5 (Lima) Cara Jitu Mengatasi Orang Tua yang Strict Parents

Konten [Tampil]

Harapan semua anak adalah memiliki orang tua yang memberikan kasih sayang, memberikan perhatian, dan memahami hati anaknya sehingga nyaman berada di sisinya. Bukan sebaliknya, memiliki orang tua yang banyak menuntut, memiliki standar tinggi, dan tidak memberikan kesempatan anaknya untuk berpendapat. Jika kalian sebagai anak  memiliki orang tua seperti itu, berarti kalian memiliki orang tua yang strict parents.

strict parents


Strict parents itu adalah orang tua yang menerapkan pola asuh yang ketat, banyak aturan dan pembatasan, serta cenderung kaku ketika menghadapi anak-anaknya.

Tentu tidak mudah, menjadi anak yang berada di lingkungan keluarga yang strict parents. Apalagi jika anak itu tidak mampu mengatasi situasi tersebut, maka akan berdampak buruk pada psikologis anak itu sendiri.

Baca Juga : Dampak Buruk Strict Parents

Lalu bagaimana kita sebagai anak apabila memiliki orang tua dengan ciri-ciri strict parents ? Berikut 5 (lima) cara jitu mengatasi orang tua yang strict parents.

1. Lakukan komunikasi dan beri pengertian secara perlahan pada orang tua

Pertama coba lakukan komunikasi secara intens dengan orang tua. Memang tidak mudah sih melakukan itu, tapi dengan niat yang kuat, dan mencari momen atau waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang tua, serta dilakukan secara perlahan-lahan, insyaallah komunikasi itu bisa terwujud.

2. Tunjukan rasa cinta dan sayang kita kepada orang tua

Menunjukkan rasa cinta dan sayang kita kepada orang tua, bisa menjadi cara untuk menurunkan sikap orang tua yang strict parents. Tunjukan rasa cinta dan sayang kita mulai dari hal-hal yang kecil, misalnya selalu mengucapkan sayang kepada orang tua, atau sesekali menulis surat cinta buat mereka.

3. Tunjukkan dan manfaatkan sebaik mungkin kepercayaan dari orangtua

Orang tua kita menjadi strict parents bisa iadi karena kita sebagai anaknya pernah mengecewakan dengan melanggar kepercayaan yang telah diberikan orang tua kepada kita. Maka cobalah kita menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang tua kepada kita dengan sebaik-baiknya

4. Mengalihkan topik pembicaraan menjadi lebih positif

Kamu bisa mengalihkan pembicaraan ke hal-hal yang positif saat orang tua menuntut untuk mengikuti keinginannya. Dibanding saling berdebat dan memicu emosi akan lebih baik mengalihkan pembicaraan ke hal-hal yang positif.

5. Berpikir positif dan bersabar

Tetap berpikir positif meski orang tua kita termasuk orang tua yang strict parents. Anggap apa yang dilakukan orang tua terhadap kita, karena semata-mata orang tua kita itu sangat sayang kepada kita, hanya caranya yang mungkin tidak disukai oleh kita sebagai anaknya.

Terus bersabar, kamu tidak perlu memaksa orang tua untuk berubah. Lebih baik jika kamu fokus pada dirimu dan mencoba mencari dukungan dari pihak luar seperti guru atau sahabat.

Itulah 5 cara jitu yang bisa dicoba oleh kalian yang memiliki orang tua yang strict parents. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

2 komentar:

  1. Pada kebanyakan kasus, kekakuan orang tua berasal dari pengalaman traumatik. Orang tua perlu berdamai dengan dirinya sendiri dulu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget,,, karena memang salah satu penyebab orang tua yang strict parents karena punya masa lalu yang kurang menguntungkan

      Hapus