3 Makna Sumpah Pemuda Yang Wajib Diketahui Oleh Pelajar

Konten [Tampil]

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah PemudaDikutip dari laman Wikipedia, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

sumpah pemuda


Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

3 Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar 

Pelajar yang juga bagian dari pemuda, tentu harus mengetahui sejarah dari pada Sumpah Pemuda. Selain mengetahui sejarahnya, seorang pelajar juga harus memahami makna yang tersirat dalam sejarah Sumpah Pemuda tersebut.

Banyak makna yang bisa pelajar ambil dari sejarah Sumpah Pemuda, dan berikut tiga makna Sumpah Pemuda bagi para pelajar yang wajib diketahui.

1. Makna Persatuan

Seperti diketahui bahwa pergerakan pemuda pada saat itu, dilakukan oleh para pemuda yang berasal dari berbagai daerah. Tentu para pemuda yang ikut kongres tersebut memiliki cara berpikir dan sudut pandang yang berbeda dalam melihat pergerakan kemerdekaan Indonesia pada saat itu. Jika bukan demi persatuan, Para Pemuda tersebut tidak akan bisa menyatukan cita cita bangsa Indonesia.

Sebagai seorang pelajar maka sepatutnyalah mengambil pelajaran dari peristiwa Sumpah Pemuda, yaitu seorang pelajar mesti mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan dari pada kepentingan pribadi.

2. Makna Cinta Tanah Air

Kepentingan para Pemuda di Kongres Pemuda tersebut pasti berbeda-beda, tetapi demi persatuan dan kesatuan bangsa, mereka mengesampingkan kepentingan pribadi mereka. Semua itu mereka lakukan karena dalam diri para pemuda, sudah tertanam rasa cintai tanah air.

Sebagai seorang pelajar rasa cinta terhadap tanah air harus selalu ditanamkan dalam diri. Jangan sampai kita lebih mencintai budaya bangsa lain dibandingkan dengan budaya bangsa sendiri.

3. Makna Patriotisme

Makna yang ketiga yang bisa diambil oleh seorang pelajar dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah nilai patriotisme. Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

Seorang pelajar harus memiliki karakter patriotisme, karena tantangan di depan jauh lebih besar. Hanya pelajar yang memiliki mental patriotisme yang mampu bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar