Ini Hobiku, Mana Hobimu ?

Konten [Tampil]

Disela-sela kesibukan kita beraktifitas, tidak ada salahnya kita merefresh tubuh dan pikiran kita. Salah satu caranya dengan menjalankan hobi kita. Bagi sebagian orang, mungkin menjalankan hobi itu hanya membuang waktu saja tanpa ada manfaatnya. Tetapi bagi yang suka menjalankannya, termasuk saya pribadi, hobi justru bisa menjadi obat agar tubuh dan pikiran kita yang tadinya capek dan lelah kembali menjadi fit, segar dan bugar. Bahkan, jangan salah ada hobi yang justru bisa menghasilkan penghasilan (uang) 

inilah hobiku

Apa Sih Hobi itu ?

Dikutip dari Wikipedia, hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi dapat diartikan sebagai kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama.

Sangat jelas dari pengertian di atas bahwa hobi itu aktifitas yang dilakukan seseorang di luar pekerjaan utama yang menjadi kegemaran dan bisa membuat senang bagi yang menjalankannya. Orang yang menjalankannya disebut sebagai pehobi.

Ini Hobiku, Mana Hobimu ?

Bicara hobi tentu banyak sekali jenisnya. Ada hobi yang menyehatkan seperti berolahraga, ada juga hobi yang bisa menghasilkan uang, seperti hobi membuat prakarya, berkebun hidroponik di rumah, atau hobi bermain game profesional. Tidak sedikit orang yang sukses hanya dengan menekuni hobi secara serius. Dari hobi bisa menjadi profesi yang menghasilkan cuan.

Anda sendiri hobinya apa ? Kalau saya hobinya lebih banyak yang berhubungan dengan olahraga, entah apa alasannya, yang pasti sejak dulu waktu masih sekolah memang olahraga hobinya. Dan hobi itu sampai sekarang masih dijalani. Berikut beberapa hobi yang saya jalani sekarang ini :

1. Sepak Bola

Hobi nomor satu pastinya sepak bola. Sejak masih sekolah dasar sampai sekarang hobi sepak bola itu masih saya jalankan. Masih ingat waktu sekolah dasar, kalau hujan adalah waktu favorit untuk melaksanakan hobi sepak bola. Sambil telanjang dada, tanpa sepatu alias nyeker, di lapang becek, kita bersepak bola ria dengan temen-temen seumuran. Dan semua itu saya lakukan hampir tiap hari.

Nah, baru setelah masuk SMA, intensitas hobi sepak bolanya mulai berkurang, yang biasanya hampir tiap hari, menjadi paling seminggu dua kali. Sementara sekarang, karena mungkin faktor U, daya tahan tubuh berkurang, serta karena sibuk dengan pekerjaan, hobi sepak bola paling dalam seminggu hanya sekali dilaksanakan.

Karena saya berprofesi sebagai tenaga pengajar (guru) di madrasah, maka hobi sepak bola nya hanya dilakukan bersama-sama dengan satu profesi yaitu guru madrasah, baik di tingkat MI, MTs maupun MA. Agar lebih kelihatan “eksis” maka kami membentuk satu perkumpulan sepak bola khusus guru-guru madrasah, yang kami beri nama dengan Persatuan Guru Madrasah Football Club (PGM FC). 

Persatuan Guru Madrasah (PGM) FC
Persatuan Guru Madrasah (PGM) FC

2. Futsal

Selain sepak bola, Futsal adalah hobi kedua yang sering saya lakukan. Sama halnya dengan sepak bola, futsal pun saya lakukan bersama-sama guru madrasah. Klub PGM FC bukan hanya komunitas untuk sepak bola saja, tetapi futsal pun bagian dari kegiatan dari PGM FC. Seperti sepak bola, futsal hanya dilaksanakan seminggu sekali. Kalau sepak bola dilaksanaka di tengah pekan, sementara futsal biasanya dilaksanakan pada akhir pekan, itupun dijadwalkan di malam hari.

Tapi sayangnya, hobi futsal ini sudah hampir setahun saya tinggalkan karena acaranya selalu bentrok dengan hobi lainnya. Dan rekan-rekan guru lainnya juga lebih sering bermain sepak bola dibandingkan dengan futsal. Kalau pun sedang ingin bermain futsal, paling mengobati kerinduannya dengan bermain futsal bersama-sama pemuda di kampung. 

Futsal PGM 

3. Bulu Tangkis

Untuk hobi yang ketiga yang sekarang saya jalani adalah hobi bermain bulu tangkis. Hobi ini saya jalankan sebagai pengganti hobi futsal yang sudah lama saya tinggalkan. Sebetulnya hobi bulu tangkis sudah saya geluti sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Pernah merasakan main bulu tangkis dengan raket dari kayu.

Sebelum bermain di ruang tertutup (GOR), saya sering bermain bulu tangkis di luar ruangan. Namun sekarang dilakukan di dalam ruangan dan lebih sering dilaksanakannya pada sore hari sampai malam. Kalau sepak bola dan futsal lebih banyak beranggotakan guru-guru, nah kalau bulu tangkis kebanyakan anggotanya berangkat dari para operator di madrasah. 

Baca Juga : Cinta dan Sahabat

Sama dengan sepak bola dan futsal, para operator yang tergabung dalam hobi bulu tangkis ini pun memiliki klub yang diberi nama “PB ASOKA” kependekan dari Persatuan Bulu Tangkis Asal Oyag Kabeh. Filosopisnya adalah Oyag sama dengan bergerak, dan Kabeh sama dengan semua. Jadi kesimpulannya adalah mau mainnya bagus atau tidak yang penting mau bergerak saat bermain, 

PB ASOKA

4. Menulis dan Baca

Hobi menulis ini mungkin hobi yang baru, atau jangan-jangan menulis ini tidak dikategorikan sebagai hobbi. Mungkin hikmah ikut kelas Blogspedia Coaching #2, dan sekarang ikut komunitas The Cupuers, saya lebih punya gairah untuk terus menulis dan lebih kuat dalam membaca. Mudah-mudahan hobi menulis ini berubah menjadi passion seperti temena-temen di kelas Blogspedia dan The Cupuers. Karena menurut temen saya di Blogspedia Coaching, Mbak Hamim, ada perbedaan antara hobi dan passion.

5. Hobi Lainnya

Ada hobi lainnya yang juga saya jalankan, namun hanya sesekali saya lakukan. Hobi itu adalah jalan kaki ke gunung (hiking), dan ngeliwet di pinggir sungai. Cuman kegiatan hobi itu susah sekali saya lakukan karena jarang ada temennya. Kalaupun sesekali dilakukan, itupun hanya bersama-sama alumni. 

Hiking Bersama Alumni ke Situ Gunung Kadudampit

Jalani Hobi, Manfaatnya Apa Sih ?

Setiap kegiatan yang baik pasti ada manfaat di dalamnya. Begitu pun dengan hobi yang sekarang saya lakukan. Berikut 3 (tiga) manfaat dari hobi yang saya jalani.

1. Badan Jadi Sehat

Karena kebanyakan hobi saya berhubungan dengan olahraga, maka manfaat yang saya rasakan dari hobi yang saya lakukan saat ini adalah badan menjadi lebih sehat, persendian lebih nyaman digerakkan, jarang capek, dan badan jadi lebih segar. Bagaimana pun juga, banyak referensi yang menyatakan bahwa olahraga merupakan salah satu bagian dari pola hidup yang sehat dan baik. Nggak percaya ? coba deh punya hobi yang berhubungan dengan olahraga.

2. Menjalin Silaturahmi

Manfaat kedua yang saya rasakan dari menjalani hobi selama ini adalah kita bisa menjalin silaturahmi. Menguatkan tali persahabatan yang sudah dijalani, dan juga menjalin silaturahmi dengan orang-orang baru yang menjadi lawan pada saat menjalankan hobi tersebut.

Yang lucunya dari hobi yang kita lakukan bersama temen-temen, kita punya prinsip “Nggak Kren Kalau Menang”, artinya kita bukan mencari kemenangan, tetapi kebersamaannya. Dan prinsip kedua, mainnya nomor sekian, yang penting bisa berfoto bareng. 

PGM FC

Saya punya pengalaman, pernah bertemu dengan sahabat yang sudah lama tidak berjumpa, akhirnya dipertemukan di lapangan saat melaksanakan sparing sepak bola dan futsal.

3. Ajang Diskusi

Permasalahan di sekolah banyak sekali, seperti kendala pada penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan di sekolah. Kendala dan hambatan ini kemudian dibawa pada saat ketemu di lapangan. Dan tidak sedikit, kendala-kendala yang dibawa bisa diselesaikan di lapangan saat menjani hobi tersebut.

Atau saya sering ngajak para alumni untuk bertukar pikiran dalam diskusi kecil saat hiking dan ngeliwet bareng, dari diskusi kecil itu sering muncul ide-ide kreatif dari para alumni, yang tujuannya tentu saja untuk memajukan almamaternya. 

Itulah beberapa hobi yang saya jalani dan manfaatnya yang dirasakan. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi bagi anda. Sekarang tinggal anda menyebutkan apa saja hobi kalian. 

.... Selama hobi itu bermanfaat maka lakukan, tapi sebaliknya jika mengganggu dan tidak berfaedah segera hentikan ....

Baca Juga : 6 Pelajaran Berharga dari Podcast Deddy Corbuzier Bersama Azka

28 komentar:

  1. Sesungguhnya sampai sekarang aku masih bingung bedanya sepak bola n futsal. Why mereka beda? Sama2 balbalan kan paakkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mom Palupi, voli juga pakai bal hayoo wkw.. takraw juga pake bal wkw..

      Hapus
    2. Beda dari jumlah pemainnya, ukuran bola yg digunakan, ... Yang bikin pusing yah , bola satu diperebutkan ...he ha ha

      Hapus
  2. Menjalankan hobi juga bagian dari self healing, metime. Karena ketika melakukan sesuatu yang kita suka, pastilah kita merasa nyaman, bonding dengan kegiatan itu sendiri.

    BalasHapus
  3. most of hobby pak hamdan adalah sport. keren kali pak! apakah dari hobi pak hamdan sudah ikut turnamen-turnamen pak? :D
    btw, nama klub bulu tangksinya lucu pak, asal oyag kabeh wkwkw
    tapi ema g bener, bulu tangkis kan lari sana sini ya..

    BalasHapus
  4. Ehe, saya suka quotenya, Pak, "yang penting kebersamaan dan foto bareng," :D. Momen-momen yang nggak bakal tergantikan ya, Pak...

    BalasHapus
  5. Kadang ada temen, yang datang ke lapang hanya untuk berfoto aja,,, lalu pulang ... :D he

    BalasHapus
  6. Sudah lama saya tidak pernah olah raga, apalagi yang berhubungan dengan bola. Semenjak tertabrak mobil dulu dan kakinya patah, dari situ hampir semua jenis olah raganya stop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masih banyak olahraga yang bisa dilakukan,,💪

      Hapus
  7. Ternyata hobi pak Hamdan banyak juga ya. Paling saya olahraga mulut pak. Ngomel2 jika dirumah ada hal yg tidak pas. Hhhe, just kidding pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus juga ...itu kan olahraga mulut, bagus buat kesehatan wajah .... He he

      Hapus
  8. Hobi yang sama cuma baca aja, kalau nulis kebetulan aja suka wkwkw
    Wah enak nih ngliwet di pinggir sungai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalau baca juga, saya sukanya berita olahraga,,, hanya skrg ada dorongan buat baca yang lain

      Hapus
  9. Di Batam jarang banget lihat sepak bola, tapi yang menjamur itu lapangan futsal. Bewh bapack-bapack sesibuk apapun teteup bisa futsal yak. Emak-emak mo ke toiket dengan tenang aja syukur banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak emaknya kudu sabar kalau liat para suaminya udah gila sama hobinya ... Ha ha ha

      Hapus
  10. Wah keren pak hamdan .hobinya olah fisik. Ini investasi lho pak. Salut saya .

    Dan olahraga adalah salah satu hobi yang sanhat bisa jadi profesi bagi yg serius menekuni hingga tingkat nasjonal bahkan internasional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita mah lebih ke fun ngejalanin hobi ini ... He he ...

      Hapus
  11. Hobiku sampai saat ini masih baca pak :D tapi bacaan fiksi..wkwkk
    Btw, keren pak hobinya kebanyakan berhubungan dgn bola dan fisik ya :D semangat terus pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hobi baca juga bagus,, alhamdulilah setelah ikut komunitas ini, saya jadi ada dorongan utk rajin baca

      Hapus
  12. punya hobi salah satu buat melepas stress ya pak, lumayan lah but cari semangat baru

    BalasHapus
  13. Olahraga itu salah satu investasi masa depan ya, Pak. Ringan aja yang penting rutin supaya badan terbiasa bergerak jadi gak gampang lelah

    BalasHapus
  14. Di tengah kesibukannya, Pak guru satu ini terus menginspirasi, kali ini dengan hobinya yang keren. Kejutan apa lagi ini besok?

    BalasHapus
  15. Masya Allah pak, semangatnya luar biasa sekali yaa pak..
    Saluut banget. Walaupun ditengah kesibukan mengajar, hobi tetap harus dijalankan yaa, biar hidup berasa sedang di refresh hehehhe

    BalasHapus