3 Fungsi Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Konten [Tampil]

Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan satu aplikasi yang dinamakan dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Platform Merdeka Mengajar


Apa Itu Platform Merdeka Mengajar?

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Untuk mengakses fitur/menu yang ada di dalam platform Merdeka Mengajar, pengguna perlu masuk (login) dengan Akun Pembelajaran (belajar.id).

Penerapan Kurikulum Merdeka didukung oleh platform Merdeka Mengajar yang dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Fungsi Platform Merdeka Mengajar

Platform ini menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Mengajar juga merupakan platform edukasi yang dapat menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila.

Berikutnya ada tiga fungsi dari peluncuran Platform Merdeka Mengajar :

1. Membantu Guru untuk Mengajar

Dikatakan Mas Menteri, saat ini tersedia lebih dari 2.000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Ini akan membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

2. Membantu Guru untuk Belajar

Platform Merdeka Mengajar juga memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun.

Guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Melalui video inspirasi, guru bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

3. Membantu Guru untuk Berkarya

Fungsi yang ketiga dari Platform Merdeka Mengajar adalah bisa menjadi wadah guru dalam berkarya.
Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik. Guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi melalui Bukti Karya Nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar