PSP dan Manfaatnya Bagi Lembaga PAUD

Konten [Tampil]

Di era kepemimpinan Mas Menteri Nadiem, banyak sekali program yang sebelumnya tidak pernah ada. Salah satu dari sekian banyak program yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) adalah Program Sekolah Penggerak (PSP).



Apa itu PSP?

Dikutip dari laman paudpedia.kemdikbud.go.id bahwa Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah program yang dicanangkan untuk mendorong proses perubahan satuan pendidikan dalam meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara menyeluruh baik dari aspek kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Program sekolah penggerak pada PAUD mengacu pada visi merdeka belajar, merdeka bermain untuk memperoleh pendidikan berkualitas bagi anak usia dini sehingga dapat tumbuh optimal dan siap bersekolah.

Manfaat PSP

Sama halnya dengan program Kemdikbudristek lainnya, satuan PAUD dapat memperoleh berbagai manfaat saat mengikuti program sekolah penggerak. Masih dikutip dari laman yang sama  paudpedia.kemdikbud.go.id berikut beberapa manfaatnya :

Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan

Program sekolah penggerak dapat meningkatkan kualitas layanan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak di satuan PAUD melalui berbagai aktivitas yang dirancang dalam pelaksanaan program sekolah penggerak di satuan PAUD masing-masing.

Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di satuan PAUD

Program sekolah penggerak memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan kompetensi sehingga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyelenggarakan aktivitas bermain di satuan PAUD. Penguatan pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif satu per satu dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud.

Mendukung Digitalisasi di Satuan PAUD

Program sekolah penggerak mempercepat proses dokumentasi dan pelaporan manual ke teknologi digital di satuan PAUD. Pemanfaatan beragam platform digital memiliki tujuan untuk mengurangi kerumitan, meningkatkan efisiensi, menambahkan inspirasi, dan menyediakan pendekatan yang dibuat sesuai kebutuhan.

Menunjang Pencapaian Profil Pelajar Pancasila Sejak Usia Dini

Satuan PAUD yang melaksanakan program sekolah penggerak berkesempatan untuk ikut terlibat dalam percepatan (katalisator) perubahan bagi satuan PAUD lain di sekitar dan menunjang pencapaian profil pelajar Pancasila sejak usia dini.

Memperoleh Dukungan Anggaran dan Perangkat Belajar Penunjang

Satuan PAUD yang melaksanakan program sekolah penggerak mendapatkan pendampingan yang efektif dan terus menerus maupun memperoleh dukungan anggaran dan perangkat belajar penunjang dalam menyelenggarakan program sekolah penggerak di satuan PAUD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar