Dua pekan ini kita sebagai masyarakat dikejutkan dengan penangkapan dua menteri Kabinet Indonesia Maju oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pertama tanggal 25 Nopember 2020, KPK melakukan tangkap tangan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, dalam dugaan kasus korupsi ekspor benur lobster. Kedua, hanya selang sepuluh hari, tepatnya tanggal 6 (enam), KPK kembali menetapkan tersangka kepada Menteri Sosial, Juliari Batubara, dalam kasus bantuan sosial covid-19. Tidak tanggung-tanggung, tersangka Juliari, diduga menerima suap hampir 17 triliun rupiah dari fee pengadaan bansos.

Kedua menteri itu memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan karir yang cemerlang. Edhy Prabowo pernah tercatat di akabri, Ia juga lulusan fakultas ekonomi, Universitas Moestopo. Gelar Magister Manajemen ia peroleh dari Swiss German UniversitySerpong dan gelar Doktor (Dr.) dalam bidang ilmu komunikasi dari Universitas Padjadjaran. Sementara Juliari Batubara, setelah lulus dari SMA pada 1991, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Ia mengenyam bangku kuliah di Riverside City College dan kembali melanjutkannya di Chapman University, California.

Sementara karir dari kedua mantan menteri itu, jangan diragukan. Keduanya memiliki karir yang cemerlang, baik di bidang politik, maupun dibidang usahanya.

Lalu muncul pertanyaan, KOK bisa mereka berdua melakukan tindakan yang tidak sepatutnya dilakukannya, yakni perbuatan korupsi.

MAHALNYA INTEGRITAS

Integritas artinya konsep konsistensi tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, harapan dan hasil. Dalam etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau ketepatan tindakan pada diri seseorang.

Bertindak dengan integritas berarti memastikan bahwa setiap keputusan dibuat berdasarkan prinsip etika dan moral yang menyeluruh. Kepercayaan, kehormatan, dan kejujuran adalah elemen kunci dari konsep integritas.

Jika melihat dari kedua kasus tersebut, kita bisa mengatakan bahwa integritas mereka sedang diuji sekaligus sedang dipertanyakan. Pendidikan keduanya sangat tinggi, namun tidak selaras dengan tindakannya. Sungguh mahalnya sebuah integritas.

CIRI-CIRI ORANG BERINTEGRITAS

  1. Orang yang tidak memakai kedok.
  2. Orang yang bertindak sesuai dengan ucapan.
  3. Sama di depan dan dibelakang.
  4. Konsisten antara apa yang diimani dan kelakuannya.
  5. Konsisten antara nilai hidup yang dianut dan hidup yang dijalankan.