Mau Makan Sambil Menikmati Ikan di Kolam ? Yuk Makan di Kampoeng Ikan Sukabumi

Konten [Tampil]


Pernahkah anda berkunjung ke Sukabumi, Jawa Barat ? Bagi anda yang baru berkunjung atau sudah cukup lama tinggal di Kota Sukabumi, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat makan. Banyak banget tempat makan di Sukabumi, mau yang ala-ala erofa, Indonesian Food, atau makanan-makanan yang berkhaskan daerah, semuanya ada di Sukabumi, dan sangat mudah dicari.

Salah satu tempat makan yang ada di Sukabumi adalah “Kampoeng Ikan Resto, Fishing & Fun”. Tempat makan yang berlokasi di Kec. Sukaraja, Kab. Sukabumi, Jawa Barat ini menyajikan kuliner utama berkhas Sunda, alias Sundanese Food. Dan ciri lain yang membedakan Kampoeng Ikan dengan tempat lainnya adalah semua tempat makannya menghadap ke kolam. 

Suasana Tempat Makan di Kampoeng Ikan

Penasaran ada apa aja di Kampoeng Ikan Resto, Fishing & Fun ? Yuk simak pengalaman saya dan isteri saya yang beberapa kali berkunjung ke sana.

1. Menu Istimewa dan Paling Banyak Dicari

Seperti halnya tempat-tempat makan lainnya, di Kampoeng Ikan ini juga menyajikan banyak sekali menu. Sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan menu yang berbau ikan. Salah satu menu istimewa di Kampoeng Ikan ini yaitu ikan gurame. Mau gurame bakar, gurame goreng, atau gurame asam manis, semua tersedia. 

menu andalan di kampoeng ikan
Menu Andalan di Kampoeng Ikan

Bagi yang kurang suka dengan menu jenis ikan-ikanan, jangan khawatir, masih ada menu-menu lain yang bisa dipesan di tempat makan ini. Ada ayam goreng sama ayam bakar, sate ayam manis dan rica-rica, tumis-tumisan, tahu-tempe, sayur asam, dan menu lainnya.

Atau mau menu pilihan lainnya, karena bosan dengan menu ikan dan ayam ? Don’t worry, anda bisa mencoba menu andalan lainnya, yaitu ikan-ikan laut alias seafood. Pokoknya dijamin maknyus, dan pastinya ketagihan.

Tempat makan yang kental dengan Sundanese Food ini, juga memliki menu yang banyak dicari yakni nasi liwetnya. Tahukan kalau nasi liwet ini merupakan salah satu ciri khas makanan Sunda. Selain keharuman nasi liwetnya, selera makan semakin bertambah ketika ada tambahan lauk asin, lalaban dan sambal. Ngiler nggak ? ngiler nggak ? ya pasti ngiler dong.

Untuk pesanan menunya, ada yang satuan ada juga yang paketan. Kalau saya dan keluarga sering memesan yang menu paketan karena lebih simpel. Di dalamnya sudah ada nasi, ikan, lalaban, sambal dan minumannya.

Baca Juga : Air Cacing Masa Kini untuk Penyakit Tifus

2. Dekorasi Interior dan Ekteriornya yang Instagramable

Bagaimana sih suasana interior dan ekteriornya di Kampoeng Ikan ? Saya jamin anda tidak akan menyesal kalau berkunjung ke tempat makan ini. Apalagi yang punya hobi berfoto, banyak sekali sudut-sudut foto yang instagramable.

Di gerbang utama, para pengunjung sudah dimanjakan dengan spot-spot foto. Misalnya di gerbang ada sebuah mobil antic yang sengaja disimpan miring, yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan pose seolah-olah bisa mengangkat mobil itu. Ada juga spot-spot foto yang ada di dalam resto, ada kendaraan-kendaraan antik, jembatan melengkung, saung lengkap dengan perlengkapan tani, atau kolam-kolam yang juga bisa dijadikan tempat foto, yang semuanya instagramable

Spot Foto di Gerbang Kampoeng Ikan

Spot Foto

Dekorasi lainnya adalah tempat makannya yang Sunda banget, yaitu rumah-rumah joglo yang terbuat dari kayu dengan ukiran-ukiran yang unik. Dengan ala-ala lesehan dan semua joglo menghadap ke kolam, menambah suasana jadi lebih santai. Ditambah lagi ada burung, kelinci yang bisa dikenalkan ke anak-anak, dan tidak ketinggalan ada kolam-kolam yang berisikan berbagai jenis ikan sesuai namanya kampoeng ikan.

Fasilitas lainnya, ada kamar mandi yang bersih, tempat sholat, kolam renang, tempat parkir yang cukup luas, ada live music di akhir pekan, tempat pertemuan, dan bagi pengunjung yang bawa anak-anak, ada tempat khusus bermain buat anak-anak. Atau mau mencoba sensasi naik perahu, memberi pakan ikan-ikan di kolam, juga ada. 

Spot Foto di Dalam Kampoeng Ikan

3. Coffee Shop

Tidak mau makan karena sudah kenyang. Maunya nongkrong aja sambil ngopi. Jangan salah, waktu pertama kali saya berkunjung ke Kampoeng Ikan, di sana hanya ada tempat makan saja, tetapi sekarang di Kampoeng Ikan ada tempat ngopi-ngopi alias Coffee Shop.

Tempatnya yang berada di gerbang, dengan posisi di atas, sangat asyik dijadikan untuk nongkrong sambil menikmati secangkir kopi, dan lebih asyik lagi ada beberapa cemilan-cemilan yang bisa dipesan. Tapi sayang saya kurang suka dengan kopi. :D

4. Pelayanan

Di Kampoeng Ikan Resto ini, untuk masalah pelayanan cukup cepat tidak perlu menunggu lama. Peramusajinya ramah-ramah, pokoknya cepat dan tepat. Kalau ada kesalahan pesanan, makanannya segera diganti. Dan saat pembayaran pun kita bisa mengklaim makanan apa saja yang tidak tersajikan

5. Acara Apapun Bisa

Kampoeng Ikan Resto, Fishing & Fun ini saya rasa bisa digunakan untuk acara apapun. Bisa untuk acara keluarga, arisan, reunian, halal bi halal, acara perpisahan dan acara lainnya. Dan tempatnya pun tidak dikhususkan untuk kalangan tertentu saja. Sepengetahuan saya sih, acara bersama keluargalah yang banyak makan di tempat makan ini.

6. Harganya Terjangkau

Bagi sebagian pengunjung masalah harga akan menjadi salah satu pertimbangan. Menurut saya yang beberapa kali makan di Kampoeng Ikan, harganya sangat terjangkau, bersahabat dengan kantong, ya mungkin bisa dilihat di menu makanannya yang harganya mulai dari sepuluh ribu rupiah. 

7. Lokasinya Mudah Ditemukan

Lokasi Kampoeng Ikan ini sangat mudah ditemukan. Hanya dengan menggunakan google maps saja, lokasi ini mudah sekali kita temukan. Bagi yang memiliki aplikasi ojek online, tinggal di klik saja tempat tujuannya. Namun, bagi yang tidak memiliki aplikasi ojek online, tak perlu khawatir, ada mobil angkot yang punya trayek melewati tempat makan Kampoeng Ikan.

Kalau dari pusat Kota Sukabumi, tinggal cari mobil angkut di daerah Dago, jurusan Sukaraja.

8. Nilainya 7,5

Untuk menilai tempat makan ini mungkin agak subjektif. Melihat tempatnya sangat baik, asri, ada kekhasan daerah, banyak spot-spot foto yang instagramable, ada tempat bermain anak, tempat ibadah dan lainnya, dengan subjektifitas saya berani kasih nilai 7,5. Begitupun dengan menu makanannya dan rasanya saya juga kasih nilai 7,5. 

Nah, rasanya belum komplit kalau berkunjung ke Kota Sukabumi, Jawa Barat, belum merasakan tempat kuliner yang ada di Sukabumi. Tidak perlu jauh-jauh dan tidak usah nyari-nyari tempat yang lain, datang aja ke Kampoeng Ikan Resti, Fishing & Fun, yang berada di Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi Jawa Barat. Dan segera booking di nomor (0266) 6229469. Atau mau searching dulu tempatnya, silahkan bisa kunjungi Facebook dan instagramnya.

Baca Juga : 5 Fakta Wisata Situ Gunung Sukabumi : Dari Keindahan Alam Hingga Cerita Mistis

9 komentar:

  1. Tempatnya enak banget ya, pak. Hawa mendukung bikin makin laper nih.
    Meskipun namanya Kampoeng ikan, tapi juga menyediakan ayam ya pak. Mantab

    BalasHapus
  2. Seru nih, makan bisa sambil floating time beginian. Tapi kalau bawa anak-anak mesti di kekepin, takut mereka ikutan nyebur bareng ikan disitu hihu.

    BalasHapus
  3. Wah,tempatnya seru kayaknya cocok juga buat yang suka take pict. Aduduh menh gurame mah kesukaan saya Pak. Kalau di jember ada juga namanya gurame madu bakar.

    BalasHapus
  4. Tempatnya estetik banget yaa..
    Ada spot foto" juga, kayaknya cocok banget untuk big family yaa

    BalasHapus
  5. Tempat yang cocok buat makan besar bareng keluarga besar kayaknya ni, apalagi pas hari-hari besar pasti rame, dah gitu suasananya asri gitu, wuahhh enak pisan kayaknya :D

    BalasHapus
  6. Suka nih makan bareng keluarga di resto ala2 saung khas sunda bgt gini..

    BalasHapus
  7. Noted... Sukabumi dekat dari Jakarta, boleh dah kesitu. Tapi nunggu PPKM

    BalasHapus
  8. Pernahnya ke Bandung, belum pernah ke Suka bumi. Dekat nggak sih sama Bandung?

    BalasHapus
  9. Aku pernah tinggal di daerah deket situ. Tapi belum pernah ke sana. Wah rugi aku :(

    BalasHapus