Ini Dia Tanggal-Tanggal Penting Bagi Indonesia di Bulan Oktober

Konten [Tampil]

Bulan OKTOBER


Bulan Oktober adalah bulan kesepuluh di tahun masehi. Sama seperti bulan lainnya, bulan Oktober juga menyimpan banyak tanggal penting yang sering diperingati, karena memiliki nilai sejarah bagi bangsa Indonesia. Berikut tanggal-tanggal tersebut :

1 Oktober

1 Oktober memiliki makna bersejarah bagi bangsa Indonesia, di mana pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa, termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

2 Oktober

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Sejarah Hari Batik Nasional diperingati sejak ditetapkannya batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang berasal dari Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Penetapan Batik Indonesia sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO tersebut sejak tanggal 2 Oktober 2009. Dikutip dari laman UNESCO, batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir.

Hari Batik Nasional ditetapkan oleh Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009. Keppres ini diteken pada tanggal 17 November 2009.

5 Oktober

Selanjutnya ada tanggal 5 Oktober yang oleh bangsa Indonesia sering diperingati sebagai hari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TNI telah berganti nama beberapa kali sejak zaman kemerdekaan. Tujuan adanya pasukan ini adalah tidak lain untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda dan ancaman lainnya yang berpotensi merusak persatuan dan kesatuan NKRI.

Pada awalnya, TNI adalah organisasi bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) lalu berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945.

Pergantian nama tak sampai di situ. Nama baru Tentara Republik Indonesia (TRI) diusung mengikuti susunan yang mengacu pada dasar militer internasional.

Pada akhirnya, nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 3 Juni 1947 yang merupakan gabungan dari TRI beserta tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

8 Oktober

Tanggal 8 Oktober ditetapkan sebagai Hari Tata Ruang Nasional. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 yang ditandatanganinya pada 25 November 2013 lalu, telah memutuskan tanggal 8 November sebagai Hari Tata Ruang Nasional.

24 Oktober

24 Oktober merupakan peringatan Hari Dokter Nasional. Peringatan tersebut bertepatan dengan ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sejarah Hari Dokter Nasional tidak bisa dipisahkan dari pembentukan IDI.

Pembentukan IDI sendiri setelah melalui proses Muktamar I Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) yang digelar pada 22-25 September 1950 di Deca Park. Hasil muktamar tersebut adalah pembentukkan Ikatan Dokter Indonesia sebagai organisasi perkumpulan dokter yang baru dengan Sarwono Prawiroharjono sebagai Ketua Umumnya.

27 Oktober

Setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional (HLN) . Melalui Penetapan Pemerintah No. 1 tanggal 27 Oktober 1945 dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas. Tanggal 27 Oktober kemudian diperingati sebagai Hari Listrik Nasional yang tidak hanya milik PLN namun milik seluruh pemangku kelistrikan dan seluruh masyarakat Indonesia.

28 Oktober

Inilah tanggal yang paling bersejarah bagi Indonesia. Dimana setiap tanggal 28 Oktober ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, dan dijadikan sebagai hari libur nasional.

Tanggal 28 Oktober merupakan tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dimana pada tanggal tersebut lahir Sumpah Pemuda yang merupakan ikrar tentang enegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia.

Sumpah Pemuda muncul dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang digelar dua hari yakni pada 27-28 Oktober 1928 yang diselenggarakan di Batavia yang kini bernama Jakarta. Dan sejak tahun 1959, setiap tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai hari Sumpah Pemuda oleh pemerintah Indonesia.

Penetapan hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tersebut, ditetapkan melalui Keputusan Presiden atau Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

30 Oktober

Tanggal 30 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional. Hari Keuangan Nasional ini juga dikenal dengan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).

Penetapan Hari Keuangan Nasional tak lepas dari sejarah penerbitan mata uang resmi Indonesia. 76 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 30 Oktober 1946.

Itulah tanggal dan hari-hari bersejarah bagi Indonesia yang diperingati di bulan Oktober. Mudah mudahan kita jadi tahu dan tidak melupakan sejarah (Jasmerah).


Referensi : 

https://www.google.com/amp/s/news.detik.com/
https://www.google.com/amp/s/beritadiy.pikiran-rakyat.com/
https://www.kominfo.go.id/
https://www.google.com/
https://www.esdm.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar