Begini Ngabuburit Ala Pesepak Bola Nasional

Konten [Tampil]

Ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman. Selain itu, kegiatan ngabuburit juga dapat berupa kegiatan keagamaan seperti mendengarkan ceramah ataupun mengaji. 

Ngabuburit pesepak bola nasional

Kegiatan ngabuburit ini hampir dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Mulai rakyat biasa, pejabat, artis, anak-anak, hingga para atlit seperti pesepak bola pun ingin juga merasakan ngabuburit ini.

Lalu bagaimana para pesepak bola Nasional dalam mengisi ngabuburitnya ? Berikut cara ngabuburit ala pesepak bola nasional.

Alfath Fathier

Alfath adalah pemain yang musim 2021/2022 lalu bermain untuk klub Ibu Kota, Persija. Ia melalukan latihan mandiri di rumah untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Dalam latihan mandirinya, Ia menerima langsung porsi latihannya dari sang pelatih.

Selain berlatih mandiri, pemain yang menjadi andalan Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2018 lalu itu, juga mengaku mengisi waktu luang dengan bermain game FIFA 20.

Puja Abdillah

Pemain Persib Bandung yang satu ini punya cara tersendiri untuk mengisi waktu menunggu adzan magrib alias berbuka puasa. Ngabuburit yang dilakukan Puja adalah melakukan joging dan bermain bola bersama teman-temannya di sekitar rumah. Selain bermain bola, Puja sesekali menjalani kegiatan latihan mandiri sambil menyaksikan anak-anak bermain layangan sore hari.

Dedi Kusnandar

Sama seperti Puja Abdillah, Dedi Kusnandar juga merupakan punggawa andalan dari Klub Sepak Bola Asal Jawa Barat, Persib Bandung. Tapi dalam hal ngabuburit, pemain yang biasa dipanggil dengan nama Dado ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Puja. Ia lebih memilih rutinitas membaca Alquran untuk mengisi waktu menjelang berbuka.

Tak hanya itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini, selain ngabuburit dengan tadarus al-Quran, Ia juga kerap bermain bersama buah hatinya. Dua kegiatan tersebut biasanya dilakukan Dedi setelah tugas utamanya sebagai pesepakbola dijalankan. Terlebih selama libur, ia tetap diberikan pekerjaan rumah (PR) oleh tim pelatih.

Rizky Dwi Febrianto

Gelandang Persela Lamongan ini memilih berlatih pada sore hari selama Ramadhan. Aktivitas itu dia lakukan untuk menjaga kondisi sekaligus ngabuburit. Olahraga yang dipilih Rizky adalah bermain sepak bola bersama sepupunya, Bayu Gatra Sanggiawan.

Semua aktifitas itu dia lakukan sejalan dengan instruksi tim pelatih untuk selalu menjaga kondisi. Dan dia menyadari sebagai seorang profesional harus tetap dan bisa menjaga kondisi tubuhnya.

Gunawan Dwi Cahyo

Gunawan Dwi Cahyo adalah bagian dari skuad Bali United. Sebagai pemain profesional Ia tetap harus menjaga kebugaran tubuhnya meski sedang dalam kondisi berpuasa.

Ngabuburit ala Gunawan Dwi Cahyo adalah menjaga kondisi tubuhnya agar tetap terjaga dengan berlatih secara mandiri di rumah seperti para pemain lainnya. Menu latihannya yang ringan-ringan saja yang penting tubuh tetap prima dan terjaga. 

Ngabuburit pesepak bola nasional

Febri Haryadi

Pemain yang identik dengan larinya yang super kencang ini, merupakan pemain jebolan dari Diklat Persib. Berbeda dengan dua rekan setimnya, Puja dan Dado, Febri ini selain berlatih sepak bola secara mandiri, Ia juga suka berolahraga bulutangkis, untuk mengisi waktu menjelang buka puasa.

Pemain yang akrab dengan nomor punggung 13 dan nama panggilan Bow ini juga sangat memperhatikan asupan makanannya dan pola istirahat yang baik. Tujuannya agar bisa menunjang kegiatan dan latihan.

Baca Juga : Cara Unik Buka Puasa Pesepak Bola Dunia Pada Saat Berlaga, Yang Terakhir Paling Toleransi

Manahati Lestusen

Manahati merupakan pemain gelandang bertahan dari Klub Tira Persikabo. Pemain ini juga pernah menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia.

Bicara tentang ngabuburit, pemain yang beristrikan Riyana Kumalasari ini kerap membantu sang isteri memasak di dapur. Baginya aktivitas paling favorit saat menunggu waktu berbuka puasa ya memasak bersama sang isteri. Semua makanan dinilainya enak asalkan itu buatan sang istri

Pesepak bola berusia 26 tahun tersebut juga hobi bermain game online di sela sela menunggu waktu adzan magrib.

Tony Sucipto

Lain lagi dengan pemain Persija yang satu ini, Tony Sucipto memiliki cara unik tersendiri untuk menunggu waktu berbuka. Salah satunya menghabiskan kegiatan dengan sang anak saat ngabuburit. Toncip, sapaannya, biasa membantu anak belajar, bercanda sekaligus menghabiskan waktu bersama di rumah.

Pemain asal Jawa Timur ini mengaku menikmati waktu tersebut karena kebersamaan dengan anak jarang didapatkannya saat kompetisi bergulir.

Demikian ngabuburit ala beberapa pemain nasional. Mereka tetap profesional meski harus tetap melaksanakan ibadah puasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar