Berikut Cara Mengetahui Orang Berbohong

Konten [Tampil]

Dikutip dari kbbi.web.id bohong adalah hal yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Orangnya yang selalu berbuat bohong disebut pembohong.

Bohong


Lalu bagaimana kita bisa mendeteksi kebohongan yang dilakukan oleh seseorang ? Dilansir dari ayobandung.com, ciri orang yang berbohong dapat dilihat dari ekspresi wajah dan gerak gerik tubuhnya, meskipun begitu hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang. Berikut ciri orang yang sedang berbohong.

Mata Tidak Berhenti Bergerak

Seseorang yang tengah berbohong dapat terlihat dari bola matanya yang terus bergerak dan matanya lebih sering berkedip. Pada kondisi normal, orang biasanya hanya berkedip 5-6 kali per menit tetapi seseorang yang sedang berbohong akan melakukan kedipan lebih banyak. 

Selain itu tanda seseorang sedang berbohong adalah ia akan menutup mata lebih dari satu detik setiap saat. Hal tersebut menunjukkan bahwa seseorang tidak nyaman dengan lawan bicaranya, kondisi ini disebut sebagai reaksi stress fisiologis. Tetapi jarang berkedip juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengontrol gerakan pada matanya.

Pandangan Mata Selalu Melihat ke Arah Kanan

Kemungkinan seseorang sedang berbohong adalah ketika ia lebih mengarahkan bola matanya ke arah kanan, hal tersebut menunjukkan bahwa seseorang sedang mengakses imajinasi untuk mengarang jawaban. Sebaliknya ketika seseorang berusaha menjawab pertanyaan lawan bicara dan melirik ke kiri maka kemungkinan ia berkata jujur karena ia benar-benar mengakses memorinya tentang hal yang ditanyakan. 

Tetapi pada orang kidal reaksi yang ditunjukkan akan berlawanan karena hal tersebut adalah reaksi spontan. Beberapa orang yang menatap lurus ke depan ketika menjawab pertanyaan lawan bicara untuk mengingat memori visual.

Senyum Palsu

Seseorang yang menunjukkan senyum tulus akan terlihat berbeda dengan ia yang tengah berbohong dengan senyum yang dibuat-buat. Senyum palsu hanya akan terlihat pada bagian mulut saja, berbeda dengan senyum yang tulus akan menghasilkan kerutan di bagian mata.

Berkeringat dan Napas yang Panjang

Wajah yang memerah, tetesan keringat, dan helaan napas yang dalam adalah refleks paksa dan merupakan respon pada pelepasan adrenalin yang disebabkan oleh sistem saraf simpatis. Pasti tidak sedikit orang yang tengah berbohong memiliki ciri-ciri tersebut, biasanya terjadi pada orang yang tidak pandai berbohong.

Gerak-gerik Tubuh yang Gelisah

Orang yang berbohong cenderung akan menyentuh wajahnya lebih sering terutama di bagian hidung. Hal tersebut terjadi karena reaksi kimia yang menyebabkan wajah seseorang jadi terasa gatal. Tanda tersebut menunjukkan bahwa ia sedang memikirkan jawaban atas pertanyaan lawan bicaranya.

Selain hal diatas, pembohong dapat menunjukkan tanda seperti menyembunyikan tangan di belakang punggung. Hal itu dilakukan untuk menutupi gemetar jari yang menunjukkan ciri-ciri seseorang yang tengah gelisah.

Memang tidak mudah mengambil kesimpulan apakah lawan bicara kita sedang bohong atau tidak. Namun, meski tidak ada ciri yang mutlak, tetapi dengan melihat beberapa ciri-ciri tadi mudah-mudahan kita sedikit banyak bisa mengetahui ciri-ciri orang yang sedang berbohong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar