Bangga Menjadi Bagian dari Penulis Buku Antologi Guru Madrasah Bagja dan Berkah Edisi ke-3

Konten [Tampil]

Tahun 2023 ini Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi kembali mengajak seluruh guru-guru yang berada di naungan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi untuk ikut serta dalam penulisan buku antologi edisi ke-3.

Buku Guru Bagja dan Berkah


Kegiatan penulisan buku antologi ini sebagai bagian dari rangkaian memperingati Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia, yang pada tahun ini bertemakan Indonesia Hebat Bersama Umat.

Awal Mula Ikut Menulis

Awalnya saya hanya melihat sekilas tentang surat edaran dari Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi yang mengajak guru-guru Madrasah untuk ikut serta dalam penulisan buku antologi Guru Bagja dan Berkah Edisi ke-3. Namun, lama kelamaan saya merasa tertarik untuk ikut andil dalam kegiatan penulisan tersebut.

Lalu saya baca kembali suratnya, kemudian mempelajari petunjuk teknisnya, termasuk apa tema dan aturan penulisannya. Dengan mengucapkan bismillah saya pun mulai menulis kata demi kata.

Akhirnya melalui proses yang lumayan melelahkan, tulisan yang saya beri judul "Tantangan Madrasah Aliyah : Bisa Komputer Lewat Ekstrakurikuler" ini bisa selesai juga tepat 3 hari sebelum penutupan pengiriman naskah.

Meski saya akui bahwa karya pena yang saya tulis selama ini masih jauh dari kata pro, tapi dengan semangat dan ingin ikut berbagi pengalaman kepada rekan guru yang lain, tulisan tersebut saya kirimkan secara online. Ternyata tulisan saya diterima dan siap diterbitkan bersama guru-guru lain yang juga ikut menulis dalam buku antologi tersebut.

Berangkat dari Kisah Nyata

Di buku antologi Guru Bagja dan Berkah edisi ke-3 tersebut saya menulis dengan judul tulisan "Tantangan Madrasah Aliyah : Bisa Komputer Lewat Ekstrakurikuler". Isi tulisan ini merupakan cerita nyata yang terjadi pada anak-anak MA Raudlotul Ulum Kadudampit, di mana saya mengabdi sebagai guru di sekolah tersebut. Kalau penasaran bagaimana isi tulisannya, dibaca saja langsung bukunya.

Bangga Berada di Tengah-tengah Penulis Hebat

Saya mengira kalau penulis dalam buku antologi Guru Bagja dan Berkah edisi ke-3 itu semua penulisnya adalah pemula. Eh ternyata hampir sebagian besar dari 29 orang penulis dalam buku antologi itu adalah mereka-mereka yang sudah menulis sejak edisi pertama, bahkan banyak yang sudah memiliki buku solo. Jujur, minggir wir!! 

Makanya ketika tulisan saya disatukan dalam sebuah buku antologi bersama tulisan penulis hebat lainnya, saya merasa sangat bangga. Mudah mudahan ketika saya berada di tengah-tengah penulis hebat, kehebatan mereka bisa menular kepada diri saya.

Penutup Akhir 2023

Selain bangga karena menjadi bagian dari penulis Buku Antologi Guru Bagja dan Berkah Edisi ke-3, saya juga bangga karena akhir tahun 2023 ini bisa saya tutup dengan sebuah karya. Dan mudah mudahan karya ini bisa menambah semangat lagi saya untuk terus menulis.

Mendapat Apresiasi dari Kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi

Yang terakhir yang membuat para penulis di buku tersebut bangga adalah selain memberikan apresiasi secara tulisan di buku, kita juga mendapatkan apresiasi langsung dari Kepala Kementrian Agama Kab. Sukabumi dengan diadakannya acara khusus berupa acara Launching Buku yang dirangkaikan dengan acara Family Gathering yang diikuti oleh seluruh unsur atau lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar