Inilah Profil Lengkap Ketiga Calon Presiden dan Wakil Presiden di Pilpres 2024

Konten [Tampil]

Dalam hitungan hari, tepatnya tanggal 14 Februari 2024, Bangsa dan rakyat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi dengan tajuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Capres 2024


Kalau merujuk pada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sudah terdaftar di KPU, bakal ada tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yang akan berkontestasi di pemilihan presiden dan wakil presiden di tahun 2024 nanti.

Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), pasangan Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud Md yang sama-sama mendaftar ke KPU pada tanggal 19 Oktober 2023, lalu ada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang mendaftar ke KPU di akhir pendaftaran yaitu pada tanggal 25 Oktober 2023.

Sebagai konstituen tentu kita harus mengenal lebih dekat profil dari ketiga calon presiden dan wakil presiden tersebut, berikut ini profil singkatnya.

1. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Anies Baswedan

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969. Ia menempuh pendidikan sarjana bidang ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1989-1995. Kemudian, melanjutkan pendidikan dalam bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs, University of Maryland, College Park tahun 1997, dan meraih gelar masternya pada Desember 1998.

pasangan amin


Sesaat setelah lulus dari Maryland, ia kembali mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah dalam bidang ilmu politik di Northern Illinois University pada tahun 1999 dan lulus dengan meraih gelar Ph.D nya pada 2004.

Anies pernah menjabat sebagai direktur riset The Indonesian Institute, sebuah lembaga penelitian kebijakan publik. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina.

Karier politiknya diawali dengan dilantiknya Anies sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Indonesia Maju yang diusung Jokowi. Lantas, ia menjabat sebagai Gubernur DKI pada 2017-2022.

Muhaimin Iskandar

Dikutip dari laman detik.com, Cak Imin memiliki nama lengkap A. Muhaimin Iskandar. Selain menjabat sebagai Ketua Umum PKB, pria kelahiran Jombang, 24 September 1966 tersebut juga merupakan Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Muhaimin Iskandar menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jombang dan lulus pada tahun 1982. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Madrasah Aliyah Negeri I Yogyakarta dan lulus tahun 1985.

Cak Imin menyelesaikan pendidikan S1 dari FISIP Universitas Gadjah Mada (UGM) di usia 26 tahun. Kemudian, pendidikan magister ditempuh Cak Imin 10 tahun setelah lulus S1.

Dia menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Indonesia bidang komunikasi pada tahun 2001. Tak berpuas sampai di situ, Cak Imin kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 di Universitas Airlangga Surabaya dan mendapat gelar Doktor di tahun 2018.

2. Ganjar Pranowo dan Mahfud Md

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo adalah seorang politisi yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ia juga pernah menjabat sebagai Anggota Komisi IV DPR RI yang bertanggung jawab di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan pada tahun 2004-2009.

Ganjar Mahmud


Mahfud Md

Mahfud MD merupakan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (MenkoPolhukam) dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, Mahfud adalah seorang ahli hukum yang memiliki pengalaman sebagai Hakim Konstitusi Indonesia serta Anggota DPR. Mahfud MD juga dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984.

3. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto merupakan Menteri Pertahanan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju. Ia adalah anak dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Beliau merupakan anak ketiga dari empat bersaudara.

Sebelumnya, ia memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang kemiliteran.

Prabowo Gibran


Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka merupakan Wali Kota Solo periode 2021-2026 dan putra sulung Presiden Joko Widodo.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia aktif berkecimpung dalam dunia bisnis kuliner. Tercatat beberapa usaha yang dimilikinya yaitu Mangkok Ku, Chili Pari, Ternakopi, dan lain-lain.

Nah, itulah profil singkat 3 pasangan capres dan cawapres yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar