Tipe Pola Asuh Pada Anak Usia Dini

Konten [Tampil]

Masa anak-anak merupakan masa pembentukan kepribadian. Kepribadian anak-anak akan tergantung kepada bagaimana cara orang tua melakukan pengasuhan terhadap anaknya.

Pola asuh anak


Oleh karena itu, pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya, akan menentukan kepribadian anaknya di masa dewasa nanti. Menurut Maimunah Hasan dalam bukunya yang berjudul Pendidikan Anak Usia Dini, ada beberapa tipe pola asuh yang bisa diterapkan oleh orang tua kepada anaknya :

1. Tipe Autoritatif

Orang tua tipe autoritatif akan menerima dan melibatkan anak sepenuhnya. Orang tua ini memiliki tingkat pengendalian yang tinggi dan mengharuskan anak-anaknya bertindak pada tingkat intelektual dan sosial sesuai dengan usia dan kemampuan mereka. Akan tetapi, mereka tetap memberi kehangatan, bimbingan dan komunikasi dua arah. Mereka memberikan penjelasan dan alasan atas hukuman dan larangan. Anak dari orang tua seperti itu akan tumbuh menjadi anak yang mandiri.

2. Tipe Otoriter

Orang tua tipe otoriter selalu menuntut dan mengendalikan semata-mata karena kekuasaan, tanpa kehangatan, bimbingan, dan komunikasi dua arah. Mereka mengendalikan dan menilai perilaku anak dengan standar mutlak. Anak-anak dengan orang tua seperti ini cenderung memiliki kompetensi dan tanggung jawab sedang, cenderung menarik diri secara sosial, dan tidak memiliki motivasi untuk maju.

3. Tipe Penyabar

Orang tua tipe penyabar akan menerima, responsif, sedikit memberikan tuntutan pada anak-anaknya. Orang tua yang serba membolehkan akan mendorong anak menjadi agresif dan cenderung tidak percaya diri.

4. Tipe Penelantar

Orang tua tipe penelantar lebih memperhatikan aktifitas diri mereka sendiri dan tidak terlibat dengan aktifitas anak-anaknya. Mereka tidak tahu di mana anak-anak mereka berada, dan apa yang sedang dilakukan, serta siap temannya di luar rumah. Mereka juga tidak tertarik pada kejadian di sekolah anaknya dan jarang melakukan komunikasi dengan anaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar