Membangun Komunikasi dengan Para Alumni

Konten [Tampil]

alumni MA Raudlotul Ulum

Hari Kamis, tanggal 6 Januari 2022, Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum Kadudampit, tempat dimana saya mengajar, kedatangan beberapa alumni dari Angkatan 2019, 2020 hingga 2021. Maksud kedatangan mereka, selain untuk bersilaturahmi, mereka juga ingin berdiskusi dengan para guru dan sekolah untuk berpikir bagaimana agar almamaternya lebih maju dan mampu bersaing.

Awalnya saya mengirim pesan singkat ke salah satu alumni yang ikut hadir yaitu Kang Hilman. Saya mengajak Kang Hilman untuk hadir di sekolah untuk bisa "ngopdar". Alhamdulillah ajakan saya ini disambut positif oleh Kang Hilman, bahkan Kang Hilman sangat antusias menanggapi permintaan saya ini. Sebagai bentuk keseriusan Kang Hilman atas ajakan saya ini, Ia siap hadir ke sekolah bersama teman lainnya.

Disambut Langsung oleh Kepala Madrasah

Rencana kedatangan para Alumni ke sekolah langsung saya informasikan ke kepala Madrasah. Mendengar informasi itu, H. Daden Iskandar, S. Ag, MH, selalu Kepala Madrasah MA Raudlotul Ulum, menyambut baik rencana Alumni yang akan bersilaturahim ke almamaternya.

Ternyata Kepala Madrasah membuktikan kalau bentuk apresiasinya bukan ucapan semata, Beliau menyambut langsung kedatangan para Alumni yang semuanya sudah berstatus mahasiswa.

Dalam obrolan santainya bersama para Alumni, Kepala Madrasah meminta kepada para Alumni yang hadir untuk membentuk forum atau ikatan alumni, agar program sekolah bisa disinergiskan dengan para Alumni. Selain itu, para Alumni yang hadir juga diminta agar memberikan saran maupun kritik yang membangun untuk kemajuan MA Raudlotul Ulum kedepan.

Baca Juga : 5 Pilihan Setelah Lulus

Memotivasi Adik Kelas Agar Mau Kuliah

Selain keinginan kepala madrasah yang berharap ada forum atau ikatan para alumni, di acara ngobrol itu saya menyampaikan kepada mereka para alumni yang hadir agar mereka mau memotivasi adik kelas 12 agar mau melanjutkan kuliah.



Pertama saya meminta para alumni memotivasi anak anak kelas 12 agar mau melanjutkan kuliah, seperti kakak-kakak kelasnya. Kedua bagaimana cara kuliah secara gratis melalui program bidik misi, di mana saya meminta kepada mereka agar para alumni mau membantu adik kelasnya yang mau kuliah, mulai dari pemilihan jurusan, tes masuk, hingga mendapatkan program bidik misi. Dan yang terakhir yang saya minta kepada mereka adalah meminta kepada mereka untuk menyampaikan ide dan pikirannya untuk kemajuan MA Raudlotul Ulum kedepan.

Sosialisasi Gampangnya Kuliah Secara Gratis

Pertemuan di Hari Kamis, tanggal 6 Januari 2022, ditindaklanjuti dengan sosialisasi para alumni tentang bagaimana cara kuliah gratis melalui program bidik misi. Alhamdulilah para alumni yang datang berasal dari almamater perguruan tinggi yang beragam. Ada yang dari perguruan tinggi negeri seperti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, ada pula dari perguruan tinggi swasta, misalnya STAI Daarussalam Sukabumi, Universitas Nusa Putra Sukabumi, STKIP PGRI, STH Pasundan Sukabumi, STAI Al-Andina, STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, dan STIE Paxim Sukabumi.

Sosialisasi itu kemudian difollow up dengan membuat WA grup bagi anak anak kelas 12 yang akan kuliah, dan yang paling dekat adalah mengikuti ujian SNMPTN.

Ada pesan moral yang bisa diambil dari dua pertemuan itu. Pertama sekolah dan para alumni harus terus terjalin komunikasinya, dan para alumni jangan pernah melupakan almamaternya. Kedua, peran alumni sangat dibutuhkan dalam memajukan sebuah lembaga.

Baca Juga : 5 Pilihan Setelah Lulus

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, bangga dan bahagia bisa bersinergi dengan anak-anak didik kita yang telah menjadi alumni untuk memajukan madrasah

    BalasHapus