Setiap sekolah pasti memiliki operator yang bertugas mengelola system manajemen sekolah dan tenaga pendidik. Operator ini memiliki peranan yang sangat penting, bahkan jantung sekolah. Karena saat ini segala urusan keadministrasian, baik itu laporan sekolah, pengajuan proposal bahkan pengajuan tunjangan guru PNS, sertifikasi dan lainnya, semuanya berbasis online.

Tidak sedikit baik itu lembaga ataupun guru, yang dana BOP/BOS nya atau tunjangan sertifikasi gurunya tidak cair, hanya gara-gara absensi onlinenya, atau laporannya tidak diisi. Dan semua itu karena operator tidak melaksanakan tugasnya.

Tugas operator memang kebanyakan kondisional, tapi apa yang harus dikerjakan operator ini sangat krusial. Tidak dikerjakan sedikit saja, akibatnya sangat fatal. Tidak jarang seorang operator dimarahi oleh gurunya, lantaran tunjangannya tidak cair, Tapi saat mereka  tunjangannya cair, terkadang mereka lupa, dan hanya mengucapkan terima kasih saja.

Banyak hal yang perlu diperbaiki dalam system pendidikan kita. Salah satunya  operator yang tidak termasuk ke dalam tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).  Sehingga mereka yang bertugas sebagai operator tanpa menjadi guru, mereka tidak mendapatkan tunjangan. Mereka hanya mendapatkan operasional dari sekolah saja.

Kelemahan lain yang harus segera diperbaiki juga adalah sumber daya operatornya sendiri, ada beberapa sekolah yang mengangkat operator merangkap dengan guru, sehingga kinerjanya kurang maksimal. Ada juga seorang operator yang mengelola beberapa sekolah. Ini juga kurang efektif, karena akan kesulitan dalam hal koordinasi.

Hal lain yang juga perlu perhatian para stekholder  adalah insentif para operator yang dirasa masih sangat jauh dari professional dan proporsional. Tak jarang para operator bekerja dari pagi hingga tengah malam, hanya ingin segera menyelesaikan tugasnya karena deadline penyelesaian tugas.

Itulah sekelumit tentang kehidupan para operator sekolah. Meskipun  mulai ada perhatian, tapi mudah-mudahan lebih ditingkatkan.

Salam Operator, Salam Satu Data