Pengalaman Pertama Pasang TLD di Blog Sendiri

Konten [Tampil]

pengalaman pertama pasang TLD di blog sendiri

Hampir 5 (lima) pekan atau sebulan lebih saya berada di kelas Blogspedia Coaching Batch 2, materi maupun tugas yang diberikan oleh Coach Mbak Marita, semakin hari semakin menantang. Dan sekarang semua peserta diberikan tugas yang ke-6, yaitu Bagaimana Cara Memasang Top Level Domain (TLD), sekaligus menceritakan pengalaman pertama saat memasang TLD di blog sendiri secara mandiri. Perlu fokus tingkat tinggi dan butuh kesabaran untuk mengerjakan tugas ke-6 ini. Alhamdulilahnya waktu yang diberikan untuk tugas yang ini relatif lama yaitu selama seminggu, tidak seperti tugas sebelum-sebelumnya yang hanya diberi waktu 2 (dua) hari saja.

Sebenarnya untuk memasang TLD ini, bagi saya menjadi pengalaman kedua. Karena untuk blog dengan URL www.sahabatsosiologi.com, yang sekarang saya kelola itu sudah TLD. Hanya bedanya waktu pemasangannya,  dulu hampir sebagian besar dibantu oleh rekan saya, Yonal Regen, yang lebih dulu ngeblog.

Dan sekarang menjadi pengalaman kedua saya memasang TLD. Selain karena menjadi bagian dari tugas kelas Blogspedia Coaching Batch 2, juga ingin mencoba bagaimana rasanya mulai dari nyari-nyari domain, beli sendiri sampai kepada memasang domain sendiri di blog.

Untuk memaksimalkan tugas yang diberikan, saya kembali membeli domain dari salah satu penyedia domain, yakni niagahoster. Dan berikut pengalaman saya untuk pertama kalinya memasang Top Level Domain (TLD) di blog sendiri secara mandiri.


Searching Domain

Sebelum Coach Mbak Marita memberikan tugas tentang pasang TLD, Mbak Marita sudah nyuruh peserta untuk coba hunting atau searching ke situs-situs penyedia domain. Sebetulnya saya sih peserta yang tidak diharuskan untuk membeli domain, karena blognya sudah TLD. Itu artinya saya sudah pernah memasang domain. Tapi untuk pengalaman pertama saat memasang TLD, saya dapat bantuan secara penuh dari rekan saya, Yonal Regen, yang lebih dulu ikut Blogspedia Coaching For Newbie. Jadi, belum pernah memasang TLD benar-benar dengan sendiri.

Namun, dengan alasan ingin belajar memasang domain dari nol dengan sendiri, tidak ada salahnya dong kalau saya ingin kembali membeli domain baru lagi. Dengan alasan itulah saya nyari-nyari alias searching domain di situs-situs penyedia domain. Setelah berjam-jam searching domain, akhirnya saya berhenti di salah satu situs penyedia domain, yaitu niagahoster. Berbeda dengan domain yang pertama kali saya beli, yaitu di penyedia domain rumahweb.

Kemudian pilihan saya jatuh pada domain MY.ID. Alasannya selain hanya untuk mencoba memasang TLD sendiri karena ada tugas kelas, tetapi alasan lainnya adalah karena harganya yang ringan dikantong, ditambah kualitas dari domain MY.ID , cukup baik bagi yang ingin membangun blog. Selain itu juga domain MY.ID masih belum banyak digunakan, artinya kemungkinan ketersediaan nama domain dengan ekstensi MY.ID juga masih banyak.

Beli dan Pasang Sendiri

Berbekal petunjuk dari sebuah artikel yang berjudul Cara Membeli Hosting dan Domain di Niagahoster, seperti dijelaskan dalam artikel itu, saya pun mulai mengecek domain yang saya inginkan. Karena sebelumnya saya telah membuat blog baru untuk kebutuhan tugas kelas yang diberi judul dengan catatankanghamdan.blogspot.com, maka nama domain catatankanghamdan pun menjadi pilihan untuk dicari di domain MY.ID, setelah di cek alhamdulilah domain itu tersedia.

Setelah domain dan ekstensi domain tersedia, kemudian saya masukan ke cart. Karena blogspot untuk hostingnya sudah tersedia, maka saya membeli domain saja tanpa hosting. Untuk melihat harga yang harus dibayar, saya melihat kotak keranjang.

Karena sudah yakin dengan domain catatankanghamdan.my.id, maka saya lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap pembayaran. Ada dua tahap pembayaran yang bisa kita lakukan, pertama Konfirmasi Pembayaran Otomatis, dan yang kedua konfirmasi manual. Karena saya tidak memiliki akun untuk pembayaran otomatis, maka saya menggunakan pembayaran melalui konfirmasi manual dengan transfer bank.

Namun untuk melakukan pembayaran saya harus memiliki akun di niagahoster. Ada dua pilihan, kita membuat akun atau langsung login dengan facebook atau google. Karena saya sudah punya akun facebook, maka saya login melalui facebook.

Langkah selanjutnya setelah login, saya lakukan checkout kemudian diberi tagihan pembayaran (invoice). Kemudian saya lakukan pembayaran melalui transfer bank, dan tidak lebih dari satu jam, domain yang saya belipun secara otomatis aktif.

Nah, baru setelah saya bayar domain yang saya beli di Niagahoster itu, disinilah saya bingung karena benar-benar belum pernah seratus persen memasang domain tanpa bantuan orang lain. Lebih bingung lagi Coach Mbak Marita tidak menyediakan tutorial cara memasang custom domain di Niagahoster. Coach hanya menyediakan cara memasang TLD dari penyedia domain lain. Tapi disinilah sangat terlihat Mbak Marita memang pantas disebut sebagai seorang coach.  Meskipun beliau tidak menyediakan tulisan tentang tutorial memasang custom domain dari Niagahoster, Ia tetap memberikan arahan dalam memasang sebuah domain yang saya beli.

Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Pepatah itu sepertinya pas buat kondisi saya ketika kebingungan bagaimana memasang custom domain dari Niagahoster saat itu. Di tengah-tengah kebingungan itu, akhirnya saya menemukan sebuah tutorial cara pasang domain blogspot di member area Niagahoster.

Tutorial itu kemudian saya baca, lalu secara pelan-pelan saya ikuti dan lakukan langkah-langkah  cara pasang custom domain blogspot di member area Niagahoster sesuai yang ditulis dalam artikel itu. Setelah cukup lama, dengan fokus tingkat tinggi dan penuh kesabaran, akhirnya domain itu berhasil terpasang di blog saya.

Untuk blogger pemula yang ingin membeli domain dari niagahoster, dan penasaran ingin memasang domain secara sendiri atau mandiri, langkah-langkahnya bisa dilihat disini. 

Tahapan membeli dan memasang TLD di blog sendiri
Tahapan Membeli dan Memasang TLD


Hambatan

Tentu tak ada hasil tanpa hambatan. Begitu juga dengan pengalaman saya ketika harus memasang TLD di blog sendiri. Ada banyak hambatan ketika saya memasang untuk pertama kalinya TLD di blog sendiri. Pertama, pengetahuan tentang custom domain yang masih kurang. Jujur baru di kelas Blogspedia Coaching Batch 2 inilah,  pemahaman tentang domain mulai agak terbuka. Kedua, Kalau pengalaman pertama saat memasang custom domain untuk web www.sahabatsosiologi.com tidak terlalu mendapatkan hambatan yang berarti, karena saya dapat bantuan langsung dari rekan kerja, Yonal Regen. Berbeda dengan yang sekarang, mulai beli sampai pemasangan domain bener-bener tanpa bantuan orang lain secara langsung. Ketiga, tidak ada tutorial bagaimana memasang custom domain blogspot dari Niagahoster yang diberikan oleh Coach Mbak Marita. Meskipun tidak menyediakan, Coach tetap memberikan arahan lewat WAG. Keempat, arahan dan bimbingan yang disampaikan semuanya lewat WAG atau GC. Yang pastinya akan berbeda jika diberikan secara langsung. Makanya betul-betul butuh fokus dan kesabaran yang tinggi.

Tantangan

Ketika banyak menghadapi hambatan saat memasang TLD di blog sendiri, bagi saya itu sebuah tantangan (challenge) tersendiri yang mesti dihadapi sekaligus dicari jalan keluarnya. Saat ada tugas dan tantangan dari Coach Mbak Marita, dimana harus bisa memasang TLD di blog sendiri secara mandiri, disitulah saya seakan-akan ditantang untuk bisa memasang TLD. Padahal kalau melihat tugasnya, bagi yang sudah blognya terpasang TLD, tidak perlu lagi membeli dan memasang TLD, tapi cukup menulis pengalamannya saja.

Namun, karena dulu waktu pemasangan TLD nya sebagian besarnya dibantu oleh rekan kerja, sepertinya tidak ada tantangan yang berkesan.  Akhirnya dengan niat ingin belajar, mulai dari membeli dan memasang custom domain, semuanya saya lakukan sendiri. Tapi tentu saja dibawah arahan coach Mbak Marita.

Mulai dari searching, lalu nyari domain yang belum dipakai orang, kemudian checkout, sampai pada proses pembayaran domain selesai, semuanya tidak ada masalah alias lancar jaya. Tapi saat pemasangan domain ke blogspot, disitulah saya mengalami kebuntuan. Lagi-lagi dengan bantuan Coach dan Sahabat Blogger baru saya, Mas Sugi, serta temen-temen lainnya di grup WA, akhirnya pemasangan custom domain dari Niagahoster berhasil saya pasang di blogspot.

Tantangan tidak berhenti sampai di sana, saya mengira setelah berhasil terpasang maka selesai sudah proses pemasangan custom domain di blog. Ternyata harus ada penyettingan blog agar domain yang kita beli berhasil dipublikasikan. Disinilah yang tadinya sudah tersenyum karena sudah berhasil memasang, berubah jadi mengerutkan dahi, karena alamat domain yang saya ketik di adress browsing tidak berhasil keluar.

Ternyata oh ternyata, proses ketersediaan https dan pengalihan dari http:// ke https:// perlu waktu, tidak langsung jadi. Dalam hitungan jam, akhirnya status ketersediaan https tersedia dan memastikan kunjungan ke http:// dialihkan ke https:// berhasil dijalankan. Dengan mengepalkan kedua tangan lalu saya bilang yes, sambil mengucapkan alhamdulilah.

Perasaan dan Harapan Kedepan

Kalau ditanya bagaimana perasaan setelah berhasil memasang TLD di blog sendiri secara mandiri,  jawaban saya tentu bahagia. Ternyata ikut kelas Blogspedia Coaching Batch 2 ini benar-benar membawa sesuatu yang baru. Yang tadinya sangat awam dalam hal domain, sedikit demi sedikit mulai faham, bahkan yang membuat saya bangga terhadap diri saya sendiri adalah bisa memasangkan sendiri custom domain yang saya beli. Pokoknya terima kasih banyak buat Coach Mba Marita, sahabat jauh saya, Mas Sugi dan temen-temen lainnya.

Yang tadinya sangat awam dalam hal domain, sedikit demi sedikit mulai faham, bahkan yang membuat saya bangga terhadap diri saya sendiri adalah bisa memasangkan sendiri custom domain yang saya beli

Harapan ke depan, mudah-mudahan saya bisa memberikan ilmu yang saya dapatkan tentang cara membeli dan memasang custom domain di blog sendiri, terutama bagi yang membeli di Niagahoster, kepada temen-temen lainnya yang ingin belajar custom domain.

Harapan lainnya, mudah-mudahan domain yang saya beli, benar benar menjadi top, sesuai dengan singkatan TLD yaitu Top Level Domain. Meskipun hanya sebuah impian, semoga menjadi kenyataan

Baca Juga :

Hamdan, Guru Sosiologi dan Blogger Asal Sukabumi

Ngeblog dan Bikin Buku Digital Elektronik

14 komentar:

  1. Memang kalo pengalaman sendiri ga ada lawan ya pak. Sensasinya beda. Semangat pak!

    BalasHapus
  2. Yang awalnya ingin tahu akhirnya terbayar ketika bisa dg sendiri pasang tld ya pak. Sekarang tinggal memikirkan action selanjutnya. Biar blog tidak bersarang . Good job pak

    BalasHapus
  3. Semoga blog yg sudah ber TLD sekarang lebih bermanfaat lagi ya pak..

    BalasHapus
  4. Memang pasang custom domain bikin dag dig dug ya pak tapi challenge tersendiri, kalo udah berhasil bahagianya berasa

    BalasHapus
  5. Iya Pak, bener..
    Aku tau segala perbelogan juga dari kelas ini.. Semoga kita semua bisa sampe titik akhir aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah mudahan kita bisa selesai sampai akhir

      Hapus
  6. Memang pasang domain sendiri lebih menantang ya, Pak :D
    Untuk info2 pemasangan dari niagahoster memang minim, Pak :'( alhasil beralih deh ke tempat lain.
    Btw semangat terus Pak untuk konten-konten bermanfaat lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya banyak temen yang ngebimbing

      Hapus
  7. Wow...amazing pak. ulasannya runtut, keren, pokoknya serasa ikut mengalami yang diceritakan.

    BalasHapus