6 Pelajaran Berharga dari Podcast Deddy Corbuzier Bersama Azka

Konten [Tampil]

Bismillahirrahmanirrahim

6 pelajaran berharga dari podcast Deddy bersama Azka



Siapa yang tidak kenal dengan Selebritas Deddy Corbuzier ? Saya yakin sebagian besar orang pasti kenal dengan yang namanya Deddy Corbuzier. Ia dikenal sebagai seorang Mentalis, Presenter TV, dan sekarang lebih dikenal sebagai seorang Youtuber.

Deddy Corbuzier adalah nama selebritasnya. Ia mempunyai nama asli Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo, Ia lahir di Jakarta pada tanggal 28 Desember 1976. Ia adalah seorang pesulap profesional keturunan Tionghoa.

Seorang Deddy memulai karir di televisi pada tahun 1998, ketika itu Ia menjadi Impresario 008 yang ditayangkan di salah satu televisi swasta. Kemudian Ia mulai terkenal dengan melakukan publisitas sebagai pesulap profesional.

Sejak tahun 2015, julukan sebagai pesulap yang beraliran mentalis ini sekarang tidak lagi dipakainya. Mulai tahun 2014 Ia lebih banyak menjalani kehidupan sehari-harinya sebagai seorang presenter. Bahkan sekarang Ia lebih dikenal orang sebagai seorang You Tuber.

Baca Juga : 7 Tips Menjadi Guru Yang Disukai Siswa

Orang yang pernah menerima Merlin Award untuk Mentalis Terbaik Dunia dua kali berturut-turut ini, sekarang aktif banget nge-podcast atau siniar di channel Youtubenya dengan judul acaranya “Close The Door”. Mau tahu subscribers-nya sekarang berapa ? pada saat saya menulis artikel ini, subscriber-nya sudah mencapai 15 juta lebih. Prestasi yang luar biasa, hanya dalam jangka waktu 2 tahun, sejak 2019 Ia nge-podcast, subscribernya sudah melewati para youtuber yang lebih dulu terjun ke dunia channel youtube.

Dari sekian banyak podcast yang Ia lakukan, ada podcast yang baru-baru ini ditayangkan dan masuk tranding yaitu podcast bersama anak semata wayangnya, Azkanio Nikola Corbuzier. Podcast ini menceritakan bagaimana sedihnya seorang Azka melihat ayahnya, Mas Deddy, yang berjuang melawan covid-19 di rumah sakit. Tayangan podcastnya telah ditonton oleh hampir 6,9 juta penonton, 343 ribu like, dengan komentar 40 ribu.

podcast Deddy bersama azka
Saat Deddy Podcast Bersama Anaknya, Azka
Sumber Gb : Google

Podcast yang berdurasi 33 menit 20 detik ini banyak sekali memberikan pelajaran atau hikmah bagi para penontonnya. Dan berikut 6 pelajaran berharga yang bisa diambil dari podcastnya Deddy Corbuzier bersama anaknya, Azka. Dan saya sarankan siapkan tisu karena di nomor 6, saya pastikan anda akan meneteskan air mata.

1. Orang Sehat Juga Bisa Kena Covid-19

Semua orang termasuk saya sendiri tidak akan percaya kalau seorang Deddy Corbuzier bisa kena covid-19. Bayangkan, Deddy Corbuzier itu seorang pelatih kebugaran, Ia pernah membuat program kesehatan dengan "menciptakan" diet ala Deddy yang dia namakan "OCD" atau "Obsessive Corbuzier Diet" yang berbasis pada teknik Intermittent Fasting digabungkan dengan latihan HIIT (High Intensity Interval Training.

Bukan hanya itu, kita pasti tahu seorang Deddy itu orang penyuka hidup sehat. Masalah makanannya sudah dipastikan terjamin dari segi 4 sehat 5 sempurna. Makanya ketika Ia menghilang selama 2 pekan dari hingar bingar media sosial, lalu muncul dengan pengakuan bahwa Ia terpapar covid-19 dan mengalami badai sitokin, semua orang sulit mempercayainya.

Setelah ada penjelasan Dr. Gunawan yang merawat Deddy Corbuzier, yang menjelaskan bahwa Deddy terkena Badai Sitokin, barulah kita percaya bahwa orang sehat dan bugar seperti Deddy Corbuzier pun bisa kena covid-19.

Dan dari informasi yang saya baca, praktisi kesehatan olahraga dari Slim and Health Sports Therapy, dr Michael Triangto SpKO, Ia menjelaskan kepada detikcom, bahwa olahraga yang terlalu berat bisa menjadi penyebab terkena covid-19 dikarenakan imunitas tubuhnya menurun.

2. Orang yang Tanggung Jawab

Dalam podcast bersama anaknya, Azka, kita bisa merasakan bahwa lelaki yang pernah menikahi Kalina Oktarani ini adalah seseorang yang punya tanggung jawab kepada keluarganya terutama anaknya, Azka. Di saat Ia harus berjuang melawan badai sitokin, Ia sudah mempersiapkan segala sesuatunya buat anaknya, Azka. Mulai dari siapa yang akan mengurusi anaknya setelah Ia meninggal, urusan pendidikannya, kesehatannya, semuanya sudah dipersiapkan, bahkan Deddy sudah mempersiapkan saham untuk kehidupan anaknya.

Baca Juga : Belajar Berbuat Baik dari Film Bajrangi Bhaijaan

Bukan hanya pada anaknya, di saat Ia berada situasi yang bisa membawa pada kondisi hidup dan mati, Deddy Corbuzier masih memikirkan para pembantunya. Ia berpikir, seandainya Ia harus meninggal, siapa orang yang nanti akan memberikan pekerjaan kepada mereka, karena sudah pasti, ketika Deddy meninggal maka semua pekerjanya akan ikut berhenti. Sebutan apalagi kalau bukan orang yang penuh tanggung jawab.

3. Mengajarkan Anak dengan Aksi

Selain pelajaran tentang tanggung jawab seorang ayah kepada anaknya, pada wawancara tersebut juga ada pelajaran bagaimana Deddy mengajarkan anaknya untuk selalu berbuat baik kepada setiap orang, terutama bagi orang yang sangat membutuhkan.

Menurut pengakuannya, Deddy kerap membantu orang-orang yang membutuhkan. Deddy tidak lupa selalu mengajak anaknya, Azka, dalam setiap kesempatannya membantu orang yang membutuhkan. Ia mengajari anaknya langsung dengan aksi, tanpa banyak teori.

4. Mengajarkan Anak Untuk Tidak Bohong dan Tidak Malu Meminta Maaf

Pelajaran positif selanjutnya yang bisa diambil dari podcastnya Deddy Corbuzier bersama anaknya adalah Deddy mengajarkan anaknya untuk tidak berbohong dan tidak malu meminta maaf apabila melakukan kesalahan.

Belajar minta maaf

Deddy memberikan kebebasan yang seluas-luasnya kepada anaknya, tetapi satu yang tidak boleh dilakukan adalah berbohong. Dan Deddy juga mengajarkan anaknya untuk meminta maaf apabila melakukan kesalahan, Ia selalu meminta maaf kepada Azka jika Ia melakukan kesalahan. Menurutnya, minta maaf itu bukan masalah siapa yang lebih tua atau muda, tetapi minta maaf itu adalah bicara kesalahan. Jangan heran kalau anak kita disuruh minta maaf kepada temannya, tetapi menolak, bisa jadi itu karena kita sebagai ayah tidak pernah meminta maaf kepada anaknya, kalau kita salah.

Menurutnya, minta maaf itu bukan masalah siapa yang lebih tua atau muda, tetapi minta maaf itu adalah bicara kesalahan.

5. Pentingnya Dukungan Orang-orang Terdekat

Bagi orang yang pernah berjuang untuk keluar dari covid-19, dukungan orang-orang terdekat sangatlah penting. Bukan hanya imun yang dihasilkan dari obat-obatan yang diminum, tetapi imun yang dihasilkan dari semangat, dorongan, dan doa dari orang-orang terdekat jauh lebih terasa.

Di sinilah peran seorang anaknya, Azka, yang memberikan semangat dan doa buat Deddy Corbuzier, benar-benar dibutuhkan dan dirasakan.

6. Ingin Ikut Meninggal Bersama Papa

Ketika ditanya oleh ayahnya Deddy Corbuzier, kenapa Azka mau merawat ayahnya ? kenapa mau minum memakai gelas yang sama dengan ayahnya ? Bahkan kenapa punya keinginan untuk kena covid-19 juga ? Jawabanya, kalau papa mati, Azka bisa ikut papa.

Kita bisa menggambarkan bahwa Azka seorang anak yang sangat sayang sama ayahnya, Ia belum siap ditinggalkan oleh ayahnya, padahal Deddy sudah mempersiapkan segala sesuatunya apabila Ia meninggal. Ini artinya kebahagian seorang Azka bukan terletak pada kekayaan, tetapi kebahagiaannya ada di cinta dan sayang seorang Deddy Corbuzier.

Dalam tayangan podcast tersebut, Azka beberapa kali mengeluarkan air mata saat ditanya, kenapa takut kalau papa mati ? Ia hanya menjawab belum siap ditinggal ayah.


Mudah-mudahan pelajaran-pelajaran positif dari podcasnya Deddy Corbuzier besama Anaknya, Azka, bisa memberikan hikmah buat kita.

Alhamdulilah…

10 komentar:

  1. Aamiin..

    Suka dengerin podcast juga ya pak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih pilih sih mba, kalau materinya bagus saya pasti tonton

      Hapus
  2. Saya juga terharu banget loh pak nonton podcast nya om Deddy ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun kedua ortu nya broken home, tapi pola asuhnya tidak berubah

      Hapus
  3. Aamiin...
    Kebahagiaan bukan pada kekayaan tapi pada kasih sayang..makasih pak remindernya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, yang diharapkan dua duanya, dengan kekayaan mudah2an bisa muncul kasih sayang, begitupun dgn kasih sayang allah akan memberikan keberkahan

      Hapus
  4. Asli ini podcast terharunya dedy ya, suka sih sama gaya pengasuhannya..smpe anaknya sesayang itu yaa

    BalasHapus
  5. siapa menaruh bawang di sini :'( asli pas liat ini di youtube juga bikin berkaca-kaca, mampir ke ulasan Pak Hamdan pun juga, ah terima kasih telah mengangkat menjadi narasi yang indah untuk dibaca lagi, Pak Hamdan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semuanya dapet pelajaran dari mas deddy ini

      Hapus