Dalam menentukan topik penelitian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut : 
  1. Topik penelitian harus sesuai dengan minat peneliti 
  2. Topik yang dipilih haruslah topik yang bisa diteliti oleh peneliti. Ditinjau dari sudut si peneliti, ada empat pertimbangan untuk menentukan dapat dilaksanakan atau tidaknya suatu penelitian, yakni : (a) Peneliti mempunyai kemampuan untuk meneliti masalah itu; (b) Peneliti mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan penelitian; (c) Peneliti mempunyai tenaga untuk melaksanakannya (d) Peneliti mempunyai dana yang cukup untuk membiayai kegiatan penelitian 
  3. Data cukup tersedia 
  4. Topik memiliki kegunaan praktis, bermanfaat, dan penting untuk diteliti. 
Setelah mendapatkan topik penelitian, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah merumuskan pertanyaan masalah penelitian tersebut. Pertanyaan-pertanyaan dirumuskan secara tertulis. Maka, perlu diperhatikan penggunaan bahasa yang baik agar tidak terjadi salah tafsir. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut. 
  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami 
  2. Pilihlah kata-kata yang mengandung arti yang sama bagi semua orang 
  3. Gunakan kalimat pendek yang tidak menyulitkan pemahaman 
Selanjutnya, rumusan pertanyaan tersebut dapat dikembangkan ke dalam bentuk pertanyaanpertanyaan, seperti angket, kuesioner, atau pedoman wawancara.


Pertanyataanya :

Ada seorang peneliti akan melakukan penelitian dengan topik atau masalah sosial tentang "Dampak Covid-19 terhadap Ekonomi Masyarakat". Tempat penelitiannya di Jakarta dengan populasi dan sample masyarakat Jakarta.
  1. Jika peneliti itu adalah KAMU yang sekarang tinggal di Sukabumi, sudah tepatkah mengambil topik tersebut ? Sebutkan alasannya !
  2. Jika kurang tepat dan harus diganti, coba berikan saran, mana yang harus diubah ?

Sahabat Sosiologi