, peserta didik mengumpulkan informasi, menyelesaikan masalah bersama-sama, dan mengolah informasi untuk mendapatkan kesimpulan.

2. Project Based Learning (PJBL)

PJBL adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar melalui proyek atau tugas yang berkaitan dengan dunia nyata.

Langkah-langkah PJBL adalah merencanakan proyek, membuat produk atau karya, dan merefleksikan hasil karya.

Baca Juga : 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila

3. Discovery Learning (DL)

DL adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar melalui eksplorasi dan pengamatan terhadap lingkungan sekitar.

Langkah-langkah DL adalah observasi, identifikasi masalah atau pertanyaan, merumuskan hipotesis atau dugaan jawaban atas pertanyaan tersebut, melakukan eksperimen atau pengamatan lebih lanjut untuk membuktikan hipotesis tersebut.

4. Inquiry Learning (IL)

Inquiry Learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar melalui proses penyelidikan ilmiah terhadap suatu fenomena alam atau sosial.

Langkah-langkah Inquiry Learning adalah merumuskan pertanyaan penelitian, merencanakan penelitian, melakukan penelitian, menganalisis data, dan menyajikan hasil penelitian.

Itulah 4 model pembelajaran yang bisa dicoba diterapkan pada saat implementasi Kurikulum Merdeka dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar