5 Fakta Wisata Situ Gunung Sukabumi : Dari Keindahan Alam Hingga Cerita Mistis

Konten [Tampil]

Bagi yang suka travelling, wajib Sukabumi dijadikan tujuan destinasi dalam hal berwisata saat masa liburan tiba. Banyak sekali tempat wisata yang ditawakan di Sukabumi, baik yang bernuansa alam, laut, air, kuliner dan ada juga yang menawarkan wisata pedesaan. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Sukabumi, ada satu tempat wisata yang menjadi primadona yang menawarkan nuasa alam yakni wisata SituGunung.

Tempat wisata yang berada di ketinggian 850 mdpl ini, berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya masuk wilayah  Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat. Tempat wisata Situ Gunung  ini bisa menjadi pilihan anda untuk mengembalikan kebugaran badan setelah capek bekerja.  Dan berikut 5 Fakta menarik tentang wisata Situ Gunung Sukabumi, mulai dari menyuguhkan keindahan alam hingga cerita mistinya. 

Situ Buatan

Fakta pertama yang ada di tempat wisata Situ Gunung Sukabumi ini adalah adanya danau atau situ buatan. Meskipun disebut sebagai man-made lake atau situ buatan manusia, namun keindahan dari Danau Situ Gunung ini tidak kalah keindahannya dengan situ alami.

Danau Buatan Situ Gunung
Foto Bersama di Pinggir Danau
Situ yang dikelilingi pohon-pohon tinggi dan besar ini menyuguhkan jernihnya air danau yang tenang. Terdapat juga gundukan tanah di tengah-tengah situ yang menambah ke-eksotikan dari situ tersebut. Bukan hanya itu, kicauan burung dan suara lutung ikut menambah keasrian dan kesunyian yang menjadi daya tarik bagi pengunjung tempat wisata ini. Bagi yang suka foto-foto selfie, sepertinya Danau Situ Gunung ini bisa dijadikan salah satu tempat favorit dalam berswafoto.

Situ Buatan Situ Gunung
Danau Situ Gunung

Bagi pengunjung, ada wahana yang bisa dicoba sensasinya yaitu naik perahu bambu atau biasa dikenal dengan sebutan perahu rakit. Dengan dipandu wisata, kita bisa menikmati indahnya danau yang luas serta melihat pohon-pohon pinus dari tengah-tengah situ.  Juga bagi yang punya hobi mancing, Situ Gunung ini mungkin bisa dimasukan list sebagai alternative tempat untuk melatih kesabaran memancing.

Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Fakta kedua dari tempat wisata Situ Gunung Sukabumi adalah terdapat jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, yang diberi nama Suspension Bridge Berdasarkan fakta yang ada, konstruksi jembatan gantung ini dibangun mulai tahun 2017. Jembatan gantung ini memiliki panjang 250 meter, lebar 2 meter dengan ketinggian 150 meter.

Pintu masuk Jembatan Gantung Situ Gunung
Pintu Masuk
Jembatan Gantung Situ Gunung
Jembatan yang konon dibangun dengan kayu Ulin asal Papua ini, memberikan sensasi yang luar biasa bagi yang melewatinya. Hanya orang yang memiliki keberanian dan penyuka tantangan adrenalin-lah yang mampu berjalan di atas jembatan tersebut. Tidak jarang banyak pengunjung hanya karena alasan takut ketinggian, harus balik lagi setelah berjalan di atas jembatan itu hanya beberapa meter saja.

Bagi mereka yang takut, tapi tetep ingin mencoba berjalan di atas jembatan gantung itu, tidak perlu khawatir, karena pengelola wisata menyediakan tim pendamping. Bahkan, untuk keselamatan pejalan di jembatan gantung tersebut, pengelola menerapkan standar keselamatan yang professional sesuai SOP. Pokoknya aman deh.

Jembatan Gantung
Jembatan Gantung
Tapi bagi anda yang benar-benar takut,  saya sarankan lebih baik jangan mencoba untuk melewatinya. Dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik menikmatinya cukup dengan berfoto saja di depan pintu masuknya. Lebih aman kan ?

Pohon-pohon besar dan tinggi, serta hijau yang tumbuh di samping kiri-kanan jembatan gantung tersebut,  menambah keindahan dan membuat decak kagum bagi para pengunjungnya. Maka seperti danaunya, jembatan gantung inipun menjadi hotspot favorit untuk dijadikan tempat berfoto, baik berswafoto maupun berfoto bersama keluarga. Untuk yang mau menikah, mungkin cocok juga dijadikan tempat prewedding.

Curug Sawer

Selain ada jembatan gantung, fakta ketiga yang ada di wisata Situ Gunung Sukabumi adalah terdapatnya air terjun alami yang dikenal dengan sebutan Curug Sawer. Curug dengan ketinggian 35 meter ini memiliki air yang jernih, dingin dan seger.

curug sawer wisata situ gunung Sukabumi
Berfoto di Depan Curug Sawer

Untuk tiba di Curug Sawer, pengunjung mesti melewati dulu Jembatan Gantung. Namun, untuk pengunjung yang tidak berani melewati Jembatan Gantung, ada jalan lain sebagai jalan alternative menuju Curug Sawer, yakni jalan setapak yang cukup ekstrem dan tentunya jaraknya lebih jauh.

Selain menikmati keindahan air tenjunnya, pengunjung juga bisa memanfaatkan aliran  sungai yang ada di bawahnya untuk berenang atau merendam kedua kaki hanya sekedar untuk merasakan seger-dinginnya air pegunungan.

Udaranya Sejuk

Udaranya sangat sejuk, mungkin itulah fakta yang keempat yang akan dirasakan oleh pengunjung, saat pertama kali menginjakkan kakinya di tempat wisata Situ Gunung.  Sudah dipastikan pengunjung akan menghirup udara sejuk dan segar, karena tempat wisata Situ Gunung Sukabumi berada di ketinggian 850 MDPL , dan masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna, yang ikut menambah keasrian dan kesejukan dari tempat wisata ini.

Maka harus siap-siap bagi yang tidak kuat cuaca dingin, mesti menyiapkan jaket ataupun pakaian yang agak tebal, untuk jaga-jaga dari kedinginan. 

Baca Juga : Mengenal Sosok Auguste Comte

Mistis “Mbah Jalun”

Ternyata dibalik keindahan, kesejukan, keasrian dan dinginnya cuaca Situ Gunung, tersimpan cerita mistis di balik wisata Situ Gunung Sukabumi ini, yakni cerita “mistis Mbah Jalun”. Menurut beberapa referensi bahwa danau ini dibuat oleh Mbah Jalun atau Rangga Jagad Syahadana, seorang bangsawan Mataram yang merupakan musuh Belanda pada abad 1800-an. Danau ini dibuat sebagai wujud syukur atas kelahiran anaknya yang bernama Rangga Jaka Lulunta.

Cerita Mbah Jalun ini seperti melegenda di kalangan pengunjung local. Namun, cerita Mbah Jalun ini relative  mulai kurang terdengar lagi di kalangan masyarakat, bahkan mistisnya seolah-olah perlahan-lahan hilang.

Dulu ketika masih kecil, saat saya mengunjungi Situ Gunung Sukabumi,  cerita Mbah Jalun itu sangat-sangat melegenda dan nuansa mistisnya sangat kental. Misalnya, ada pengunjung berkata tidak sopan atau menantang langsung keberadaan Mbah Jalun, biasanya suka terjadi sesuatu, contohnya mobil yang dikendarai orang tersebut jadi mogok. Apakah kejadian itu karena kebetulan ataukah benar-benar kutukan, wallahu ‘alam. Yang pasti cerita-cerita seperti itu menyebar di masyarakat sekitar. Termasuk saya kalau berkunjung ke wisata Situ Gunung selalu menjaga sikap dan ucapan karena cerita-cerita tentang Mbah Jalun itu.

Itulah 5 fakta menarik tentang Wisata Situ Gunung Sukabumi yang bisa dijadikan rujukan saat anda berkunjung ke wisata tersebut. Ada yang kurang kalau berwisata ke Sukabumi jika tidak berkunjung ke wisata Situ Gunung.

 



8 komentar:

  1. Saya sempat tinggal setahun di sukabumi karena dinas.. tapi nggak sempet ke destinasi itu :( nyesel juga gak eksplor sukabumi, seringnya ke daerah puncak. padahal bagus ya pemandangannya. anyway mitornya serem juga hihihi

    BalasHapus
  2. Ternyata ada tempat kece di Sukabumi yg belum ku tahu ya, klo lewatin jembatan gantungnya kyaknya aku merangkak deh saking takutnya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih melihat mitos atau cerita itu sebagai kearifan lokal saja ... Mungkin pesan nya harus saling jaga alamnya

      Hapus
  3. Duh sebagai USA alias urang Sukabumi Asli, aku ngerasa insecure nih belum pernah main ke sini. hehe padahal naik motor juga nggak nyampe 2 jam. teu ajak2 sih ameungna. hehe

    BalasHapus
  4. Ih baru tahu situnya buatan, terus jembatannya terpanjang di Asia. Keren juga ☆ Ah, temen-temen banyak sih yang udah ke situ, tapi nunggu partner yang paling tepat ah, ahahaha

    BalasHapus