5 Kegiatan yang Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadhan, yang Terakhir Dinantikan oleh Non-Muslim

Konten [Tampil]

Kegiatan di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar ritual keagamaan bagi pemeluknya saja, tetapi di bulan Ramadhan banyak ditemui kegiatan-kegiatan atau aktifitas-aktifitas yang hanya ada dan dilaksanakan di bulan suci Ramadhan. Bahkan sebagian kegiatan atau aktifitas tersebut sangat dirindukan bukan hanya bagi pemeluk agama Islam saja, tetapi pemeluk agama non muslim pun juga menantinya.

Berikut 5 kegiatan atau aktifitas yang hanya bisa ditemui di Bulan Suci Ramadhan. 

Kegiatan di Bulan Ramadhan

Cara Membangunkan Sahur

Kegiatan puasa diawali dengan aktifitas sahur. Sahur adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan oleh orang yang akan melaksanakan puasa. Biasanya dijalani pada waktu dini hari sampai waktu imsak tiba.

Jika kita kesulitan saat mau bangun untuk sahur, tidak perlu khawatir karena biasanya suka ada orang yang melakukan seruan di masjid yang mengingatkan waktunya sahur. Namun sekarang banyak muncul cara-cara unik dalam membangunkan waktu sahur yang dilakukan oleh sebagian kelompok.

Misalnya ada yang membangunkan sahur dengan alat musik seperti drum, ada juga dengan bedug keliling, bahkan dimedia muncul seruan sahur yang viral seperti yang dilakukan pemuda-pemuda Aceh atau ada yang meniru seperti pidato presiden Rusia, Vladimir Putin, SAUURRRRAAA.

Ngabuburit

Asal kata ngabuburit adalah burit. Burit dalam bahasa Sunda artinya sore. Jadi ngabuburit itu aktifitas yang dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa.

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan saat kita ngabuburit. Bisa diisi dengan jalan-jalan, berburu takjil, wisata kuliner untuk berbuka puasa, atau bisa juga diisi dengan pengajian atau kajian-kajian Islam.

Ngabuburit tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, mulai dari anak-anak hingga remaja juga ikut larut dalam keseruan kegiatan ngabuburit.

Buka Bersama

Buka bersama atau biasa dikenal dengan istilah Bukber adalah tradisi atau aktifitas yang hanya bisa ditemui di bulan suci Ramadhan. Buka bersama adalah kegiatan makan bersama yang dilakukan oleh sekelompok orang, baik oleh rekan kerja, teman sekolah, keluarga atau komunitas lainnya.

Bukber memang aktifitas yang memberikan kesan yang menyenangkan. Selain kita bisa makan bersama juga kita bisa becanda dan mengobrol bersama. Dan semua itu hanya ada di bulan suci Ramadhan.

Berbagi Takjil

Takjil merupakan makanan pembuka untuk buka puasa. Dan di bulan suci Ramadhan ini sering dijumpai komunitas atau orang-orang yang suka membagi-bagikan takjil. Biasanya dibagikan beberapa jam menjelang berbuka puasa. Ada yang ditempatkan di masjid-masjid, atau ada juga yang diberikan di tempat-tempat umum seperti alun-alun dan jalan-jalan.

Mudik

Kegiatan terakhir yang hanya bisa ditemui di bulan Ramadhan adalah tradisi mudik. Secara sederhana mudik itu adalah pulang kampung. Uniknya tradisi mudik ini bukan hanya dirasakan oleh muslim saja, tetapi oleh orang-orang non muslim pun tradisi mudik ini juga sangat dinantikan.

Apalagi tahun ini tradisi mudik sudah diperbolehkan oleh pemerintah, yang dua tahun sebelumnya masyarakat tidak diizinkan untuk mudik. Tapi ingat yang diperbolehkan melaksanakan mudik adalah mereka yang sudah divaksin booster. 

Saking sudah menjadi tradisi yang kental dengan masyarakat Indonesia, kegiatan mudik selalu menjadi bahan berita utama di media-media televisi dan media sosial lainnya.

Itulah 5 aktifitas yang bisa kita temui di bulan suci Ramadhan. Dan tentunya sebagai masyarakat muslim Indonesia, kegiatan-kegiatan ini bisa menjadi kebanggaan, karena belum tentu bisa ditemui di negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar