5 (Lima) Rencana Blog Plan di Tahun 2022

Konten [Tampil]

blog plan 2022

Keinginan saya untuk konsisten dalam menulis di tahun 2021 masih turun naik, jumlah tulisan setiap bulannya masih tidak sama. Bahkan, sesekali menulis itu hanya untuk memenuhi kewajiban saja sebagai syarat agar tetap aman dan berada dalam sebuah komunitas.

Situasi seperti itu kayaknya mesti saya ubah di tahun 2022. Apalagi saya harus bisa keluar saat menemui jalan buntu dalam menulis, dan itu beberapa kali terjadi di tahun 2021. Ada beberapa tulisan diblog saya, yang menurut saya pribadi antara judul, isi dan penyampaian narasinya kurang ok.

Sebagai alumni Blogspedia Coaching Batch 2, rasa-rasanya malu kalau keadaan seperti itu masih terjadi. Saya masih ingat apa yang disampaikan Coach Marita Ningtyas, seorang blogger itu harus memiliki tujuan yang jelas dan memiliki rencana yang matang tentang tema yang akan ditulis, saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini, kita sudah punya daftar tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian.

blog plan 2022

Jawaban dari semua itu ternyata adalah seorang blogger itu kudu punya rencana dalam menulis atau yang disebut dengan blog plan. Berikut blog planku di tahun 2022.

1. Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Dikutip dari lamannya Coach Mbak Marita, pengertian dari blog plan adalah perencanaan blog. Maksudnya adalah merencanakan konten/artikel blog dalam jangka waktu tertentu. Sementara ruang lingkupnya meliputi, tujuan yang ingin dicapai, niche/kategori tulisan, jadwal posting dan membuat outline

2. Manfaat Blog Plan

Awalnya saya tidak pernah pernah mendengar istilah blog plan. Pertama kali dengar istilah blog plan ya di Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini. Karena selama ini saya kalau menulis itu seperti mengalir saja, kalau ada ide dan ingin menulis yah saya langsung tulis. Tapi kalau lagi malas, apalagi tidak ada jadwal rencana untuk menulis, ya sudah tidak ada artikel yang ditulis.

Baru setelah ikutan kelas Blogspedia Coaching Batch 2, baru sadar ternyata seorang blogger itu harus memiliki blog plan, karena manfaatnya luar biasa banyak. Berikut manfaat apabila kita membuat blog plan

a. Membantu Teratur dan Konsisten Posting

Membuat jadwal posting akan membantu kita lebih teratur dalam update blog; apakah 1 hari 1 post, 3x per week, dsb

b. Merencanakan Konten yang Seimbang

Jika di blog kita ada lebih dari 1 niche/ kategori, dengan membuat perencanaan di awal, kita bisa menyusun jadwal konten masing-masing kategori secara bergantian

c. Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca

Ketika blog tak lagi sekedar hobby, namun juga tempat berbagi, tentunya kita harus memperhatikan jenis konten apa yang disukai pembaca. Content plan membantu keyword research.

d. Tandai Hari-hari Spesial

Dengan perencanaan konten, kita bisa menyesuaikan postingan dengan hari-hari besar/ perayaan-perayaan tertentu

e. Memilih Ide Terbaik

Content Plan membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan dieksekusi terlebih dahulu

f. Tidak Ada Alasan Buntu Ide

Ketika tema-tema yang akan kita tulis sudah ada dalam genggaman, tidak ada alasan buntu ide saat proses ngeblog.

g. Mencari Postingan Lebih Cepat

Jika kita juga mencatat link postingan yang sudah tayang di dalam content plan yang kita buat, kita bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah.

h. Menghemat Waktu

Saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini, kita sudah punya daftar tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian

Baca Juga : Ingin Ngeblog Lebih Terencana dan Terarah, Ayo Buat Blog Plan !

3. Blog Planku di Tahun 2022

Beberapa tantangan yang saya hadapi dalam menulis adalah buntunya ide, niche tulisan masih campur-campur, dan yang paling terasa inkonsistensi dalam menulis. Semoga di tahun 2022 nanti, beberapa tantangan tadi bisa dilewati dengan baik, tentunya dengan blog plan yang lebih terencana. Berikut blog planku di tahun 2022.

blog plan 2022

a. Meningkatkan Konsistensi Menulis

Inilah penyakit pertama yang harus segera diselesaikan yaitu konsistensi dalam menulis. Jujur entah karena selalu bentrok dengan tugas yang lain atau apa, saya belum konsisten dalam menulis. Kadang seminggu sekali, dua minggu sekali, atau bahkan kalau moodnya lagi bagus, menulis bisa dua kali dalam seminggu.

Mudah-mudahan di tahun 2022 nanti saya lebih konsisten, dengan menyusun rencana menulis tiap pekan. Saya akan bikin semacam jadwal per bulannya, mulai dari tema dan batas waktu selesainya.

b. Ikut Komunitas Yang Ngasih Deadline

Ketika ikut Blogspedia Coaching untuk menulis itu sepertinya mudah, bahkan untuk nulis 800 kata itu tidak sulit. Ternyata kuncinya ada tantangan di dalamnya, ada deadline tugas penulisan, dan ada punishment bagi yang melanggarnya yakni di kick alias dikeluarkan dari komunitas.

Artinya dari semua itu saya harus mencoba ikut komunitas-komunitas lain yang di dalamnya ada rule yang ketat, sehingga ada dorongan untuk terus bisa bertahan dengan tak berhenti buat nulis. Harapan saya di tahun 2022 rencana itu bisa terwujud.

c. Fokus Pada Materi Belajar

Sejak awal memang saya ingin fokus di materi ajar sosiologi untuk konten blog saya. Selain saya ngajar pelajaran sosiologi, juga karena outline temanya sudah jelas. Saya mulai berpikir kenapa nggak fokus di tema tentang bahan ajar mata pelajaran sosiologi untuk MA atau SMA saja.

Tahun 2021 kemarin saya punya target untuk bisa menyelesaikan semua materi sosiologi, baik kelas 10, 11 dan 12, agar bisa di publish di blog, namun target itu meleset. Nah, mudah-mudahan target tahun kemarin yang belum bisa diselesaikan, bisa di publish semuanya di tahun 2022 ini.

d. Mengatur Waktu

Tugas utama saya adalah mengajar anak-anak. Jadi mengatur waktu adalah hal yang harus diperhatikan juga. Tahun kemarin benar-benar susah mengatur waktu, banyak pekerjaan yang incidental, dan semuanya di luar prediksi.

Tahun 2022 ini saya akan berusaha mengatur waktu, kapan waktunya nulis di blog, dan kapan menyelesaikan tugas utama saya. Kalaupun ada tugas yang sifatnya kayak tahu bulat yaitu dadakan, saya akan berusaha mengatur waktunya seefektif mungkin.

e. Harus Sering Baca

Rencana ngeblog saya di tahun 2022 nanti, harus menambah waktu untuk berliterasi yaitu baca, terutama baca blog temen-temen. Dengan baca blog temen-temen berharap akan muncul ide atau tema tulisan. Dua bulan terkakhir kemaren, saya benar-benar berada pada situasi mentok ide, salah satu faktornya tidak ikutan blog walking (BW).

Itulah 5 hal yang akan menjadi Blog Planku di tahun 2022. Semoga lancar dan tak ada halangan, sehingga terwujud sesuai harapan. Saya selalu ingat ucapan Coach Marita, jangan ngaku blogger kalau nggak nulis.

Baca Juga : Ngeblog dan Bikin Buku Digital Elektronik

1 komentar:

  1. euh mantep blog plannya.
    Masalah mengatur waktu,11 12 lah. Sama, saya pun mengalami kesulitan dalam hal itu

    BalasHapus