Hakikat/dasar ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sebagai berikut :

  1. Sosiologi tidak termasuk ilmu pengetahuan normatif, tetapi termasuk disiplin kategoris. Artinya pembahasan sosiologi terbatas pada kondisi realitas yang terjadi pada saat ini dan tidak membahas mengenai hal-hal yang seharusnya terjadi.
  2. Sosiologi bertujuan menghasilkan definisi dan pola umum karena sosiologi meneliti peraturan-peraturan dasar yang terbentuk dari pola interaksi antarindividu dalam masyarakat.
  3. Sosiologi merupakan ilmu sosial. Artinya sosiologi didasarkan atas kajian ilmu yang menghubungkan realitas sosial melalui gejala-gejala sosial dan ilmu pengetahuan.
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris dan rasional. Hakikat tersebut berkaitan dengan metode yang digunakan dalam kajian ilmu sosiologi.
  5. Sosiologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan murni (pure sciences) dan bukan ilmu pengetahuan terapan (applied sciences). Ilmu murni merujuk pada ilmu yang dipelajari dan dikembangkan untuk memajukan khazanah ilmu pengetahuan dengan cara memahami lebih mendalam dan sistematis terhadap objek yang menjadi sasaran kajian ilmu tersebut.

BACA JUGA :