Sugianto : Blogger dan Pegiat Sosial

Konten [Tampil]

Sugianti selain seorang blogger, Ia juga seorang pegiat sosial yang menginspirasi bagi semua orang


Sudah hampir tiga pekan saya mengikuti kelas  Blogspedia Coaching Edisi ke-2, di bawah pelatih Mbak Marita Ningtyas. Banyak ilmu dan informasi yang saya dapatkan terlebih mengenai hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan dalam pengelolaan blog, agar blog yang kita miliki lebih optimal dan tentu saja lebih menarik. Boleh dilihat blog saya sekarang, setelah beberapa kali mengikuti kelas ini.

Untuk meningkatkan optimasi blog, kelas ini menyampaikan materi tentang Mengenal Basic SEO untuk Optimasi Blog. Sebagai tugasnya, Mbak Marita Ningtyas memberikan tugas yang berbeda dengan tugas-tugas sebelumnya. Biasanya tugas yang diberikan itu dilakukan sendiri, tapi di tugas kali ini, semua peserta diharuskan mencari pasangan alias berpartner dengan peserta lainnya.

Akhirnya untuk menyelasaikan tugas diminggu ke-3 ini, saya harus berpasangan dengan peserta asal Jember, yakni Sugianto.  Setelah saya intip blognya, dan lihat lihat curriculum vitae nya, jujur saya nggak percaya diri. Bukan hanya riwayat berorganisasinya saja yang banyak, tetapi pengalaman kerjanya pun bukan kelas ecek-ecek. Tepatnya Ia bukan hanya seorang blogger tapi juga bisa dikatakan sebagai pegiat sosial juga.

Namun, saya bangga bisa berpartner dengan beliau. Sosok blogger yang aktif juga sebagai pegiat sosial. Pastinya banyak pengalaman dan ilmu yang bisa saya peroleh dari seorang Sugianto. Nah, mau tahu lebih banyak tentang sosok  Sugiato, saya akan coba kupas tuntas di sini.

Lahir di Kota Jember

Sugianto lahir di Kota Jember, Jawa Timur, pada tahun 1986. Terlahir dari pasangan H. Bukhori Muslim dan Hj. Martina, serta memiliki 3 saudara kandung yaitu Budin, Jamila, dan Miatun. Sampai saat ini Ia memiliki dua bidadari cantik yang sholeha, yaitu Adeeva Afsheen Myesha Naufalyn Sugianto dan Balqis Layyina Rafa' Sugianto buah pernikahannya dengan seorang wanita asal Kota Malang, Dewi Rumiati, yang Ia nikahi pada tahun 2015.

Sugianto bersama keluarga besarnya
Foto Bersama Keluarga Besar

Bersama Adeeva Afsheen Myesha Naufalyn Sugianto
dan Balqis Layyina Rafa' Sugianto


Sugianto menghabiskan pendidikannya hampir semuanya di Kota Jember. Setelah lulus dari SMK 2 Jember, Ia sempat melanjutkan pendidikan Diploma, jurusan Manajemen Informatika, Bahasa Pemrograman dan Desain Grafis, dan lulus tahun 2005. Kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Jember, tepatnya di FKIP jurusan Bahasa Inggris, dan lulus tahun 2014. Sekarang Ia aktif sebagai blogger dan pegiat sosial.

Perjalanan Blognya

Perjalanan blognya Sugianto berangkat dari hanya sekedar membaca dan menikmati tulisan orang lain yang ditulis di laman blog. Namun, Ia tertarik ingin merubah dari status pembaca menjadi penulis langsung. Akhirnya Ia membuat dan membangun blog di tahun 2010 dengan niche Bahasa Inggris berbasis blogspot. Namun, karena blog nya tidak optimal, akhirnya ia hapus blog tersebut. Pada tahun 2014 Ia membuat lagi blog dengan platform wordpress yang berisikan literasi. Namun, pada tahun 2020 blog kedua inipun bernasib sama dengan blog pertama. Tetapi Ia membangunnya kembali dengan tampilan yang lebih berbeda.

Blogger yang lahir di Jember
Tahun 2020, Ia ikut kelas blogging. Ia mulai belajar mengotak-atik template, optimasi SEO, ikut gabung komunitas blog, dan kerap ikut blogwalking. Dan di tahun 2021 ini, Ia ikut kelas bersama saya di BlogspediaCoaching sesi 2, di bawah arahan Mbak Marita Ningtyas Baginya tujuan utama membangun blog adalah bisa berbagi pengalaman dan informasi, juga bisa dijadikan media dalam berdakwah secara virtual. Dalam hal membangun blog mungkin tujuannya tidak jauh berbeda dengan saya, tapi jika dibandingkan blognya, blognya lebih bagus dari pada blog aku.  Buktinya, salah satu tugasnya mendapatkan apresiasi dari Coach Marita Ningtyas bahkan mendekati sempurna.  

Ia mengaku bahwa banyak hal seru dan tantangan yang Ia peroleh selama blogging. Mulai dari banyaknya godaan saat menulis, proses editing, penentuan tema tulisan, sampai pada saat harus menghadapi deadline tulisan.

Saat ini ada dua niche yang Ia kembangkan, pertama Literasi, yakni untuk melatih dirinya dalam hal menulis fiksi dan mengembangkan ide. Niche kedua adalah dunia parenting, yaitu untuk berbagi cerita dan pengalaman selama berperan sebagai ayah, dan menulis artikel-artikel sebagai catatan buat pasangan muda.

Sekarang ini Ia mengelola dua blog. Pertama dengan platform wordpress, yang diberi judul Tinta Sejarah, yang dikhususkan untuk membuat tulisan fiksi. Kedua, Blog TLD www.ayahugiparenting.com bertemakan parenting. Alasan memilih tema ini karena terinspirasi saat ikut kelas intensif majelis Lukman hakim bersama ustad Aad dan beberapa kali ikut seminar bersama ayah Irwan Rinaldi. Kedua orang tersebut menggugah Ia untuk ikut ambil bagian dalam mengembalikan peran ayah yang begitu penting dalam keluarga

Blogger dan Pegiat Sosial

Dari rekam jejaknya, Sugianto boleh dikatakan sebagai blogger lama yang telah membangun blognya sejak lama. Hal ini bisa dilihat dari perjalanan blognya yang dimulai sejak tahun 2010, artinya sudah hampir 11 tahun lebih Ia berinteraksi dengan per-blog-an. Apalagi Ia punya basic pendidikan jurusan Manajemen Informatika, Bahasa Pemrograman dan Desain Grafis. Tentunya basicnya itu mendukung sekali dalam pengelolaan blog.

konsen dalam hal kegiatan sosial
Saat Belajar di Agrowisata Batu

Selain aktif di dunia blog, Ia juga dikenal sebagai Pegiat Sosial. Ia sangat peduli terhadap pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia agar lebih unggul. Ia aktif di berbagai organisasi, Ia juga sering menjadi narasumber dalam berbagai pelatihan dan seminar, dan Ia juga dikenal sebagai motivator. 

Organisatoris Hebat

Bicara pengalaman berorganisasi, tidak berlebihan jika saya menyebut sosok Sugianto ini seorang Organisatoris Hebat. Bagaimana tidak. Lebih dari 10 organisasi yang Ia ikuti, baik yang diikuti sejak Ia di bangku sekolah, hingga organisasi di luar sekolah, berikut beberapa organisasi yang Ia ikuti :

  • Ketua IP3 - Ikatan Pemuda Peduli Pendidikan (2009-2011)
  • Anggota FOSMA (Forum Silaturrahmi Mahsiswa) ESQ Lc. Jember
  • President Youth Motivation
  • President Youth Empowerment Solution (YES)
  • President Oksigen Training
  • Bendahara Yayasan At Taubah 
  • Sekretaris Takmir Masjid At Taubah 
Sugianto juga aktif di berbagar kegiatan salah satunya menjadi juri story telling contest
Saat Menjadi Juri Story Telling Contes


Seorang Motivator

Selain dikenal sebagai organisatoris hebat, Sugianto juga dikenal sebagai seorang motivator yang sarat pengalaman. Ia sering di daulat menjadi pengisi dalam acara-acara yang bertajuk penyampaian motivasi. 

Saat menjadi pembicara pada Seminar dan Talkshow
Pembicara pada Seminar & Talkshow
Aktifitas sebagai seorang motivator, Ia jalani karena adanya rasa keprihatinan dalam dirinya terhadap anak-anak di desanya. Ia punya cita-cita agar anak-anak di desanya memiliki semangat untuk belajar dan memperbaiki jalan hidupnya. Sekarang Ia lebih banyak konsen menjadi motivator bagi para pelajar dan mahasiswa. Berikut beberapa catatan saat Ia menjadi motivator dan pembicara dalam berbagai acara

  • Leadership Training OSIS SMPN 2 Sukowono (2011)
  • Leadership Training F-SIAP Fakultas Pertanian Universtitas Jember
  • Motivation Training UKM Kurusetra Fakultas Ekonomi Universitas Jember
  • Motivation Training Universitas Islam Jember
  • Motivation Training 1000 Mahasiswa Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo
  • Motivation Training di Yayasan Pendidikan Islam Al Azhar Jember  
  • Motivation Training Yatim - LAZ Yatim Mandiri Jember
  • Training Pemuda Se Karesidenan Besuki "Sumpah Pemuda" - Islamic Study Club Jember
  • Motivation Training "Be A Champion" OSIS MAN 1 Jember (2011)
  • Achievement Motivation Training LPAI & SMA Negeri 3 Jember
  • Motivation Training "Santri PP Al Mawarits An Nabawiyah" Tanggul - Jember (2016)
  • Motivation Training "Santriwati PP Al Mawarits An Nabawiyah" Tanggul - Jember (2016)
  • Public Speaking Class - Pabriknesia & LAZ RIZKI
  • Motivasi Kewirausahaan "Saminar dan Talkshow bersama Mahasiswa Patani - Thailand di Indonesia" (2019)
Saat Menjadi Pembicara


Aktif di Dunia Parenting

Kehebatan lain dari seorang Sugianto adalah Ia juga konsen dalam dunia parenting. Berawal dari seringnya ikut kelas intensif majelis Lukman hakim bersama ustad Aad dan juga beberapa kali ikut seminar bersama ayah Irwan Rinaldi, kedua tokoh tersebut membuat Ia ingin ikut ambil bagian dalam mengembalikan peran ayah yang begitu penting dalam keluarga. Bahkan, blog yang Ia kelola diberi judul ayahugiparenting. Menurutnya ada hal yang berbeda dari dunia parenting, yakni tentang peran seorang ayah dalam keluarga. Dan berikut beberapa tulisan yang Ia tulis tentang dunia parenting di blognya

  • Keluargaku Surgaku, Anak Investasi Dunia Akhirat
  • Perjalanan Edukasi Keluarga di Taman Safari Prigen
  • The Asian Parent, Platform Parenting Khas Asia
  • Menjadi Ayah Dirindukan Zaman Now
  • Doa Agar Dikaruniai Anak yang Sholih
  • Belajar Parenting dari Pakar Pengasuhan Anak

Sayang Keluarga

Ketika saya jalan-jalan ke blognya  Sugianto, yang diberi judul ayahugiparenting saya sangat berkesan. Didalamnya dipaparkan beberapa artikel tentang bagaimana peran seorang ayah bagi isteri dan anaknya. Ia menceritakan keluarga dan perannya Ia di dalam keluarga. Saya berani mengatakan kalau sosok Sugianto benar-benar sayang keluarga, mulai dari bagaimana Ia menuliskan nama isterinya dengan bidadari, atau menyebut kedua anaknya dengan sebutan sholeha. Bahkan saat saya mewawancari beliau, meskipun mungkin sedikit berseloroh, Ia mengatakan bahwa dirinya sedang melakukan tugas di dapur dan menyuapi anaknya. Bagi saya kalimat itu menandakan kalau Ia benar-benar sayang keluarga, pastinya sayang isteri dan kedua anaknya.
Sugianto selalu menyempatkan waktu untuk keluarganya
saat menemani kedua bidadari cantiknya
Kedekatan dan kehangatan Sugianto bersama keuarga juga bisa kita saksikan dalam unggahan-unggahan foto bersama keluarganya.
Kebersamaan dan kehangatan bersama keluarga
Bersama Keluarga


Demikian catatan saya mengenai sosok Sugianto, yang memberikan inspirasi buat saya pribadi lewat tulisannya. Mudah-mudahan suatu saat bisa bertemu di dunia nyata. Insyaallah. Saya juga mendoakan semoga Sugianto tetap istiqomah menulis tentang dunia parenting. Good Job

Blogger Sugianto, memiliki tujuan mulya dalam membangun blognya. Hanya ada satu tujuan yakni memberikan inspirasi, motivasi kepada orang lain. Kehebatannya bukan hanya di dunia blog yang Maya, Ia juga bermanfaat di dunia nyata sebagai Pegiat Sosial

Bisa dibaca :


14 komentar:

  1. Ternyata yang betul-betul newbie hanya Bunda. Yang lain sdh jago-jago. Apalagi Mas Sugianto. Baca sepak terjangnya... wow... Kerennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini bunda saling pelukan ya. Aku juga newbie kok..

      Hapus
    2. setuju pisan, saya juga nggak PD harus berpasangan sama Mas Sugi, tapi alhamdulilah banyak ilmu dari beliau

      Hapus
  2. Masya Allah.. kenapa blog para bapak-bapak ini lengkap bingits mengulik pribadi partnernya berasa dekat gitu. Kayak udah kenal lama.

    Tatabahasa dan ulasannya kayak udah kenal bertahun-tahun. Inspiring ayahugi. Lanjutkan!

    Tampaknya sudah menuju pro nih ya..
    Termasuk pak hamdan ini. Edukatif sekali isinya. Mengingatkan saya pada guru sosiologi semasa SMA

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah banyak belajar dari Mas Sugi, mudah mudahan ilmu blog nya menular ... he he

      Hapus
  3. Wah hatur nuhun, Kang. Udah ngenalin pak Sugianto dari sisi lainnya. Baru tahu beliau kreatif juga. Lucu lihat warna-warni di pot tadi ^^

    Semangat terus, Kang. Percaya diri yang utama, Ulfah yakin blog ini bakalan sehebat bahkan lebih hebat dari yang lain. Dan bermanfaat itu pasti~

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tetep saya nyebut Teh Ulpah dan Mas Sugi dan lainya jauh levelnya dibandingkan saya ... he

      Hapus
  4. Masha Allah. Di Indonesia ini terkenal fatherless. Aku selalu happy ada bapak2 passionate bidang parenting. Apalagi punya blog. Lebih dari 1 pula. Dan juga jadi motivator.. Semoga tetap menginspirasi untuk semuanya. Keren kak tulisannya :)

    BalasHapus
  5. MasyaAllah.. Pak sugianto di organisasi nya aktif banget,, ampe gak apal aku, saking banyaknya nya wkwkw

    BalasHapus
  6. betul Mbka.. mash banyak organisasi yang ia ikuti

    BalasHapus
  7. Wah, ternyata di blogspedia coaching saya ketemu orang2 hebat, salah satunya Pak Sugianto ini. Banyak banget pengalaman organisasinya, ngga heran apa yg dibagi di blognya jadi keren banget.

    BalasHapus
  8. Ini mah, teman paling baik yang sering ku repoti. Teman ngeblog dan ayah panutan

    BalasHapus
  9. Semakin kesini aku merasa semakin cupu wkwkwkwk udh pada senior bikin blognya. Apalah aku yang cuma bocil sma wkwkwkwk tapi salut sama pak ugi yang tetep haus ilmu meskipun jam terbangnya sdh cukup tinggi. ..

    BalasHapus