4 Cara Mengatasi Overthinking

Konten [Tampil]

Hari Sabtu, 24 September 2022, saya tiba tiba ditanya anak didik saya. Anak didik saya ini nanya, Bapak gimana caranya ngilangin atau ngatasi overthinking?. Saya bilang pertanyaannya bagus, tapi kayaknya jawabnya jangan sekarang karena bapak ada jam di kelas lainnya.

Overthinking


Memang istilah overthinking ini mulai banyak dibicarakan dan menjadi perhatian banyak orang. Dan saya setuju kalau gangguan psikis seperti overthinking ini harus difahami dan dicari cara mengatasinya.

Pengertian Overthinking

Dikutip dari situs www.hellosehat.com bahwa Overthinking adalah istilah yang sering ditujukan pada orang-orang yang terlalu banyak berpikir. Namun, jangan menyamakannya dengan pemikir. Orang yang overthinking sering kali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan.

Banyak yang keliru menganggap sikap ini sebagai sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan. Padahal kenyataannya, terlalu sering berpikir berlebihan juga dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

Masih dikutip dari situs yang sama, kalau dibiarkan cara berpikir seperti itu akan sangat berbahaya terhadap kesehatan mental. Salah satu dampak buruk dari overthinking adalah stres. Ini karena otak jadi sibuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu secara berlebihan sehingga tekanan psikologis menjadi lebih besar.

Cara Mengatasi Overthinking

Diambil dari beberapa literature ada banyak cara mengatasi gangguan overthinking. Diantaranya :

1. Analisis Apa Pemicunya

Overthinking mungkin tidak muncul secara tiba-tiba, pasti ada pemicunya. Disinilah si overthinker harus mulai menganalisis apa saja pemicu dirinya bisa memiliki gejala overthinking. Ketika sudah ditemukan pemicunya, baru kita bisa buat rencana apa yang harus dilakukan ketika overthinking itu muncul.

2. Alihkan ke Hal-hal Positif

Kedua yang bisa dilakukan oleh overthinker adalah mengalihkan saat overthinking muncul secara tiba-tiba. Misalnya dengan mengalihkan pikiran yang berlebihan itu dengan cara melakukan aktifitas aktifitas yang kita sangat sukai, bisa olahraga, menulis dan lain-lain. Tapi harus ingat, pengalihan pikirannya harus kepada hal-hal yang positif bukan ke hal yang negatif.

3. Segera Sampaikan Kepada Orang Terdekat

Jika overthinking melanda kalian bisa segera menyampaikan perasaan tersebut kepada orang-orang terdekat kalian, tapi orang terdekat yang bisa dipercaya. Secara psikologis ketika masalah tersebut disampaikan, paling tidak ada penurunan tekanan kecemasan. Maka disinilah kuncinya, ketika perasaan overthinking ini disampaikan kepada orang tepat, maka paling tidak ada saran atau solusi yang bisa diberikan orang dekat tersebut. Sehingga kecemasan tadi mulai turun intensitasnya.

4. Meditasi

Meditasi juga bisa jadi alternatif dalam penanganan overthinking. Meditasi di sini adalah merefleksikan atau menenangkan diri dengan cara pengaturan napas. Tujuannya agar psikologisnya lebih tenang dan otak bisa berpikir secara jernih. Alhasil ketika otak sudah refresh, maka pikiran-pikiran yang negatif bisa diatasi secara sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar