Makna Warna Pada Logo HAB Kemenag Ke-78 Tahun 2024

Konten [Tampil]

Tidak terasa tahun 2024 ini Kementerian Agama sudah memasuki usia ke-78 tahun. Bukan angka yang kecil, melainkan sudah berada pada fase yang sangat matang. Bahkan usianya sama dengan usia Republik ini merdeka.

HAB Kemenag Tahun 2024


Tahun ini Kementerian Agama Republik Indonesia kembali meluncurkan logo Hari Amal Bhakti (HAB) yang Ke-78 tahun. Tentu logo yang diluncurkan tidak terlepas dari makna yang terkandung di dalamnya.

Makna Simbolis Logo HAB Ke-78 Tahun 2024

Simbolisme dalam logo HAB ke-78 Kemenag 2024 memiliki makna mendalam:

  • “Terus Melaju”: Mendorong progresifitas yang bermanfaat bagi sesama.
  • “Batik Kawung”: Simbol kehidupan manusia, mengingatkan untuk tidak melupakan asal-usul.
  • “Bersatu Berdampingan”: Konsep gotong royong dan saling menguatkan.
  • “Kekuatan”: Representasi dari kekuatan yang menjadi landasan untuk menjadi individu yang luar biasa.
  • “Pancasila”: Logo ini mengusung nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi utama.

Indonesia Hebat Bersama Umat

Tahun 2024 Kementerian Agama pada Hari Amal Bhakti ke-78 ini mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”, yang terinspirasi oleh kepentingan kerukunan untuk meraih Indonesia Emas 2045.

Dalam suasana pemilu, HAB ini ingin menyampaikan pesan penting: perbedaan pilihan tak boleh mengganggu persatuan. Kebersamaan umat menjadi kunci utama dalam membangun Indonesia yang gemilang.

Makna Warna Logo HAB Kemenag Ke-78

Selain simbol yang memiliki makna yang sangat mendalam, Logo Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-78 Tahun 2024 menampilkan dominasi warna hijau dan ungu, yang mana kedua warna tersebut tentu memiliki makna tersendiri.

Berikut penjelasan makna warna pada logo HAB Kemenag Ke-78 yang saya kutip dari beberapa laman :

Warna hijau, melambangkan ketenangan, kedamaian, dan kesegaran, dipercaya memiliki pengaruh positif dalam mengurangi rasa cemas dan depresi serta membantu menciptakan keseimbangan emosi.

Psikologis warna hijau digunakan untuk mendukung keseimbangan emosional dan meningkatkan keterbukaan komunikasi, memberikan efek relaksasi, dan menenangkan.

Sementara warna ungu, menggambarkan kebijaksanaan dan spiritualitas, sering diasosiasikan dengan sifat artistik, bijaksana, dan intuitif, serta pemikiran tentang hal-hal spiritual dan makna kehidupan.

Itulah makna dari logo HAB Kemenag Ke-78 Tahun 2024. Selamat Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia yang Ke-78.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar