Pada saat pergantian tahun, acara acara televisi biasanya sering menyuguhkan film-film terbaik yang pertama kali tayang di televisi. Dan film-film produksi Hollywood yang sering kali ditayangkan di tv-tv, beberapa hari menjelang pergantian tahun. Atau film-film buatan negeri sendiri yang juga sering menemani di saat-saat natal dan tahun baru.

Namun, jelang pergantian tahun ini sepertinya ada yang berbeda. Tv-tv swasta memberikan pilihan yang lain dan berbeda. Film-film yang ditayangkan di televisi , bukan hanya datang dari Hollywood tapi juga datang dari negeri ginseng, yakni Korea. Bahkan, drama-drama yang sering kita sebut dengan “Drakor” alias Drama Korea, telah lebih dulu meramaikan drama-drama yang ada di televisi Indonesia. Tentu pembaca ingat, ada Meteor Garden, The world of Married, Dae Jang Geum, Winter Sonata, Secret Garden dan masih banyak lagi.

Film-film korea yang lebih dikenal dengan sebutan “K-Movie”,  pada pergantian tahun ini ikut meramaikan dan memberikan pilihan tontonan bagi penonton di rumah. Jadi, sangat cocok bagi kita di saat sekarang yang sedang berada pada situasi pandemic  covid-19 (corona), untuk libur di rumah saja ditemani oleh film-film K-Movie. Dan saya jamin, cerita dan alur filmnya sangat bagus. Berikut beberapa K-Movie yang akan tayang di televisi Indonesia :

  • Flu

Film yang bergenre science fiction ini bercerita tentang wabah virus H5N1 yang menyebar di Korea dan membunuh korban hanya dalam waktu 36 jam. Film yang disutradarai oleh Kim Sung Soo ini bermula saat kontainer berisi imigran gelap yang diselundupkan ke suatu kota, dari sinilah awal virus kemudian menyebar dan menginfeksi orang-orang. Seorang dokter yang bernama Kim In Hae, bertugas untuk merawat salah satu pasien pertama yang terpapar virus dengan gejala batuk-batuk berdarah dan kejang hingga berujung kematian dalam waktu singkat.


Hanya dalam beberapa jam sejak kontainer berisi imigran gelap itu tiba, virus kemudian menyebar di Kota Bundang. Tak lama setelah itu, banyak orang kemudian terinfeksi juga, hingga rumah sakit kewalahan. Pemerintah kota Bundang tersebut pun harus mengkarantina dan melarang perjalanan agar menghentikan penyebaran virus ke seluruh negeri

  • Haeundae

Film Korea Haeundae atau Tidal Wave yang dirilis pada tahun 2009 bercerita tentang bencana tsunami di Korea Selatan. Haeundae sendiri merupakan wilayah ramai yang terletak di ujung tenggara Semenanjung Korea. Setiap tahunnya, setidaknya ada 1 juta wisatawan yang mengunjungi pantai di kawasan tersebut.

Film Haeundae ditulis sekaligus disutradarai oleh Yoon Je Kyoon. Film ini juga dibintangi oleh sederet artis ternama seperti Ha Ji Won, Lee Min Ki, dan Sol Kyung Gu.

Suatu hari, Kim Hee menemukan fakta bahwa Laut Timur menunjukkan tanda-tanda aktivitas yang mirip dengan tsunami Samudra Hindia tahun 2004. Kim Hee tentu saja langsung melaporkan hal ini ke pihak yang berwewenang.

Namun Badan Pencegahan Bencana mengungkapkan bahwa Korea Selatan tetap aman dan tidak akan terdampak oleh tsunami. Sayang, prediksi tersebut salah besar.

Mega tsunami akhirnya melanda Jepang dan Kim Hee langsung pergi menuju Haeundae. Menurut perkiraannya, penduduk Haeundae hanya punya waktu 10 menit untuk menyelamatkan diri sebelum tsunami ganas menerjang kawasan tersebut

  • The Bad Guys: The Reign of Chaos

Film The Bad Guys: Reign of Chaos menceritakan tentang para penjahat berbahaya yang berhasil melarikan diri saat berada di perjalanan menuju penjara. Untuk menangkap tahanan yang melarikan diri tersebut, polisi memutuskan membentuk tim investigasi kejahatan khusus yang terdiri dari para tahanan yang lain.


Oleh karena itu, seorang detektif polisi, Oh Goo Tak (Kim Sang Joong) memutuskan membentuk tim baru dengan menggaet tahanan Park Woong Cheol (Ma Dong Seok), Kwak No Soon (Kim Ah Joong) dan Go Yoo Sung (Jang Ki Yong).



  • Extreme Job

film ini mengisahkan tentang lima detektif yang sedang menangani kasus narkoba. Mereka mendirikan restoran ayam bergaya Korea sebagai bagian dari misi penyelidikan dan penyamaran rahasia untuk mengekspos akar kejahatan tersebut.


Akan tetapi, beberapa insiden tak terduga mulai terjadi ketika restoran tempat mereka bekerja mulai terkenal. Kelima detektif polisi tersebut adalah ketua tim Go (Ryoo Seung-Ryong), Detektif Jang (Lee Ha Nee/Lee Honey), Detektif Ma (Jin Seon Kyu), Detektif Young Ho (Lee Dong Hwi) dan Detektif Jae Hoon (Gong Myung).


Sambil liburan di tengah-tengah pandemi, tidak ada salahnya kita tonton film-film tersebut dengan mengambil pesan dan pelajaran yang ada di dalamnya. Selamat menonton