Keunggulan Kurikulum Merdeka

Konten [Tampil]

Sejak diluncurkan di awal tahun 2022, Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan Kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum 2013.

Keunggulan Kurikulum Merdeka


Apa itu Kurikulum Merdeka?

Sebelum menyampaikan keunggulan dari Kurikulum Merdeka, kita mesti tahu apa itu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami kami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Menurut Nadiem, ada beberapa keunggulan Kurikulum Merdeka dibanding kurikulum 2013. 

  1. Lebih sederhana dan mendalam karena kurikulum ini akan fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. 
  2. Peserta didik di jenjang SMA akan lebih merdeka karena tidak ada lagi penjurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Peserta didik berhak memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya di kelas 11 dan 12.K
  3. Kurikulum Merdeka ini adalah lebih relevan dan interaktif. Pembelajaran dilakukan melalui kegiatan proyek atau Project Based Learning. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual, misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar