90 Hari di Blogspedia Coaching Batch 2

Konten [Tampil]

90 hari di Blogspedia Coaching Batch 2

Sejak teman saya, Yonal Regen, yang juga alumni Kelas Blogspedia menawarkan voucher Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 secara gratis, saya tidak langsung mengiyakan untuk menerima tawaran itu. Saya sempat berpikir, apakah saya sanggup mengikuti kelas itu ? kalau sampai berhenti atau di-kick dari kelas, gara-gara tidak mengirimkan tugas, apakah saya tidak malu nantinya sama yang ngasih voucher ? Apalagi saat teman saya itu memberikan gambaran seperti apa kelas blogspedia itu, terutama dalam mengerjakan tugas-tugasnya, saya semakin takut. Tetapi ketika teman saya bilang bahwa tidak semua orang bisa masuk kelas blogspedia, kemudian banyak ilmu seputar blog yang bisa didapatkan, ketakutan itu akhirnya berubah menjadi sebuah keyakinan.

Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama 90 hari di kelas Blogspedia Coaching Batch 2. Dan tidak terasa sekarang ini kelas Blogspedia Coaching Batch 2 sudah masuk pada tugas akhir. Mau tahu bagaimana banyaknya tantangan selama mengikuti kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini, serta bagaimana kesan terhadap pembimbing kelas, Mbak Maritaningtyas ? Yuk simak cerita saya selama 90 har- mengikuti Kelas Blogspedia Coaching Batch 2

1. Blogspedia Coaching

  • Bangga Menjadi Bagian dari Kelas Blogspedia Coaching Batch 2

Waktu pertama kali masuk kelas Blogspedia Coaching Batch 2, perasaannya biasa saja. Anggapan saya pada saat itu, pasti semua yang menjadi peserta kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini adalah orang-orang baru di dunia blog dan tulis-menulis. Kalau kata teman-teman mah istilahnya newbie atau cupuers.

Ternyata oh ternyata, tebakan dan anggapan saya tentang mereka di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini keliru pisan. Beberapa kali saya lewat ke blog mereka dan singgah untuk membacanya, wowww, banyak di antara mereka yang sudah sering menulis di blog, dan banyak blognya yang menurut saya sudah keren.

Saya sempat minder, bayangkan diantara mereka ada peserta yang alumni Blogspedia Coaching Batch 1 tapi mengulang, ada penulis buku yang pasti dunia tulis-menulis menjadi hal biasa dan mudah, ada narasumber , pelatih, motivator, yang semuanya menurut saya bukan orang-orang yang ecek-ecek. Saya berani katakan bahwa orang-orang yang ada di kelas Blogspedia Coaching Batch 2 mereka semua adalah orang-orang hebat.

Saya bangga bisa menjadi bagian dari Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini, berada di tengah-tengah orang hebat dan berharap kehebatan dan ilmu mereka bisa memberikan inspirasi dan menulari ke dalam diri saya.

@ dr. Taura

 

  • Tugas-Tugas di Blogspedia Coaching Batch 2

Ngomong-ngomong tugas yang ada di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 betul-betul memberikan tantangan. Ada syarat-syarat yang harus terpenuhi dalam setiap tugas yang diberikan, sedikit saja salah dalam menjalankannya, udah siap-siap saja di kick dari kelas. Misalnya setiap tulisan atau artikel yang disetorkan salah satu syaratnya adalah harus memenuhi 800 kata dan itu minimal lho, belum lagi harus SEO friendly, disertai minimal tiga gambar, dan tantangan lainnya ada deadline pengirimannya. Panik nggak ? panic nggak ? ya pasti pasti lah. :D

Alhamdulilah semua tantangan yang ada di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini bisa saya lalui, benar atau salah , memenuhi syarat atau tidak, saya nggak mikir ke arah sana. Yang pasti semua tugas saya selesaikan sesuai kemampuan, dan penilaiannya sepenuhnya saya serahkan pada coach.

Banyak materi-materi yang selama ini saya tunggu, misalnya membuat dropdown, membuat template dan seputar mengulik kode html. Dan itu bener-benr membuat tampilan blog saya yang sekarang jauh lebih menarik dan kren dibandingkan dengan tampilan sebelumnya.

Ada juga beberapa materi yang agak bikin pusing, seperti materi goggle analytic, dan google search console. Dan sepertinya perlu pemantapan lagi.

  • Kesan Terhadap Peserta Blogspedia Coaching Batch 2

Selama 90 hari kita dipersatukan di dunia maya, berinteraksi dan berkomunikasi secara online via whatsapp group. Tapi kita sudah seperti keluarga. Banyak kesan yang susah untuk dilupakan terhadap peserta Blogspedia Coaching Batch 2. Bersyukur bisa ketemu dengan para blogger dengan latar belakang profesi yang berbeda, ada guru, dokter, penulis, pelatih, motivator, dan para Moms yang hebat-hebat.

Bukan hanya profesinya yang berbeda, tetapi dari daerah yang berbeda pula, ada juga yang tinggal di Amerika. Semuanya menyatu seperti semboyan negera kita “Bhinneka Tunggal Ika”

Sekali lagi teman-teman yang ada di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini orang-orang terpilih, bukan mengecilkan teman-teman yang lain, bagi saya peserta yang paling berkesan tentu saja Mas Sugianto, Blogger asal Jember, seorang pegiat sosial, motivator, dan seorang ayah yang hebat buat anaknya. Selain hebat secara personality, alasan lain kenapa paling berkesan karena Ia partner saya dalam satu kesempatan melaksanakan tugas, dan pernah beberapa kali memberi masukan terhadap tugas yang saya kerjakan.

 

2. Tentang Maritaningtyas

Wanita dengan nama lahir Marita Surya Ningtyas ini adalah pemilik blog dengan nama Marita’s Palace, sebuah blog dengan lifestyle. Selain blogger, isteri dari Martin Setiawan ini juga dikenal sebagai penulis yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Penyuka warna hitam dan biru ini memiliki hobi menulis, membaca buku, kolektor buku sekaligus menjual buku, serta penyuka drama-drama korea.

Maritaningtyas
Mbak Maritaningtyas Bersama Keluarga

  • Kesan Pertama

Ibu dari Mayda Hanifa Setianingtyas dan Muhammad Rafanda ini menurut saya gambaran seorang wanita hebat, penuh talenta, pemberi inspirasi dan total dalam sebuah pekerjaan yang sedang digelutinya.

Karakter lain yang saya lihat dari sosok Coach Maritaningtyas ini adalah orangnya sangat disiplin, tegas, tanpa kompromi terhadap alasan yang tidak pasti, juga seorang wanita yang punya target ke depan. Tapi meskipun tegas dan disiplin, Mbak Maritaningtyas juga punya sisi lain yaitu seseorang yang bijaksana. Hal ini saya rasakan saat saya harus menunda dulu memberikan tugas karena alasan harus dirawat di rumah sakit. Beliau dengan bijaksananya mengingatkan kepada saya agar fokus dulu terhadap kesehatan saya.

  • Terima Kasih

Melalui tulisan ini secara pribadi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya buat Coach Maritaningtyas, yang telah menerima saya menjadi peserta di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini. Terima kasih juga buat ilmu-ilmunya yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis, coba bayangkan entah berapa SKS yang harus dibayar jika kelas ini benar-benar kelas berbayar.

Saya beruntung masuk kelas ini, banyak pengetahuan seputar per-blog-an, yang selama ini tidak pernah terpikirkan oleh saya. Awalnya saya hanya menulis saja, sekarang lambat laun mulai berpikir untuk merubah pola pikir saya ke arah profesional. Mudah-mudahan terwujud. Amin.

Coach Maritaningtyas


  • Harapan Kedepan

Harapan kedepan setelah kelas ini berakhir, saya punya keinginan yaitu bisa bersilaturahmi secara langsung dengan semua peserta dan Coach Maritaningtyas, bukan daring seperti sekarang. Dan silaturahminya tidak berhenti hanya di kelas ini.

Semua ilmu yang telah Mbak Marita berikan kepada saya, akan selalu saya ingat, dan semoga menjadi amal baik buat Coach. Terima Kasih.

10 komentar:

  1. Wah, seandainya bisa meet up bareng temen" alumni blogspedia pasti seneng banget yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kalau udah nggak pandemi kita bikin gathering ya mbak, insya Allah :) Seru pasti yaa, ngumpul sambil makan rujak, wkwk.

      Hapus
    2. Amin ...suatu saat bisa terwujud

      Hapus
  2. kalau saya, dari awal masuk udah merasa remahan peyek, pak. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun saat daftar udah TLD, tapi ttep masih newbie...
      Tapi syukur alhamdulilah setelah ikut kelas ini, saya pastikan ada perubahan ...
      Terima kasih semuanya, terutama Coach Marita

      Hapus
  3. Hahaha aku sempet ketawa pak, kepikiran kalau masuk blogspedia pake voucher yang dikasih orang tapi kita dikick karena gak konsisten, lumayan beban mental ya :') tapi alhamdulillah ya pak dah berada di titik ini.

    anyway akupun bersyukur bisa ada di tengah-tengah blogspdia coaching. semuanya hebat tapi humble. huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa masuk lewat jalur khusus, beban moralnya jadi dobel...
      Tapi alhamdulilah banyak pelajaran yg saya dapatkan di kelas ini
      Sukses terus blog nya

      Hapus
  4. Bunda suka cara pak Hamdan bertutur, menunjukkan karakter yang santun.
    Amanlah pak... kita sama-sama cupu alias newbie. hanya beda usia jauh banget... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pelajaran yang saya dapat dapatkan dari kelas ini, salah satunya dari bunda, terima kasih banyak buat semuanya

      Hapus