Ini dia 9 (Sembilan) Fasilitas Olahraga yang ada di Lapangan Merdeka Sukabumi yang Wajib Dicoba! !

Konten [Tampil]

Bagi masyarakat Sukabumi pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini, sebuah lapangan yang biasa dikunjungi banyak orang di akhir pekan, hanya untuk sekedar berolahraga atau untuk melepas kepenatan setelah beraktivitas seminggu penuh. Tempat itu namanya Lapangan Merdeka.

Lapangan Merdeka


Lapangan ini selain digunakan untuk berolahraga, sering juga digunakan untuk kegiatan kenegaraan seperti upacara, kegiatan keagamaan seperti sholat ied, atau juga digunakan untuk pergelaran publik seperti konser dan pameran.

Cerita Sejarah Lapangan Merdeka

Lapangan yang letaknya sangat strategis ini, ternyata banyak menyimpan cerita sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan kota Sukabumi. Sebut saja misalnya seperti dikutip dari detik.com bahwa Lapang Merdeka yang berada di antara Jalan Veteran dan Jalan Proklamasi Kemerdekaan, Kota Sukabumi ini tidak bisa lepas dari sejarah zaman VOC, Jepang dan pasca kemerdekaan, lapangan tersebut menjadi saksi bisu pembangunan dan pergerakan masyarakat Sukabumi.

Masih dikutip dari situs yang sama, bahwa pada zaman Belanda, lapangan luas itu bernama Lapang Voctoria bukan Lapang Merdeka. Penamaan itu merujuk pada hotel Victoria yang berada di sebrang jalan (saat ini RM Ayam Bogor sampai pertigaan tugu Adipura). Namun pada masa Presiden Soekarno, melalui UU Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951, nama Lapang Merdeka ini diresmikan. Dan yang menarik, pada saat peresmian itu Presiden Soekarno berpidato dengan menggunakan bahasa Sunda.

Cerita sejarah lainnya, Lapangan Merdeka ini sempat dikunjungi oleh dua mantan Presiden Indonesia yang sengaja untuk melaksanakan sholat iedul Adha. Pertama Presiden Soekarno yang melaksanakan sholat Idul Adha pada tahun 1952. Dan pada tahun 2017, yakni Presiden Joko Widodo yang juga melaksanakan sholat Idul Adha.

Fasilitas Olahraga yang Ada di Lapangan Merdeka

Lapangan Merdeka biasanya sangat ramai dikunjungi banyak orang di setiap akhir pekannya. Karena banyak fasilitas olahraga yang gratis yang bisa digunakan oleh masyarakat yang berkunjung ke Lapangan Merdeka. Dan berikut beberapa Fasilitas Olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung dan sayang kalau tidak dicoba.

1. Tempat Jogging

Fasilitas olahraga yang pertama yang ada di Lapangan Merdeka adalah tempat jogging. Fasilitasnya ok dan cukup representatif bagi penyuka jalan atau lari-lari kecil.

Fasilitas olahraga lapangan Merdeka


2. Lintasan Lari Sprint

Lintasan buat lari Sprint adalah fasilitas olahraga kedua yang ada di Lapangan Merdeka. Seperti halnya lintasan jogging, lintasan buat lari Sprint ini pun sangat baik, karena dilengkapi dengan batas lintasan dan nomor start.

3. Lintasan Sepeda

Nah, bagi pengunjung Lapang Merdeka yang hobi atau penyuka goess alias sepeda, jangan khawatir, karena di Lapangan Merdeka terdapat juga lintasan khusus untuk sepeda. Fasilitas olahraga ketiga ini pun sepertinya cukup aman digunakan untuk bersepeda. Dan tidak perlu sedih, yang tak memiliki sepeda, di sekitaran lapangan banyak jasa penyewaan sepeda, baik sepeda manual atau sepeda listrik.

4. Lintasan Sepatu Roda

Fasilitas olahraga keempat yang ada di Lapangan Merdeka adalah lintasan sepatu roda. Untuk lintasan sepatu roda ini disatulintasankan dengan sepeda. Selain hanya untuk sekedar hobi, tetapi lintasan sepatu roda ini pun biasa digunakan juga latihan bagi atlet profesional.

5. Fasilitas Skateboard

Fasilitas olahraga kelima yang tersedia di Lapangan Merdeka adalah fasilitas atau tempat Skateboard. Untuk tempat dan juga rintangan yang tersedia bagi penyuka olahraga yang menggunakan papan seluncur ini, sangat baik dan cukup memberikan tantangan bagi para penyuka olahraga skateboard ini.

6. Lapangan Bola Voli

Lapangan bola voli adalah fasilitas keenam yang tersedia juga di Lapangan Merdeka. Untuk lapangan bola voli yang ada di Lapangan Merdeka ini ada yang indoor dan outdoor. Namun, kedua lapangan yang tersedia--baik indoor atau outdoor--ukurannya sudah sesuai dengan standar ukuran lapangan bola voli.

7. Lapangan Bola Basket

Tak ketinggalan, fasilitas ketujuh yang ada di Lapangan Merdeka adalah lapangan Bola Basket. Sama dengan lapangan bola voli, lapangan Bola Basket pun ada yang terdapat di luar ada juga yang ada di dalam. Hanya yang sering digunakan untuk kompetisi biasanya adalah lapangan indoor.

8. Tempat Latihan Olahraga Bela Diri

Lapangan Merdeka juga menyediakan tempat bagi penyuka olahraga bela diri. Mulai dari Pencak Silat, Karate, Kempo, Boxer, dan olahraga bela diri lainya bisa kita lihat di lapangan Merdeka. Kalau untuk latihan biasanya yang digunakan adalah lapangan yang ada di luar, namun jika untuk kejuaran, lapangan yang digunakan adalah lapangan yang ada di dalam.

9. Tempat Senam

Bukan lapangan Merdeka namanya kalau tidak ada aktifitas senam bersama. Inilah fasilitas yang terakhir yang ada di Lapangan Merdeka, yaitu tempat untuk melaksanakan senam bersama. Biasanya untuk kegiatan senam hanya bisa kita lihat di akhir pekan alias di hari Minggu.

Itulah beberapa fasilitas olahraga yang tersedia di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Jalan-jalan ke Kota Sukabumi tetapi tidak mencoba fasilitas olahraga Lapangan Merdeka, yang bener aja, rugi dong. Mari kita sama-sama mencoba fasilitas olahraga yang ada di Lapangan Merdeka Sukabumi, selain murah meriah tetapi yang lebih penting adalah menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar