4 Tradisi di Hari Lebaran

Konten [Tampil]

Setiap negara pasti punya tradisi yang berbeda dalam menyambut hari lebaran. Di Indonesia pun ada beberapa tradisi yang dilakukan oleh umat muslim di hari lebaran.

tradisi lebaran


Berikut beberapa tradisi yang sering dilakukan oleh setiap umat muslim pada hari pertama lebaran

Silaturahmi

Tradisi pertama yang dilakukan tepat dihari pertama lebaran adalah silaturahmi. Silaturahmi adalah tradisi yang biasa dilakukan saat lebaran untuk berkunjung dan berkumpul bersama teman, kerabat, dan keluarga besar. Dalam tradisi silaturahmi ini sering juga saling mengunjungi dari rumah ke rumah.

Sungkeman

Tradisi sungkeman juga tradisi yang sering ada di hari pertama lebaran. Biasanya budaya sungkeman menyalami orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan dan saling memohon maaf.

Baca Juga : 4 (Empat) Tradisi Turun Temurun Menyambut Bulan Suci Ramdhan

Ziarah Kubur

Tradisi ketiga yang dilakukan oleh umat muslim tepat dihari pertama lebaran adalah ziarah kubur. Ziarah biasanya dilakukan sesaat setelah silaturahmi dilaksanakan di rumah. Saat melakukan ziarah kubur, umat muslim Indonesia biasanya mendoakan keluarga yang telah mendahuluinya kemudian dilanjutkan dengan menaburkan bunga dan menyiram air.

Makan Ketupat

Ketupat adalah makanan khas lebaran, tak ada ketupat rasanya ada yang kurang. Makan ketupat menjadi tradisi andalan setiap kali lebaran di Indonesia. Selepas pulang dari sholat Ied, biasanya keluarga berkumpul dan menikmati hidangan ketupat bersama. Ketupat khas Indonesia biasanya dimakan bersama opor ayam, rendang daging, dan kerupuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar