Selamat Hari Blogger Nasional : Ini Yang Kulakukan di Hari Blogger

Konten [Tampil]

Masih ungkapan kebahagiaan dari apresiasi terhadap perayaan hari blogger Nasional, kali ini saya hanya ingin berbagi cerita tentang caraku mengisi acara tepat di hari blogger Nasional ini. 

Selamat Hari Blogger Nasional, Ini yang Kulakukan

Meskipun masih dibilang blogger cupu alias blogger pemula, tetapi saya bisa ikut merasakan kebahagiaan dengan adanya hari blogger Nasional ini. Sama seperti para blogger lainnya, saya pun punya cara sendiri untuk mengisi di hari spesial bagi para blogger ini.

Sejarah Awal Mula Hari Blogger Nasional

Mengutip dari laman https://www.maxmanroe.com/ bahwa sejarah awal mulanya hari Blogger Nasional itu sebenarnya dikenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober. Pada tanggal 27 Oktober 2007, bisa dibilang sebagai tonggak ditetapkannya Hari Blogger Nasional. 

Pada acara tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika yang saat itu dijabat oleh Bapak Muhammad Nuh membuka sebuah acara yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak saat itu, Beliau mencanangkan bahwa pada tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. 

Sejak adanya even tahunan itu, perkembangan blogger dari waktu ke waktu semakin berkembang pesat. Banyak bermunculan blogger-blogger baru yang turut meramaikan perblogan di Indonesia. Yang awalnya hanya berfokus pada sarana untuk curhat saja, sekarang banyak blogger yang berorientasi pada profit, dan itu sah-sah saja. 

Bapak Blogger Indonesia
Bapak Blogger Indonesia

Bicara hari Blogger Nasional tentu tidak bisa dilepaskan dari sosok yang bernama Enda Nasution. Dialah yang pertama mulai mempopulerkan dunia blogging di Indonesia pada sekitar tahun 2001-an, sehingga dunia blog di Indonesia pada hari ini semakin ramai dan menjadi trend. Tidak heran, sosok yang lahir di Bandung yang menjadi pioneer dunia blogging Indonesia ini mendapatkan title sebagai bapak blogger Indonesia

Baca Juga : Selamat Hari Blogger Nasional : Saya Bangga Menjadi Blogger !

Hari Blogger Nasional Dimataku

Dimataku hari blogger Nasional itu punya makna tersendiri. Saya sendiri sebagai blogger pemula merasa bangga. Bagaimana tak bangga, aktifitas kita sebagai blogger diberi apresiasi dengan diberikan hari peringatannya. Apalagi para blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia perblogan, pasti rasa bangganya jauh lebih besar dari para blogger cupu seperti saya.

Selain itu, dengan adanya hari peringatan blogger Nasional ini, kita sebagai blogger jadi lebih termotivasi untuk terus menulis, menulis dan menulis. Memberikan informasi yang bermanfaat meski hanya 300 kata atau lebih yang kita tulis. Atau mengulas personaliti kita sendiri untuk memberikan cerita yang inspiratif bagi pembaca.

Yang Kulakukan di Hari Blogger Nasional

Di hari Blogger Nasional, tentu para Blogger punya cara tersendiri untuk mengisi di hari special tersebut. Beda blogger, beda pula cara mengekpresikannya. Begitupun dengan saya sendiri, punya cara berbeda dengan Blogger lainnya. Untuk mengisi kebahagiaan di Hari Blogger Nasional, ada beberapa kegiatan yang saya lakukan. Mulai dari menulis dengan tema Hari Blogger Nasional, membuat template yang bertemakan hari blogger juga, sampai pada menyusun rencana ke depan. 

Aktifitas di Hari Blogger Nasional

1. Menulis Bertemakan Hari Blogger Nasional

Kegiatan pertama yang saya lakukan untuk mengisi Hari Blogger Nasional adalah menulis artikel yang tentu saja bertemakan Hari Blogger Nasional. Ada dua artikel yang saya tulis di Hari Blogger Nasional ini, yang pertama diberi judul “Selamat Hari Blogger Nasional : Saya Bangga Menjadi Blogger” dan tulisan kedua ini saya beri judul “Selamat Hari Blogger Nasional : Ini Yang Kulakukan di Hari Blogger”. Tulisan kedua ini, tadinya mau saya ikutkan di event seru-seruan bareng Blogspedia Challenge yang diadakan oleh MomBlogger, Maritaningtyas, namun sayang tidak jadi karena satu dan lain hal.

2. Membuat Template Bertemakan Hari Blogger

Selain menulis, cara untuk mengisi di Hari Blogger Nasional ini, saya membuat template atau gambar yang bertemakan Hari Blogger Nasional. Pastinya kalimat yang saya tulis adalah bentuk nyata kebanggaan saya sebagai blogger, meski masih berpredikat sebagai Blogger Pemula alias cupu.

Saya Bangga Menjadi Blogger

Agar lebih mengenalkan tentang perkembangan dan trend blogging ke masyarakat luas, template atau gambar yang saya buat tadi, saya bagikan di media sosial sebagai kampanye dengan tujuan selain untuk memperkenalkan saya secara personality, juga untuk mengenalkan dunia blog kepada masyarakat luas, betapa besar manfaatnya ketika kita menulis di blog.

3. Menyusun Rencana

Meski membuat akun blognya sudah lama, tetapi baru setahun ini kegiatan menulis agak lebih aktif. Hal ini karena setelah ikut tantangan selama 3 bulan di Blogspedia Coaching Batch 2 dibawah Coach Maritaningtyas, dan mendapat undangan untuk ikut tantangan di komunitas The Cupuers.

Ada banyak perubahan setelah saya ikut gabung di dua tantangan tersebut, mulai dari tampilan blog yang sedikit lebih rapi, tertata dan menarik, sampai keaktifan untuk menulis semakin terasa. Lagi-lagi masih banyak PR seperti yang saya ungkapkan pada tulisan sebelumnya.

Namun, ada beberapa rencana ke depan yang mudah-mudahan bisa terwujud. Mulai meningkatkan SEO nya, lebih tajam dan menarik dalam kontennya, ikut tantangan lainnya, dan mulai ada keinginan untuk profit oriented.

Baca Juga : Ini Hobiku, Mana Hobimu ?

Itulah yang kulakukan untuk mengungkapkan rasa bangga sebagai blogger di Hari Blogger Nasional. Semoga lebih termotivasi untuk melakukan perubahan. Sekarang giliran anda untuk menyampaikan apa yang dilakukan di Hari Blogger Nasional ini. Selamat Hari Blogger Nasional.

11 komentar:

  1. Selamat Hari Blogger Pak, semoga makin sukses nge blog nya.

    BalasHapus
  2. Kepopuleran bloger masih kalah dengan youtuber. Ini tantangan buat kita para bloger. Kecintaan generasi milenial akan dunia literasi, makin menipis...

    BalasHapus
  3. Baru tau banget ada sosok Enda Nasution sebagai bapak blogger Indonesia. Kerenlah, serasa punya presiden tersendiri

    Selamat hari blogger, brother

    BalasHapus
  4. Hari blogger tahun keduaku kemaren ikutan short course blogger. Dengan adanya hari blogger artinya keberadaan blogger bener-bener diakui ya..

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Blogger Nasional Pak Hamdan :D saya jadi bersemangat setelah melihat kalimat Pak Hamdan " Tuliskan kalimat bermanfaat setidaknya 300 kata untuk para pembaca." Siap Pak Guru, memotivasi sekali :D Semangat selalu Pak Hamdan :D

    BalasHapus
  6. Kemarin ada temen abis ikut kelasnya bapak blogger Indonesia :( super envy aku. Btw, aku bangga bgt sih ada hari bloger ini. Betasa bgt antar bloger gt jd lebih kekeluargaan ya. Semoga semua impian dalam dunia blog tercapai ya pak aamiin

    BalasHapus
  7. semoga makin sukses ya pak guru, aku pun belajar low profile macam pak guru yang keren ini hehehe

    selamat hari blogger, kita bertumbuh bersama ya pak guru di satu perguruan yang sama heheheebtw ini juga aniv pertamaku. jadi blogger hhee

    BalasHapus
  8. Pak Hamdan aktif sekali ya sebagai blogger. Sehari bisa nulis lebih dari satu artikel. Betul-betul produktif. Btw, selamat hari blogger nasional pak!

    BalasHapus
  9. Bloger cupu bukan berarti nggak ada peningkatan yaaa.. tapi sebagai pengingat untuk selalu mengosongkan gelas dan terus belajar... tapi harus tetap ada target tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

    Keep writing, sharing and blogging, Pak Hamdan :)

    BalasHapus
  10. Selamat hari bloger Pak Guru, sukses selalu, semoga makin banyak manfaat yang bisa dibagikan lewat blog. :)

    BalasHapus
  11. Tahun ini kelewat nggak ikut memeriahkan hari blogger, padahal udah niat mau nulis sekalian tentang sumpah pemuda. Sok sibuk...heheheh

    BalasHapus