Yuk Kenali Posisi Para Pemain Futsal

Konten [Tampil]

Futsal adalah salah satu olahraga yang sedang trend saat ini, dan menjadi alternatif olahraga sepak bola yang sedang digemari di kalangan pecinta bola. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim, yang setiap timnya terdiri dari 5 orang pemain.

Posisi Pemain Futsal


Berbeda dengan olahraga sepak bola, nama-nama posisi pemain futsal ternyata memiliki istilah yang berbeda dari sepak bola. Pada dasarnya, ada empat posisi pemain yang diperlukan dalam olahraga futsal, yaitu kiper, anchor, flank, dan pivot. Berikut adalah penjelasan masing-masing posisi tersebut:

1. Kiper

Layaknya permainan sepak bola, kiper futsal juga bertugas sebagai penjaga gawang yang memiliki hak untuk memegang bola pada areanya. Namun, kiper futsal biasanya juga dibutuhkan untuk maju dan membantu peluang mencetak gol, alias lebih fleksibel.

2. Anchor

Anchor adalah pemain yang bertugas untuk bertahan sekaligus mengatur serangan. Apabila dianalogikan, anchor merupakan perpaduan dari bek dan gelandang dalam permainan sepak bola. Seorang anchor harus memiliki keterampilan baik dalam penguasaan bola karena memiliki dua tanggung jawab , yakni pemain bertahan dan pemain pertama untuk menciptakan serangan.

3. Flank

Flank atau sayap, umumnya berjumlah 2 orang yang beroperasi di sisi kiri dan kanan lapangan. Tugas dari pemain flank adalah untuk melakukan serangan dan menjadi penghubung antara anchor dan pemain depan. Oleh sebab itu, seorang flanker wajib memiliki kemampuan kontrol bola yang baik serta memiliki kecepatan agar mampu menciptakan peluang mencetak gol.

4. Pivot

Pivot adalah pemain penyerang atau pemain depan dalam permainan futsal. Pemain ini memiliki tugas untuk mengubah peluang menjadi gol. Pemain ini merupakan penyerang murni layaknya striker pada permainan sepak bola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar