Selamat Hari Blogger Nasional : Saya Bangga Menjadi Blogger !

Konten [Tampil]

Selamat Hari Blogger Nasional

Tahukah anda kapan hari blogger nasional itu diperingati ? atau jangan-jangan anda tidak tahu kalau ada hari blogger nasional. Yah, saya sendiri baru tahu dari temen-temen komunitas blog, ternyata ada tanggal yang ditetapkan sebagai hari blogger nasional. Yang pasti dengan adanya hari blogger ini, bagi saya sendiri bisa memberikan rasa bangga dan motivasi untuk terus berliterasi dengan tidak berhenti untuk selalu menulis di blog. Kalau meminjam istilah My Coach, Mbak Marita Ningtyas, Jangan ngaku blogger kalau tidak pernah menulis.

Hari Blogger Nasional

Ternyata hari blogger nasional itu ditetapkan setiap tanggal 27 Oktober. Dikutip dari https://tekno.kompas.com/, Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu.

Masih dikutip dari laman yang sama, bahwa para blogger diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat, bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata. Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Baca Juga : Ini Hobiku, Mana Hobimu ?

Manfaat Ngeblog

Tadi udah saya sebutkan di atas bahwa banyak banget manfaat yang bisa dirasakan oleh para blogger. Misalnya, saya sendiri udah bisa merasakan manfaat dari ngeblog ini. Pertama, bisa mencurahkan isi pikiran ke dalam tulisan. Yang selama ini hanya ada dalam pikiran, dengan memiliki blog, semua isi pikiran itu saya tulis di blog saya pribadi, lalu saya publis.

Karena saya berprofesi sebagai guru, maka bukan hanya isi pikiran saja yang saya tulis di blog, tetapi materi-materi pelajaran yang saya ampu, semuanya saya tulis di blog. Sehingga ada kemudahan dalam mengakses materi pelajaran, bukan hanya untuk saya sendiri, tetapi juga buat para siswa.

Manfaat kedua yang saya rasakan dari ngeblog ini adalah bisa menambah pertemanaan. Dengan ikut komunitas blog, saya jadi punya banyak teman baru. Teman baru saya sudah lintas domisili, berbeda provinsi, berbeda generasi, bahkan ada satu teman yang sekarang tinggalnya di USA. Semua itu pengalaman baru buat saya.

Manfaat Ngeblog

Bukan hanya sekedar teman, dengan ikut komunitas blogger, kita bisa saling berbagi informasi, berbagi pengetahuan baru, saling curhat masalah blog. Yang jelas ada dan punya keluarga baru, meskipun sampai hari ini, hanya satu orang yang sudah tahu sosok aslinya, he he .... itupun karena rekan kerja,  yang lainnya baru lihat dari foto maupun  video. 

Sementara memanfaatkan blog untuk bisa menghasilkan cuan, sepertinya saya masih harus terus belajar dan mengembangkannya. Masih perlu sharing bersama temen-temen dan menambah ilmu tentang pengelolaan serta conten yang lebih menarik lagi. PR kedepannya adalah membuat template yang lebih menarik, membuat konten blog yang banyak dicari, meningkatkan SEO, dan harus ikut komunitas-komunitas menulis lainnya agar ada tantangannya.

Baca Juga : Cinta dan Sahabat (Part II)

Bangga Menjadi Blogger

Jika dihitung sejak tanggal ditetapkannya sebagai hari blogger, berarti hari blogger nasional ini sudah memasuki tahun yang keempat belas. Saya bangga menjadi blogger, meskipun masih jauh pisan dengan para blogger lainnya.

Ada rasa bangga ketika tulisan kita dibaca orang-orang, ada komentar-komentar yang ditinggalkan di kolom komentar. Atau yang lebih membahagiakan dan apresiatif adalah tulisan kita dishare ke orang lain, dan dijadikan referensi untuk tulisan lainnya.

Selamat Hari Blogger Nasional. Aku Bangga Menjadi Blogger. Menulis, menulis dan menulis.

31 komentar:

  1. I proud to be a blogger too,brother.
    Semoga setiap tulisan kita memberikan kemanfaatan dalam keabadiannya

    BalasHapus
  2. Meskipun saya masih pemula, belum tinggi jam terbang di dunia blog, tapi saya bangga dengan usaha dan apa yang sudah saya bagikan sejauh ini. Semoga semua menjadi manfaat yang berkah ya, Pak..

    BalasHapus
  3. Ini kali kedua aku merayakan hari blogger pak, sebelumnya mah mana tau ada hari blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat saya, ini tahun pertama ikut merasakan hari blogger

      Hapus
  4. Semoga makin berjaya di dunia pendidikan sekaligus blogger, Pak Hamdan :D menginspirasi sekali... Selamat Hari Blogger juga Pak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...mudah mudahan apa yg kita tulis bermanfaat

      Hapus
  5. selamat hari blogger pak guru, ini adalah pertama. kalinya aku merayakan euforia jadi blogger emang beda ya kalo kita punya blog merawat dan berkecimpung di dalamnya rasanya kayak para blogge rtuh saudara kita semua hahahaha

    keren pak guru dg kesibukan di sekolah baik mengajar ataupun lain masih menyempatkan untuk ngeblog inspiratif pak

    BalasHapus
  6. Aku juga merasakan manfaat ngeblog nambah pertemanan dari seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  7. Selamat hari nlogger juga yaa pak,,,
    Aku juga bangga, walaupun gak serajin orang² nulisnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ... Masih tergantung mood nulisnya :D

      Hapus
  8. Selamat hari blogger nasional Pak Guru!
    Semoga belum terlambat hihi.. Teruslah ngeblog dan menjadi inspirasi kami para murid untuk ikut ngeblog juga.
    Angkat saya jadi murid ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih jadi murid dari para blogger hebat ... He he

      Hapus
  9. Saya bangga jadi bloger. Saya bahagia bisa berbagi. Semangat untuk para bloger....

    BalasHapus
  10. Saja juga bangga jadi blogger. Walau masih pemula dan jalannya masih merangkak, namun bligging itu mengasyikkan dan selalu ada sesuatu yang baru, yang membuat antusiasme juga meningkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ngeblog itu mengasikan .. sayang saya masih sering write block

      Hapus
  11. Saya juga bangga menjadi blogger karena selain bisa mengisi waktu luang dan bisa menghasilkan uang hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bunda yang satu ini mah udah layak disebut blogger pro ... He

      Hapus
  12. Meski blog saya belum menghasilkan cuan, heheheh
    Tapi mudah-mudahan sudah memberikan manfaat buat orang lain selain buat diri sendiri tentunya.
    I'm proud to be a blogger too

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah mudahan tulisan kita bisa memberi inspirasi dan bermanfaat

      Hapus
  13. Toss pak Guru, selamat hari blogger juga yaa..
    semoga makin sukses utk blog dan kariernya

    BalasHapus
  14. Selamat hari blogger juga pak..
    Semoga tulisan" kita kedepannya bisa menjadi warisan terbaik untuk semuanya :D

    BalasHapus
  15. Selamat hari blogger,menulis adalah legacy terbaik karena bicara itu sementara, menulis abadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah ... Bener banget, tulisan itu abadi,,kadang kadang kalau bicara suka lupa

      Hapus
  16. sepertinya ini pertama kali mampir ke blognya ya pak hihi, salam kenal pak guru, terima kasih untuk sharingnya. semoga dengan menulis kita bisa membagikan ilmu lebih luas lagi, selamat hari blogger (telaaat)

    BalasHapus