Serunya Utak Atik Template Blog

Konten [Tampil]

utak atik template
Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulilah sampai juga di tugas ke-8 Kelas Blogspedia Coaching Batch 2 di bawah Coach Mba Marita, dan kali ini tugasnya benar-benar membutuhkan kesabaran, fokus yang tinggi dan pastinya perlu keberanian untuk melaksanakannya. Tugasnya adalah mengutak-atik template blog yang kita punya.

Saya mengakui kalau blog yang saya punya, tampilannya masih belum SEO friendly. Terkadang kalau disandingkan dengan blog temen-temen di kelas Blogspedia Coaching Batch 2, jujur blog yang saya punya tampilannya masih jauh di bawah temen-temen. Maklum saya masih blogger newbie. He he

Tapi, melalui kelas Blogspedia Coaching Batch 2 inilah saya diajarkan untuk bisa mengutak-atik template blog. Selain diberikan materi-materi dan tutorialnya dengan jelas, saya juga dibimbing langsung untuk mendesain blog yang kita punya. Yang pasti ada keseruan yang saya rasakan saat saya mengutak-atik tampilan blog saya dan kalau boleh memuji diri sendiri, lumayanlah hasilnya sedikit SEO friendly, ada perbedaan tampilan sebelum dan sesudah saya mengutak-atik template blog saya.

Sungguh pengalaman yang tidak akan saya lupakan, kelas ini benar-benar memberikan pengetahuan tentang seputar per-blog-an, sehingga blog yang kita punya betul-betul memiliki tampilan yang friendly, meskipun untuk mencapai tampilan blog seperti miliknya Coach Mbak Marita masih sangat jauh. Saya masih harus banyak belajar, terutama cara menata dan mendesain blog. Kalau ditugas sebelumnya saya ditugaskan memasang TLD di blog sendiri, sekarang yang tak kalah seru dan pusingnya, saya harus bisa mengutak-atik tema di blog saya, yang pasti lebih ruwet dan membuat kepala mengerutkan dahi. Dan berikut keseruan saya mengutak-atik template blog yang saya punya.

Baca Juga : Pengalaman Pertama Pasang TLD di Blog Sendiri

Pengaturan Customize Tema

Langkah pertama yang saya lakukan untuk mendesain dan menata template blog saya adalah dengan melakukan pengaturan customize tema blog. Kebetulan saya menggunakan template bawaan blogger jenis simple. Alasannya karena seperti dikatakan Coach Mbak Marita Ningtyas, menurutnya pilihlah yang warna dasarnya putih. Kenapa? Satu, tema ini sangat ringan saat loading. Dua, ramah di mata pembaca. Tiga, gampang buat dimacem-macemin.

tampilan after
Tampilan After

Setelah saya memilih tema yang direkomendasikan oleh coach, lalu saya masuk ke customize tema atau menu sesuaikan. Pertama saya disuguhkan tampilan latar belakang, di sini saya tidak memasang gambar latar belakang, alasannya karena selain tidak ada gambar yang cocok dengan tema blog saya, alasan lainnya tidak ada gambar yang pas yang bisa upload buat dijadikan gambar latar belakang.

Kemudian saya masuk ke sesuaikan lebar blog. Untuk ukuran seluruh blog saya menggunakan ukuran 960px X 1500px, ini disesuaikan dengan gambar header yang sebelumnya sudah terpasang. Sementara untuk ukuran sidebar kanan, saya menggunakan ukuran 310px X 500px.

Selanjutnya setelah penyesuaian ukuran lebar blog, saya masuk ke penyesuaian tata letak atau layout blog. Lagi-lagi saya memilih sidebar satu di sisi kanan, hal ini seperti disarankan oleh Coach Mba Marita. Untuk footer saya memilih yang satu footer.

Di customize tema ini, penyesuaian terakhir adalah customize lanjutan. Di menu lanjutan ini saya mulai dengan memilih teks halaman. Di teks halaman saya memilih jenis huruf cuprum, ukuran huruf 12, dengan warna abu-abu. Di menu lanjutan latar, saya tidak melakukan otak-atik template. Saya masih menggunakan latar bawaannya. Kemudian di menu lanjutan link, blog saya memilih warna merah hati, dengan warna yang dikunjungi warna abu-abu.

Sementara di judul blog saya menggunakan jenis huruf Josefin Sans, dengan ukuran huruf 60px. Di warna deskripsi, warna abu-abu yang saya gunakan. Untuk jenis huruf pada teks tab, saya menggunakan jenis huruf Cuprum, dengan ukuran 14px, dengan warna putih. Warna putih ini saya pilih karena warna latarnya berwarna biru.

Sama halnya dengan jenis huruf pada teks tab, pada judul posting pun yang memilih jenis huruf Cuprum, ukuran 22px. Begitupun dengan warna catatan kaki, saya memilih warna yang sama dengan warna link, yaitu abu-abu. Untuk menu lainnya sama sekali tidak ada perubahan, masih tetap menu bawaan.

Memasang Banner

Jika kita bergabung dengan komunitas blogger, maka sebaiknya kita memasang banner logo komunitas tersebut di blog yang kita punya. Kebetulan saya hanya ikut komunitas blogger 1 minggu 1 cerita, maka banner yang saya pasang di blog saya banner 1 minggu 1 cerita. Namun agar kelihatan lebih seru saya pasang banner blognya Mbak Marita.



Dengan mengikuti materi yang dibuat oleh Mbak Marita, memasang banner di blog ternyata tidak menemukan kesulitan. Mulai dari masuk tata letak, kemudian pilih sidebar, lalu pilih Add a gadget, kemudian copykan kode html yang sudah disediakan oleh Coach Mbak Marita. Langkah selanjutnya tinggal mengganti dan mengotak atik kode html tersebut sesuai dengan kebutuhan blog kita.

Menambah Gadget Social Media Button

Hampir sama dengan cara memasang banner, untuk menambah gadget social media pun boleh dibilang cukup mudah. Tinggal mengikuti artikel yang dishare coach, otak atik sedikit, muncullah gadget social button di blog saya.

Dengan adanya gadget social button ini akan memberikan kemudahan bagi para pembaca. Kalau ada pembaca blog teman-teman pengen berkunjung ke social media teman-teman, nggak bingung lagi, tinggal klik aja link di social media button itu.

Membuat Tombol Back To Top

Kalau kita membaca artikel di sebuah blog sampai akhir, terkadang untuk kembali ke atas kita harus meng-scroll, dan itu memerlukan waktu. Nah, dengan adanya tombol back to top itu, para pembaca atau pengunjung yang lagi blogwalking, tidak perlu lagi meng-scroll ke atas kalau sudah sampai baris akhir, cukup mengklik gambar atau tombol navigasi Back To Top.

Fungsinya apa? Untuk memudahkan pengunjung yang lagi blogwalking ke blog kita, begitu sampai di ujung bawah, kadang kan malas ya scrolling ke atas.. nah, dengan adanya tombol back to top tersebut, pengunjung tinggal klik tombolnya, dan otomatis akan naik ke atas hanya dalam hitungan detik saja

Membuat Menu Drop Down

Dari sekian banyak materi yang disampaikan coach di Blogspedia Coaching Batch 2, materi cara membuat atau memasang menu drop down inilah yang paling saya tunggu. Sejak mengelola blog, beberapa kali saya membuat menu drop down, dengan melihat beberapa artikel secara online, namun selalu gagal.

Tapi, alhamdulilah melalui kelas Blogspedia Coaching ala Mbak Marita inilah saya bisa membuat menu drop down yang selama ini saya impikan. Dengan melihat tutorial yang ada di materi, dan dengan bimbingan langsung dari coach, meskipun rada pusing tapi menu drop down yang saya inginkan bisa muncul di tampilan blog saya.

Mengedit HTML pada Tema

Kalau membuat menu drop down merupakan materi yang paling saya tunggu, tapi materi yang paling bikin puyeng, pusing, tapi seru adalah materi mengedit HTML pada tema blog. Bagaimana nggak pusing, kita harus lebih focus dan berani mengotak atik kode yang ada pada kode html tema.

Namun, untuk mencoba mengganti template atau tema dengan template unduhan atau gratisan, saya tidak menerapkannya di blog sahabatsosiologi.com, tetapi saya coba di blog kedua kedua saya yaitu di www.catatankanghamdan.my.id.

template unduhan


Awalnya saya menggunakan kode html dari Fiksioner, tapi pusingnya minta ampun. Akhirnya saya mengganti kode template bawaan blogger dengan kode html yang dibuat oleh coach Mbak Marita. Saya copy-paste kan, saya otak-atik yang saya faham, dan saya tanyakan yang tidak faham. Hampir memakan waktu dua hari lebih saya mencoba mengutak-atik kode html agar sesuai dengan yang diinginkan, meskipun belum sempurna.

Itulah pengalaman saya, bagaimana serunya mengutak-atik template blog. Pokoknya terima kasih buat Coach dan temen-temen di kelas Blogspedia, yang mau membantu sehingga cukup lumayanlah tampilan blog saya sekarang ini.

Wassalamualikum

Baca Juga : 

Tutorial Membeli dan Memasang Custom Domain dari Niagahoster

Mengenali Masalah Anak Lewat Home Visit

9 komentar:

  1. Masya Allah..Bapak Guru produktif...blognya banyak...
    Tampilan blog barunya bagus pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah terima kasih,,, tapi masih jauh dgn blog temen temen

      Hapus
  2. Dengan template baru jadi makin semangat ya pak berbagi ilmunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih semuanya, terima kasih coach Mba Marita

      Hapus
  3. Semakin terlihat lebih rapi, dan bikin betah

    BalasHapus
  4. Manly bgt nih pak blognya, bkin tenang ya liatnya serba biru2 begini...

    BalasHapus
  5. Sama kita... Haha... Pasrah pada petunjuk coach. Jalan pelan-pelan dan rajin bertanya...

    BalasHapus