Inilah 10 Stasiun Kereta Api yang akan Dilewati Penumpang KA Sukabumi-Bogor

Konten [Tampil]

Sudah pasti tahu dong alat transportasi kereta api ? Yah kereta api adalah salah satu moda transportasi yang menggunakan media gerbong dan rel sebagai lintasannya. Kelebihan dari moda transportasi ini adalah anti macet karena tidak terganggu dengan moda transportasi lainnya saat beroperasi.

Dari sekian banyak jalur kereta api yang beroperasi, salah satunya adalah ada track jalur kereta api jurusan Sukabumi-Bogor atau Bogor Sukabumi. Panjang track kereta api Sukabumi-Bogor ini kurang lebih 57 KM dengan transit di 10 stasiun pemberhentian.

stasiun kereta api


Berikut stasiun-stasiun yang akan dilewati oleh penumpang KA Sukabumi-Bogor :

1. Stasiun Sukabumi

Pengguna KA Sukabumi-Bogor, akan menikmati Kereta Pangrango dimulai dari Stasiun Sukabumi. Stasiun ini berlokasi di Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat dengan alamat Jl. Stasiun Barat No.2 yang berada pada ketinggian +583 m dpl. Stasiun ini merupakan stasiun yang lokasinya paling selatan di Daop 1 Jakarta. Stasiun Sukabumi mulai beroperasi pada tahun 1882 sebagai alat transportasi penumpang dan barang (berupa hasil perkebunan).

2. Stasiun Cisaat

Stasiun Cisaat (CSA) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Cisaat, Cisaat, Sukabumi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +584 m ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 2 merupakan sepur lurus. Stasiun ini sempat non aktif pada 2012-2013 karena kereta api Bumi Geulis diberhentikan operasional nya karena armadanya mengalami kerusakan dan kesulitan suku cadang. Stasiun ini dioperasikan kembali pada 2013 dengan dioperasikan kereta api Pangrango.

3. Stasiun Karang Tengah

Stasiun Karangtengah (KE) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Ciheulang Tonggoh, Cibadak, Sukabumi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +477 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Awalnya stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 1 merupakan sepur lurus, tetapi karena saat ini hampir tidak pernah terjadi persilangan dan penyusulan antarkereta api, maka jalur 2 dibongkar dan dijadikan taman kecil.

4. Stasiun Cibadak

Stasiun Cibadak (CBD) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Cibadak, Cibadak, Sukabumi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +380 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 2 merupakan sepur lurus.

5. Stasiun Parungkuda

Stasiun Parungkuda (PRK) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Parungkuda, Parungkuda, Sukabumi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +396 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 2 merupakan sepur lurus.

6. Stasiun Cicurug

Stasiun Cicurug (CCR) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Cicurug, Sukabumi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +478 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta dan merupakan stasiun yang letaknya paling utara di Kabupaten Sukabumi. Lokasinya cukup mudah dicapai karena berada di dekat jalan raya Bogor–Sukabumi.

7. Stasiun Cigombong

Stasiun Cigombong (CGB) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Cigombong, Cigombong, Bogor. Dengan letak ketinggian +699 meter stasiun ini merupakan stasiun kereta api yang lokasinya paling selatan di Kabupaten Bogor.[3] Stasiun ini mempunyai pemandangan Gunung Salak yang sangat indah.

8. Stasiun Maseng

Stasiun Maseng (MSG) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Ciadeg, Cigombong, Bogor. Stasiun yang terletak pada ketinggian +425 m ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Nama "Maseng" didapat dari kampung tempat stasiun itu berada.

9. Stasiun Batutulis

Stasiun Batutulis (BTT) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Lawanggintung, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Walaupun diberi nama Batutulis, stasiun ini tidak terletak di wilayah Kelurahan Batutulis, tetapi terletak di sebelah timur kelurahan tersebut dan berbatasan di stasiun ini. Stasiun yang terletak pada ketinggian +299 m ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta

10. Stasiun Bogor Paledang

Stasiun Bogor Paledang (BOP) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +246 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini merupakan stasiun baru yang dibangun pada tahun 2012 dan diresmikan pada tanggal 9 November 2013 bersamaan dengan pengoperasian Kereta api Pangrango. Stasiun ini berjarak sekitar 200 meter di sebelah selatan Stasiun Bogor.


Referensi : 

https://heritage.kai.id/page/Stasiun%20Sukabumi

https://stasiun.kereta.id/directory-stasiun/stasiun/stasiun-cisaat/#google_vignette

https://id.m.wikipedia.org/wiki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar